Cara Menangani Gatal pada Selangkangan

5 Cara Menangani Gatal Pada selangkangan Dengan Obat

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Cara menangani Gatal di selangkangan yang dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi jamur hingga psoriasis. Oleh karena itu, obat gatal di selangkangan yang Anda pilih harus menyesuaikan dengan penyebabnya untuk mengoptimalkan proses penyembuhan.

Infeksi jamur sering di anggap sebagai akar penyebab gatal di selangkangan. Padahal, penyebab gatal bukan hanya infeksi jamur. Berbagai kondisi bisa menjadi penyebab gatal di selangkangan, seperti kutu kemaluan, dermatitis kontak, dan psoriasis.

Karena itu, obat gatal di selangkangan bisa berbeda-beda, tergantung penyebabnya.

Macam-Macam Gatal di Selangkangan Berdasarkan Penyebabnya

Berikut beberapa penyebab gatal di selangkangan dan pengobatannya:

Infeksi jamur

Infeksi jamur yang menyebabkan gatal pada selangkangan bisa berupa tinea cruris atau kandidiasis. Selain selangkangan, infeksi juga bisa menyebar ke paha hingga bokong.

Gejala infeksi jamur ini bisa di kenali dari ruam merah yang terasa sangat gatal dan perih, terutama saat berkeringat. Ruam ini juga bisa bersisik dan bersisik.

Obat gatal di selangkangan yang efektif untuk mengobati kedua infeksi jamur ini adalah krim anti gatal. Namun jika obat ini tidak efektif mengatasi gatal, Anda bisa menggunakan obat antijamur yang di minum sesuai resep dokter spesialis kelamin.

Kutu kemaluan

Selain infeksi jamur, gatal di selangkangan juga bisa di sebabkan oleh kutu kemaluan atau kudis. Parasit ini dapat hidup di area berbulu tubuh manusia, termasuk rambut kemaluan.

Gejala utama infeksi kutu kemaluan adalah rasa gatal di area kemaluan hingga selangkangan. Rasa gatal ini akan bertambah parah pada malam hari karena kutu lebih aktif pada saat ini.

Untuk membasmi kutu kemaluan, dokter biasanya meresepkan salep. Penggunaan obat kudis ini harus di oleskan ke seluruh tubuh untuk mencegah kemungkinan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Obat gatal di selangkangan akibat kutu kemaluan biasanya juga perlu di diamkan semalaman.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit akibat kontak langsung dengan zat atau benda tertentu. Kondisi ini di tandai dengan ruam merah yang kering, bersisik, dan tentu saja gatal.

Meski umumnya terjadi pada tangan, dermatitis kontak juga bisa terjadi di selangkangan. Pemicu dermatitis kontak pada area ini bisa berupa celana dalam berbahan karet atau pewangi pada sabun kewanitaan.

Gatal yang di sebabkan oleh dermatitis kontak biasanya hilang dengan sendirinya dengan menghindari zat pemicunya. Namun, ada beberapa pilihan gatal di selangkangan yang bisa Anda gunakan untuk meredakan keluhan, seperti krim dan salep.

Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada kulit. Penyakit ini yang memicu rasa gatal pada lipatan kulit, seperti selangkangan, di sebut juga psoriasis terbalik. Kondisi ini akan di tandai dengan bercak merah, tebal, bersisik pada kulit.

Gatal di selangkangan karena psoriasis terbalik dapat di obati dengan obat yang mengatur sistem kekebalan tubuh.

Infeksi jamur sering di anggap sebagai akar penyebab gatal di selangkangan. Padahal, penyebab gatal bukan hanya infeksi jamur. 5 Cara Menangani Gatal pada Selangkangan dengan Obat
Cara Menjaga Kesehatan Selangkangan Agar Tidak Terjadi Seperti Di Atas

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Selangkangan

Untuk mempercepat pemulihan dan mencegah keluhan datang kembali, penggunaan obat gatal di selangkangan perlu dibarengi dengan menjaga kesehatan kulit di area tersebut. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan kulit selangkangan:

  • Bersihkan area selangkangan secara menyeluruh dengan sabun dan air setiap hari, terutama setelah berolahraga atau melakukan aktivitas yang menyebabkan Anda berkeringat.
  • Keringkan selangkangan Anda dengan handuk bersih, tetapi hindari berbagi handuk atau peralatan mandi bersama dengan orang lain untuk mengurangi risiko tertular jamur dan kutu.
  • Ganti pakaian setiap hari, terutama pakaian dalam, dan jaga agar area selangkangan tetap bersih dan kering.
  • Hindari memakai pakaian atau celana dalam yang terlalu ketat agar selangkangan tidak lembap dan iritasi akibat gesekan.
  • Hindari penggunaan deterjen, pelembut kain, atau pemutih yang mengiritasi, agar tidak memperparah rasa gatal.

Pengobatan gatal di selangkangan membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, selama Anda menggunakan obat gatal di selangkangan sesuai resep dokter ahli kelamin dan menjaga kebersihan tubuh, rasa gatal tersebut akan hilang dalam beberapa hari.

Namun, jika Anda sudah menggunakan obat gatal selangkangan selama 2 minggu dan tidak menunjukkan perubahan, konsultasikan kembali ke dokter ahli kelamin untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai 5 cara menangani gatal pada selangkangan dengan obat yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahanya penyakit menular seksual ini.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

Referensi :

  • https://www.alodokter.com/ini-obat-gatal-di-selangkangan-yang-perlu-diketahui
| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta