Awas! Komplikasi Sifilis Kongenital Harus Dicegah

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Sifilis kongenital adalah kondisi ketika seorang bayi terinfeksi Treponema pallidum sebagai bakteri penyebab sifilis selama kehamilan. Meskipun bisa sembuh, jika tidak di atasi dengan tepat dapat menyebabkan sejumlah komplikasi sifilis kongenital serius pada bayi yang di kandung.

Baca Juga: Benarkah Cek Sifilis Jadi Prosedur Kesehatan Seksual?

Pemahaman akan risiko dan tindakan pencegahan sangat penting dalam mengelola sifilis kongenital agar terhindar dari kemungkinan komplikasinya. Pembahasan artikel di bawah ini akan terkait dengan komplikasi yang terjadi pada sifilis kongenital.

Penularan Sifilis dari Ibu ke Janin

Ini adalah bentuk komplikasi, dimana sifilis kongenital terjadi ketika ibu yang hamil memiliki sifilis dan bakteri tersebut menyebar ke janin selama kehamilan atau saat melahirkan. Infeksi ini dapat menyebabkan konsekuensi serius pada perkembangan janin dan bayi yang baru lahir.

Dengan kata lain, komplikasi sifilis ini tidak hanya akan di alami oleh sang ibu melainkan juga berpengaruh pada janinnya. Ingat juga bahwa komplikasi ini dapat bersifat seumur hidup, jadi penting untuk wanita dengan infeksi sifilis mengobati penyakitnya hingga tuntas.

Gejala Sifilis Kongenital

Gejala sifilis kongenital mungkin tidak segera terlihat setelah kelahiran, namun dapat berkembang dalam beberapa minggu atau bulan setelahnya. Beberapa gejala yang mungkin muncul pada bayi termasuk:

1. Lesi kulit atau ruam: Bercak-bercak merah atau putih pada kulit.

2. Pembengkakan hati dan limpa:Gejala yang dapat terlihat pada pemeriksaan fisik.

3. Gangguan saraf: Kelumpuhan, keterlambatan perkembangan, atau masalah pada sistem saraf.

Cegah penularan infeksi pada bayi Anda dengan pengobatan tepat dokter kelamin Klinik Utama Sentosa Jakarta agar terhindar dari komplikasi sifilis kongenital yang mengancam. Jangan biarkan infeksi sifilis berkembang hingga mempengaruhi kesehatan wanita bahkan pada bayi Anda.

Komplikasi Sifilis Kongenital

Dalam konteks ini, kondisi sifilis kongenital dapat menyebabkan sejumlah komplikasi serius pada bayi, termasuk:

1. Deformitas Tulang: Sifilis dapat merusak tulang dan gigi, menyebabkan deformitas permanen.

2. Kerusakan Mata dan Telinga: Infeksi dapat merusak organ penglihatan dan pendengaran.

3. Kerusakan Sistem Saraf Pusat: Gangguan pada otak yang dapat memengaruhi perkembangan dan fungsi normal.

4. Masalah Jantung: Sifilis kongenital dapat menyebabkan kelainan jantung yang mengancam jiwa.

Melihat komplikasi kesehatan yang serius dari sifilis kongenital, penting bagi setiap wanita dengan diagnosis sifilis untuk bisa menyelesaikan setiap rencana pengobatannya hingga tuntas. Hal ini tidak hanya untuk kesembuhan individu, melainkan juga bagian dari pencegahan adanya kemungkinan sifilis kongenital.

Komplikasi Sifilis Kongenital 2Peran Pemeriksaan Prenatal yang Penting

Catatan pentingnya adalah, jika seorang wanita mengalami diagnosa sifilis sebaiknya memastikan pengobatan yang di lakukan bisa di lakukan dengan maksimal. Pastikan kesembuhan sifilis bisa di capai sebelum Anda memutuskan untuk hamil.

Jelas hal ini di lakukan guna menghindari kemungkinan komplikasi sifilis kongenital terjadi pada Anda maupun bayi dalam kandungan. Selain itu, jika seorang wanita dengan riwayat sifilis hamil juga sangat penting untuk melakukan pemeriksaan prenatal sebagai kunci dalam pencegahan sifilis kongenital.

Setiap ibu hamil di anjurkan untuk menjalani pemeriksaan rutin untuk mendeteksi sifilis dan infeksi lainnya. Pemahaman yang baik tentang risiko dan langkah-langkah pencegahan akan membantu mencegah komplikasi serius pada kesehatan bayi yang baru lahir.

Baca Juga: Terapi Sifilis Sekunder, Coba Pendekatan Terkini!

Pencegahan dan Pengobatan Sifilis Kongenital

Pencegahan komplikasi sifilis kongenital melibatkan deteksi dini dan pengobatan sifilis sebelum wanita hamil. Tes darah rutin selama kehamilan sangat penting untuk mendeteksi infeksi dan memberikan pengobatan yang di perlukan.

Pengobatan tepat dan cepat oleh dokter kelamin Klinik Utama Sentosa dapat membantu mencegah penularan maupun komplikasi sifilis. Percayakan penanganan dini penyakit kelamin Anda pada dokter-dokter ahli berkompeten kami.

Disini Anda tidak hanya akan mendapat perawatan medis terbaik, melainkan juga layanan prioritas dengan spesialisasi tindakan yang lebih akurat dan hasil teruji klinis. Jadi Anda tidak perlu lagi merasa malu atau ragu untuk mencari bantuan medis. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Kenyamanan dan privasi Anda terjaga, konsultasi online juga hadir untuk jangkauan yang lebih mudah melalui live chat maupun WA dokter langsung. Sebagai wanita,  peningkatan kesadaran tentang sifilis kongenital adalah langkah penting dalam melindungi generasi yang akan datang.

Tunggu apalagi, klik dan tanya dokter kami sekarang. Tenang! Layanan 24 jam gratis untuk Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta