Apa Mungkin Penyakit Jengger Ayam Bisa Sembuh Total

Apa Mungkin Penyakit Jengger Ayam Bisa Sembuh Total

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Sebenarnya penyakit jengger ayam, bisa sembuh total tidak ya, seperti kutil lainnya? Kutil bisa muncul di area sensitif, seperti alat kelamin. Tiba-tiba ada kutil di area kelamin tentu saja membuat Anda panik dan cemas.

Dan bagaimana caranya agar penyakit jengger ayam bisa untuk sembuh total? Simak artikel berikut ini yuk.

Definisi Penyakit Jengger Ayam

Penyakit jengger ayam adalah masalah kesehatan yang terjadi akibat infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Virus yang satu ini memiliki berbagai jenis, dengan virus yang menyebabkan vagina memiliki bentuk menyerupai jengger ayam, tipe 6 dan 11. Sedangkan HPV adalah virus penyebab kutil kelamin.

Nah, jengger ayam yang terjadi di vagina merupakan gejala kutil kelamin atau Condyloma Acuminata dalam istilah medis. Masalah kesehatan ini membuat vagina terlihat seperti memiliki lipatan yang menyerupai jengger ayam jantan.

Kutil kelamin paling sering terjadi pada wanita yang aktif secara seksual, biasanya antara usia 15 dan 30 tahun. Waspada, karena masalah kesehatan ini memiliki tingkat penularan yang sangat cepat.

Penularan utama tentu saja terjadi melalui kontak seksual. Inilah sebabnya, wanita yang sering melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan tanpa perlindungan, tentu lebih berisiko mengalami masalah kesehatan ini.

Tak hanya itu, penyakit jengger ayam juga bisa menular dari ibu ke anak selama proses persalinan.

Kemudian, wanita yang menderita gangguan kekebalan akibat konsumsi obat atau memiliki kekebalan yang lemah, seperti pengidap HIV, juga memiliki risiko tinggi yang sama untuk tertular atau tertular penyakit ini.

Gejala Penyakit Jengger Ayam

Gejala penyakit jengger ayam yang paling umum adalah gatal dan nyeri, muncul sensasi terbakar, dan mengeluarkan darah saat berhubungan seks.

Padahal, penyakit ini tidak di obati dan dibiarkan dalam waktu lama bisa bertambah besar dan terus bertambah. Akibatnya tentu saja vagina akan terasa tidak nyaman karena seolah-olah ada sesuatu yang terjadi.

Berapa lama jengger ayam sembuh total?

Bagi sebagian orang, kutil kelamin hilang dengan sendirinya atau tanpa pengobatan dalam waktu dua tahun atau lebih. Namun, dengan perawatan tertentu, kutil kelamin bisa sembuh total dan lebih cepat.

Kutil yang tidak diobati cenderung kembali lebih cepat. Jika menggunakan krim khusus, mungkin diperlukan beberapa bulan untuk menyembuhkan kutil kelamin. Kutil kelamin juga lebih cepat hilang dengan prosedur pembedahan.

Kutil mungkin akan tidak muncul sampai beberapa minggu atau bulan setelah infeksi. Dalam beberapa kasus, kutil kelamin bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk berkembang.

Infeksi HPV terjadi di sekitar vagina atau anus, di leher rahim, di daerah selangkangan atau paha, atau di penis atau Skrotum. HPV juga bisa menyebabkan kutil di tenggorokan, lidah, mulut, atau bibir.

Dengan menjalani pengobatan, kutil kelamin dapat di sembuhkan dan mencegah komplikasi kesehatan yang mungkin di sebabkan oleh HPV.

Perawatan juga membantu menghilangkan rasa sakit, gatal, dan iritasi, menurunkan risiko penyebaran HPV, dan menghilangkan kutil yang sulit di hilangkan.

Pengobatan

Pada kasus yang tidak menunjukkan gejala, penyakit jengger ayam dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu penanganan medis. Namun jika gejalanya terasa, tentunya perlu dilakukan pengobatan agar tidak memicu komplikasi yang lebih serius.

Tak hanya itu, pengobatan juga bisa mengurangi risiko penularan virus sekaligus membersihkan kutil yang tidak kunjung hilang dalam waktu lama. Perawatan yang bisa dilakukan antara lain:

Krim Topikal

Dokter spesialis kelamin akan meresepkan krim topikal, atau merekomendasikan berbagai obat bebas.

Namun perlu di ingat, obat yang di jual bebas untuk kutil biasa tidak dapat mengobati kutil kelamin. Jadi harus obat yang di sarankan oleh dokter spesialis kelamin

Sebenarnya penyakit jengger ayam, bisa sembuh total tidak ya, seperti kutil lainnya? Kutil bisa muncul di area sensitif, seperti alat kelamin. Tiba-tiba ada kutil di area kelamin tentu saja membuat Anda panik dan cemas.
Penyakit jengger ayam, biasanya sering dialami oleh wanita

Pembedahan atau Pembedahan

Jika kutil tidak hilang meski sudah minum obat atau menggunakan salep, dokter akan melakukan operasi. Ada beberapa prosedur pembedahan untuk mengatasi masalah kesehatan ini, yaitu:

Cryosurgery adalah prosedur pembedahan yang menggunakan nitrogen cair untuk membekukan kutil.

Cauterization, menghilangkan kutil menggunakan arus listrik.

Terapi laser, menghilangkan kutil menggunakan sinar laser.

Eksisi, prosedur pembedahan untuk menghilangkan kutil.

Meski jarang menimbulkan rasa sakit dan bisa di sembuhkan dengan perawatan medis yang tepat, Anda tetap perlu berhati-hati.

Pasalnya, masalah kesehatan ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker dubur, kanker serviks, dan kanker penis jika menyerang pria.

Untuk mencegah penularan, pastikan Anda melakukan hubungan seks yang aman. Sebisa mungkin, untuk hindari berganti pasangan dan mendapatkan vaksin HPV.

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai Jangan Ganti Pasangan, Ini Apa Mungkin Penyakit Jengger Ayam Bisa Sembuh Total Yang Bisa Mengancam yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahanya penyakit menular seksual ini.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta