Apa Gejala Gonore yang Sering Terlupakan?

Gejala Gonore 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Banyak orang mengenal gejala gonore umum seperti nyeri saat buang air kecil, keluarnya cairan dari kelamin, atau rasa gatal. Namun, yang sering terlupakan adalah bahwa gonore bisa memiliki gejala yang lebih halus atau bahkan tanpa gejala sama sekali.

Baca Juga: Bagaimana Tanda Gonore Kronis Bisa Berkembang?

Artikel ini akan membahas gejala gonore yang sering terlupakan. Mengapa mereka bisa terlupakan, dan mengapa penting untuk mengenali gejalanya dengan jelas.

Gejala Gonore Umum

Sebelum kita membahas gejala yang sering terlupakan, mari kita memahami dasar-dasar tentang gonore. Gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan dapat menyebar melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi.

Biasanya, infeksi ini memengaruhi saluran reproduksi dan organ kelamin, tetapi juga dapat mengenai tenggorokan, mata, atau bahkan bagian tubuh lainnya. Sebagian besar orang yang terinfeksi gonore mengalami gejala yang lebih khas.

Misalnya seperti nyeri saat buang air kecil, keluarnya cairan putih, kuning, atau hijau dari organ kelamin, dan rasa gatal di daerah genital. Pria biasanya mengalami gejala ini dalam beberapa hari setelah terpapar. Sementara wanita mungkin mengalami gejala dalam beberapa minggu atau bahkan bulan.

Gejala Gonore yang Sering Terlupakan

Beberapa kondisi yang sering terlupakan dari gejala penyakit gonore antara lain seperti:

1. Gejala Ringan atau Tidak Ada Gejala

Salah satu alasan mengapa gonore sering terlupakan adalah bahwa beberapa orang, terutama wanita, bisa mengalami gejala yang sangat ringan atau bahkan tidak sama sekali. Tanpa gejala yang jelas, orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi.

2. Gejala pada Tenggorokan

Gonore dapat menginfeksi tenggorokan seseorang melalui kontak oral dengan orang yang terinfeksi. Gejala tenggorokan yang sering terlupakan meliputi sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening leher, dan bahkan rasa tercekik.

3. Gejala Mata

Kontak dengan cairan yang terinfeksi dapat menyebabkan konjungtivitis gonore, yang adalah infeksi mata. Gejala yang umum termasuk mata merah, berair, dan rasa gatal. Meski jarang, kondisi ini tetap mungkin untuk terjadi dan di alami oleh seseorang.

Gejala Gonore 2Mengapa Gejala Gonore Ini Sering Terlupakan?

Ada beberapa alasan mengapa gejala gonore sering terlupakan bahkan di abaikan begitu saja oleh penderitanya. Hal ini terkait pada kondisinya yang akan muncul dengan perbedaan pada masing-masing individu.

Ada kalanya keluhan gonore dapat berlangsung dalam masa inkubasi yang cepat, ada pula orang yang memiliki masa inkubasi lebih panjang. Gejalanya tentu saja akan muncul berkisar dari ringan hingga berat bahkan tidak jarang akan bersifat asimtomatik.

Akibatnya ketika seseorang tidak merasakan gejala yang nyata, mereka cenderung tidak mencari perawatan medis atau pemeriksaan. Di tambah dengan adanya stigma sosial seputar PMS dapat membuat orang ragu-ragu untuk mencari bantuan.

Atau mengakui bahwa mereka mungkin terinfeksi. Belum lagi ketidakpedulian terhadap kesehatan seksual yang menjadikan banyak orang mudah untuk mengabaikannya. Padahal, setiap orang yang memang telah aktif secara seksual sangat di anjurkan untuk melakukan pemeriksaan atau skrining PMS.

Mengenali gejala gonore yang sering terlupakan memiliki banyak manfaat, termasuk pendeteksi dini, mencegah penyebaran, hingga menjaga kesehatan reproduksi.

Dengan mengenali gejala tersebut, seseorang dapat mencari perawatan lebih awal yang mencegah komplikasi serius. Penting bagi individu untuk meningkatkan kesadaran tentang gejala yang mungkin terjadi.

Menjalani pemeriksaan rutin, dan mengambil langkah-langkah pencegahan sangatlah di perlukan. Jika Anda mungkin terinfeksi, maka jangan pernah merasa malu atau ragu untuk mencari bantuan dokter ahli guna tindakan medis terbaiknya.

Baca Juga: Gonore Pada Wanita: Tes dan Metode Diagnostik

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta