5 Bahaya Penyakit Sifilis! Bisa Menyebabkan Kematian

Bahaya Penyakit Sifilis

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Sifilis adalah Penyakit Menular Seksual (IMS) yang bahaya dan menimbulkan komplikasi berbahaya. Penyakit ini di tularkan melalui kontak seksual, baik penetrasi vagina, oral atau anal dengan orang yang terinfeksi.

Jika kamu mengalami gejala bahaya penyakit sifilis konsultasikan segera di klinik kulit terdekat anda.

Apa itu Sifilis dan Bahaya penyakit ini

Sifilis adalah Infeksi Menular Seksual (IMS) yang di tularkan melalui kontak seksual, baik penetrasi vagina, oral atau anal dengan orang yang terinfeksi.

Selain melalui hubungan seksual, penyakit sipilis juga dapat di tularkan melalui penggunaan jarum suntik yang terinfeksi. Wanita hamil yang menderita sifilis dapat menularkan penyakit ini kepada bayinya. Kondisi ini disebut sifilis kongenital.

Penyakit sipilis di sebabkan oleh bakteri bernama treponema pallidum. Bakteri ini tidak dapat bertahan lama di udara, sehingga tidak dapat di tularkan melalui toilet, kolam renang, kamar mandi, dan berbagi peralatan makan atau pakaian.

Sifilis atau raja singa ialah penyakit menular seksual yang di sebabkan oleh bakteri. Gejala sipilis akan mulai dengan munculnya luka yang tidak nyeri di area genital, mulut, atau rektum.

5 Jenis Bahaya Penyakit Sifilis

Sifilis di bagi menjadi beberapa tahap yang masing-masing memiliki gejala yang berbeda. Berikut ini adalah tahapan gejala penyakit sipilis:

5 Bahaya Penyakit Sifilis! Bisa Menyebabkan Kematian
Bahaya Penyakit Sifilis – Credit Image: sentosaklinik.com

1. Sifilis Primer

Pada stadium primer, gejala muncul 2-4 minggu setelah infeksi. Di tandai dengan munculnya luka kecil tempat bakteri masuk ke tubuh Anda, seperti alat kelamin, mulut atau anus. Luka ini tidak nyeri (chancre), bahkan mungkin tidak sadarkan diri, namun tetap rentan menulari pasangannya. Dalam waktu satu sampai dua bulan luka akan sembuh dengan sendirinya.

2. Sifilis Sekunder

Gejala Sipilis Sekunder, muncul ruam pada telapak tangan. Dalam dua sampai sepuluh minggu setelah bakteri menginfeksi tubuh Anda, lebih banyak tanda infeksi muncul, seperti demam, ruam merah di telapak tangan dan kaki, tetapi bisa juga di bagian tubuh lain seperti penis, vagina atau mulut.

 

Gejala lain muncul bintik-bintik di sekitar alat kelamin yang basah, mirip dengan kutil kelamin. Selain itu, penderita juga merasakan kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, rambut rontok, sakit kepala, kelelahan dan pembengkakan limpa. Tahap ini berlangsung satu hingga 3 bulan, kadang sampai satu tahun.

3. Sifilis Laten

Jika sifilis sekunder tidak diobati, gejalanya akan hilang sementara (laten) tetapi akan muncul kembali.

Mungkin gejalanya hilang sama sekali di fase ini, tapi bukan berarti infeksi sudah hilang dari tubuh Anda. Setelah 2-3 tahun, sifilis laten berlanjut ke fase akhir, yaitu sifilis tersier.

4. Sifilis Tersier

Ini merupakan stadium penyakit sipilis yang paling berbahaya dan dapat menginfeksi berbagai organ vital seperti saraf, jantung, mata, telinga dan lain-lain. Gejala pada tahap ini muncul bertahun-tahun setelah tubuh pertama kali terinfeksi.

Tubuh akan mengalami beberapa kondisi antara lain stroke, kerusakan otak, infeksi dan pembengkakan pada selaput otak dan tulang belakang, mati rasa, tuli, kebutaan, demensia, pembengkakan pembuluh darah, kelumpuhan bahkan kematian.

5. Sifilis Bawaan (Sifilis pada Bayi)

Bayi bisa terkena sipilis dari ibu yang mengidap sipilis. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan keguguran atau lahir mati di dalam rahim, atau kematian segera setelah bayi lahir.

Saat lahir, bayi akan mengalami beberapa komplikasi seperti gangguan pendengaran, pembengkakan hati dan limpa, kelainan pada hidung dan bagian tulang lainnya, serta gangguan otak.

Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

    | | |

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Reservasi Online

    Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
    Chat Dokter
    Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta