Yuk, Cari Tahu Cara Menghilangkan Keputihan

Bagaimana Cara Menghilangkan Keputihan?

Cara menghilangkan keputihan adalah hal yang selalu diidam-idamkan banyak wanita. Meskipun kondisi itu adalah hal normal dan alami yang dialami wanita.

Namun, masih banyak wanita yang kurang mengerti tentang keputihan itu sendiri. Keputihan adalah kondisi ketika lendir atau cairan kental dan berwarna bening keluar dari vagina.

Proses ini merupakan hal yang lumrah terjadi guna menjaga dan melindungi vagina dari bakteri yang akan menginfeksi vagina dan sistem reproduksi lainnya.

Baca Juga : Keputihan Berwarna Coklat Apakah Berbahaya?

Sesungguhnya, keputihan yang dialami wanita tidak berbahaya jika tidak berwarna gelap dan berbau tak sedap.

Dapat dinyatakan kondisi normal apabila cairan keputihan yang keluar dari vagina berwarna bening atau putih tanpa ada bau tak sedap.

Cara Menghilangkan Keputihan

Wanita yang menderita keputihan abnormal harus ditangani dengan tepat. Penanganan yang tepat tentu disusaikan dengan penyebab dari keputihan abnormal tersebut.

Namun, sebelum keputihan abnormal menyerang wanita. Ada cara-cara untuk menghilangkan terjadinya keputihan abnormal.

  • Menjaga kebersihan area kewanitaan. Kalau diperlukan bilas dengan air hangat.
  • Jangan biarkan area kewanitaan dalam keadaan lembab. Keringkan dengan menggunakan bahan berbahan lembut tanpa parfum
  • Hindari terlalu sering memakai celana berbahan ketat dan memakai prosuk mengandung zat kimia berbahaya seperti parfum pada daerah kewanitaan
  • Ganti pembalut atau tampon selama menstruasi secara rutin
  • Gunakan pengaman saat berhubungan intim
  • Disarankan untuk menggunakan pantyliner saat beraktivitas diluar ruangan atau saat sedang mengalami keputihan yang berlebihan. Dan ganti secara rutin
  • Menjaga pola makan

Cara Mengatasi Keputihan

Selain cara-cara diatas, keputihan yang berlebihan bisa dicegah dengan cara lainnya seperti menjaga pola makan dan minum.

Berikut adalah beberap jenis makanan atau minuman yang dapat mengurangi keputihan:

Pisang

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Buah satu ini dapat menyingkirkan keputihan yang tidak normal.

Yoghurt

Makan semangkuk yoghurt bisa menjadi alternatif lain dalam mengurangi keputihan yang berlebihan. Karena yoghurt memiliki bakteri baik yang dapat menghilangkan keputihan dan bau tak sedap dari vagina.

Air Beras

Rendaman air beras menjadi sumber pati yang memiliki sifat demulcent. Yaitu zat yang dapat mengobati peradangan dan gatal-gatal. Cara penyajiannya adalah dengan meminum hasil air saringan dari beras yang sedang dicuci.

Air Mineral

Cara termudah yang harus rutin dilakukan adalah dengan rajin meminum air mineral. Kandungan dalam air mineral dapat membantu tubuh mengeluarkan racun.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes guna melihat penyebab keputihan abnormal yang telah anda alami.
Ada banyak cara menghilangkan keputihan walaupun kondisi tersebut hal alami.

Klinik Pengobatan Keputihan

Jika cara-cara diatas sudah anda jalani namun hasil tetap nihil. Atau cairan keputihan yang tidak normal serta terdapat bau yang kurang sedap karenanya. Disarankan anda segera menemui dokter ahli.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes guna melihat penyebab keputihan abnormal yang telah anda alami.

Baca Juga : Alami Keputihan saat Hamil, Bahaya atau Tidak Ya?

Jika ditemukan adanya indikasi IMS atau PMS, disarankan agar pasangan anda turut serta dalam pengobatan. Agar tidak penyakit atau keputihan tidak normal kembali menjangkit diri anda

Klinik Sentosa Jakarta telah menyiapkan dokter dan staf ahli yang akan membantu anda dalam pengobatan.

Klinik spesialis penyakit kelamin ini akan mengutamakan pelayanan yang ramah dan baik terhadap pasien.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta