Ciri Herpes Menular Adalah Herpes Genital

Ciri Herpes Menular 1

Sebenarnya hampir semua ciri herpes menular, namun lebih spesifik adalah herpes genital (HSV-2) yang mana ini termasuk penyakit kelamin.

Penyebab herpes adalah Virus herpes simplex (HSV), virus ini memiliki 2 tipe yakni:

  • HSV tipe 1 – penyebab herpes badan
  • HSV tipe 2 – penyebab herpes kelamin atau genital

Perlu di waspadai ketika Anda termasuk pelaku seksual aktif dan masih dalam rentang usia produktif. Penyakit kelamin ini juga bisa menjangkit pria dan wanita, dan tidak jarang kemungkinan infeksi di tularkan melalui luka kecil yang tak terlihat.

Baca Juga: 2 Penanganan Dokter untuk Kencing Nanah

Ciri Herpes Penyakit Menular

Herpes genital berpindah dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung, aktifitas seksual secara vaginal, oral, dan anal menjadi cara penularan utamanya.

Setelah terinfeksi virus, wabah pertama akan mulai muncul dengan ciri-ciri seperti:

  • Tumbuh benjolan berisi cairan (satuan atau berkelompok)
  • Lepuhan area kelmin yang disertai dengan rasa sakit dan gatal
  • Kulit pecah-pecah di sertai kemerahan
  • Muncul di sekitar area kelamin, monspubis, paha bagian dalam, atau anus
  • Disertai kondisi mirip flu seperti demam, sakit kepala, kelelahan, dan lainnya
  • Pembengkakan kelenjar getah bening selangkangan (jarang terjadi)

Herpes badan tidaklah menyebabkan penyakit kelamin, namun herpes dapat menular dari mulut ke alat kelamin melalui aktifitas seksual secara oral.

Herpes Genital, Herpes di Kelamin

Selayaknya luka pada umumnya, dalam beberapa hari ciri di atas akan menghilang atau sembuh. Penderita bisa mulai melihat benjolan mereda dan pecah, area kulit sekitar mengering, luka yang mengeras dan keropeng.

Pada fase ini virus telah bersifat dorman (beristirahat) di dalam tubuh dan bisa mengalami reaktivasi hingga beberapa kali dalam satu tahun.

Wabah pertama biasanya lebih parah dan lebih mudah menular pada awal infeksinya terjadi, sehingga banyak penderita mengira setelahnya tidak merasa bisa menularkan penyakit pada orang lain.

Padahal kondisi yang di alami masih sama dan jika tak segera di tangani artinya kondisi dapat lebih parah dan menganggu kesehatan tubuh serta kesehatan organ genital.

Ciri Herpes Menular 2

Kunjungi Dokter Anda Di Klinik Sentosa

Klinik Sentosa menjadi Klinik Kelamin Jakarta pilihan terbaik bagi Anda dalam menuntaskan keluhan genital khususnya masalah andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Kami memiliki standarisasi pelayanan terbaik dengan biaya terjangkau, sehingga bisa di dapatkan oleh siapapun yang membutuhkan pengobatan secara medis serta kesembuhan efektif hingga tuntas.

Coba konsultasi gratis melalui chat online, whatsapp, maupun telepon langsung dengan dokter kami!

Baca Juga: Jenis Obat Penyakit Herpes, Yuk Simak!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta