Arti Trikomoniasis, Bisa Menunjukan PMS loh!

trikomoniasis

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Tahukah Kamu jika arti trikomoniasis bisa menunjukan adanya penyakit menular seksual (PMS). Ya, ini termasuk dalam salah satu infeksi menular seksual yang perlu di perhatikan.

Baca Juga: Cara Mengobati Trikomoniasis agar Sembuh

Mari kita  memahami dengan lebih mendalam tentang arti trikomoniasis, serta potensinya menjadi infeksi yang menular tentang penyakit ini.

Arti Trikomoniasis Adalah

Penyakit ini di sebabkan oleh parasit protozoa Trichomonas vaginalis. Dengan nama tersebut bukan berarti pria juga tidak dapat mengembangkan infeksinya. Karena parasit ini menginfeksi bagian saluran reproduksi, jadi tidak peduli wanita maupun pria di segala usia.

Infeksinya akan mudah berkembang pada area genital yang meliputi:

  1. Vagina
  2. Uretra
  3. Prostat

Tentunya trikomoniasis biasa di tularkan melalui hubungan seksual baik vaginal, anal, maupun oral, dengan pasangan yang terinfeksi. Selain iitu, di ketahui juga jika penyakit ini bisa di transmisikan melalui penggunaan alat kontrasepsi yang tidak steril.

Bahkan jika mungkin saling berbagi alat bantu seks dengan individu yang terinfeksi. Saat seseoran terinfeksi maka parasit ini akan mulai menunjukan gejalanya dalam hitungan hari atau minggu. Terkadang seseorang bisa mendapat gejalanya lebih cepat atau lebih lambat.

Manifestasi Gejala Trikomoniasis

Gejala yang berkembang antara satu orang dengan orang lain mungkin memiliki tingkat keparahan tersendiri. Tidak jarang gejala infeksi trikomoniasis ini di artikan memiliki kesamaan dengan PMS lain misalnya gonore, non gonore, maupun klamidia.

Gejala trikomoniasis pada perempuan akan meliputi:

  1. Keputihan berlebihan yang berwarna kuningatau kehijauan
  2. Bau tidak sedapdi area genital
  3. Rasa gatal atau terbakar di sekitar genital
  4. Nyeri saat buang air kecil atau hubungan seksual

Sedangkan pada laki-laki gejalanya adalah:

  1. Peningkatan lendir atau cairan dari penis
  2. Rasa gatal atau terbakar di sekitar penis
  3. Nyeri saat buang air kecil atau ejakulasi

Meski di kethaui jika gejala laki-laki di rasa lebih ringan, namun kondisinya juga tidak dapat di sepelekan. Tidak jarang pula pasien yang mengalami infeksi trikomoniasis tanpa gejala yang jelas. Artinya seseorang dengan riwayat seksual aktif patut mengkhawatirkan kondisinya yang mungkin mengembangkan infeksi tersebut.

trikomoniasis 2Mengartikan Diagnosis Trikomoniasis

Pada pemeriksaan medis, dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Gunanya tentu saja untuk diagnosis yang akurat, pengujian laboratorium seperti tes swab atau urin dapat di lakukan untuk mendeteksi keberadaan parasit penyebab utama penyakit trikomoniasis.

Penting untuk mendapatkan diagnosis yang tepat karena trikomoniasis seringkali bercampur dengan infeksi PMS lainnya. Dan trikomoniasis yang tidak di obati dapat menyebabkan komplikasi serius.

Infeksi yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, meningkatkan kemungkinan infeksi PMS lainnya. Selain itu meningkatkan risiko komplikasi pada kehamilan, seperti persalinan prematur dan bayi dengan berat lahir rendah.

Pencegahan trikomoniasis melibatkan langkah-langkah seperti menggunakan kondom saat berhubungan seks, menghindari berbagi alat seks, dan setia pada pasangan yang bebas dari infeksi untuk mengurangi penyebaran penyakit ini.

Jika terinfeksi, pengobatan dini sangat penting untuk mencegah penyebaran infeksi. Biasanya, trikomoniasis dapat di tangani dengan antibiotik oral yang di resepkan oleh dokter. Pastikan Anda mendapat perawatan terbaik hanya di Klinik Utama Sentosa sebagai pelayanan kesehatan dengan spesialisasi penanganan seputar masalah organ reproduksi.

Baca Juga: Obat Alami Untuk Penyakit Trikomoniasis

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta