Cara Mengatasi Sakit Kencing pada Pria

Cara Mengatasi Sakit Kencing pada Pria

Selain wanita yang berisiko terkena infeksi saluran kemih, ternyata seorang pria bisa terinfeksi penyakit ini. Lantas, bagaimana pria mengatasi sakit kencing tersebut?

Pria juga bisa terinfeksi sistitis, uretritis, maupun infeksi ginjal. Memang jumlah menginfeksinya kecil dibanding wanita, akan tetapi tidak menenutup kemungkinan bahwa pria juga bisa terinfeksi saluran kemih.

Baca Juga : Banyak Pilihan Pengobatan Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Sakit kencing bisa jadi penyebabnya infeksi saluran kemih. Adanya ISK karena ada kuman yang tumbuh atau berkembang pada saluran kemih.

ISK yang terjadi pada pria dengan tanda gejala seperti terlalu sering buang air kecil, terasa sakit pada saat buang air kecil, muncul rasa sakit pada perut bagian bawah, urine keruh, dan lain sebagainya.

Tidak hanya gejala tadi saja, terkadang ISK bisa menyebabkan penis bengkak. Jika terjadi gejala tersebut, maka segeralah kunjungi Klinik untuk Penyakit Kelamin di Jakarta.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pria

Penyebab dari ISK pada pria dan wanita sebenarnya tidak jauh berbeda. Beberapa bakteri yang bisa menyebabkan kondisi tersebut, antara lain Escherichia Coli, Klebisella pneumoniae, atau Staphylococcus.

Selain itu pria yang tidak melakukan sunat dan tidak menjaga kebersihan organ intimnya, akan lebih mudah terinfeksi penyakit ini.

Cara Mengatasinya

Jika mengeluhkan sulit atau terasa nyeri pada saat berkemih, nyeri pada bagian bawah perut, maupun terdapat darah pada urine, serta demam bisa kalian lakukan pemeriksaan pada dokter ahli kelamin.

Tahap awal dokter akan melakukan tanya jawab pada pasien, lanjut dengan pemeriksaan fisik pada daerah bawah perut ataupun kemaluan. Setelah itu, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan penunjang.

Terutama pada pemeriksaan urine guna mendeteksi infeksi atau gangguan lainnya pada saluran kemih. Jika pasien tersebut mengalami infeksi saluran kemih, dokter akan merepsekan obat antibiotik yang berguna membunuh bakteri akibat ISK.

Pencegahan

Pria juga bisa terinfeksi sistitis, uretritis, maupun infeksi ginjal. Memang jumlah menginfeksinya kecil dibanding wanita, akan tetapi tidak menenutup kemungkinan bahwa pria juga bisa terinfeksi saluran kemih.
Cara Mengatasi Sakit Kencing pada Pria

Jika sudah dinyatakan sembuh dari ISK, lakukanlah beberapa langkah guna mencegah ISK terjadi lagi:

  • Perbanyak minum air mineral, guna kebutuhan cairan setiap harinya
  • Tidak menyarankan menahan buang air kecil
  • Menjaga area intim agar tetap kering dan bersih
  • Selepas atau sebelum melakukan aktivitas seksual, segeralah buang air kecil
  • Hindari menggunakan sabun maupun produk wewangian pada area kemaluan
  • Mengenakan pakaian berbahan katun, lalu hindari pakaian ketat

Penyakit ini bisa terulang lagi pada pria, bila anda tidak melakukan pencegahan seperti diatas ataupun penyebab dan faktor risikonya.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam

Jika mengalami infeksi saluran yang tidak memungkinkan, segeralah cari referensi klinik untuk penyakit kelamin dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Baca Juga : Berbagai Macam Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Klinik Kelamin kami memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional dengan pelayanan ramah dan memuaskan untuk pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta fasilitas yang lengkap.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Kelamin pada nomor yang tertera diatas.

| | |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta