Cystitis Non Spesifik, Anda Mungkin Mengalaminya!

Cystitis Non Spesifik 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Cystitis non spesifik adalah salah satu gangguan saluran kemih yang terjadi pada populasi umum pria maupun wanita. Di sebut non spesifik karena kondisi ini di tandai oleh peradangan pada kandung kemih tanpa adanya bukti infeksi yang jelas.

Baca Juga: Sistitis Pria, Bahaya atau Tidak?

Meskipun gejala-gejala semua jenis cystitis serupa, diagnosa dan pengobatan yang tepat di perlukan untuk menghindari komplikasi lebih serius. Berikut adalah informasi-informasi yang perlu di ketahui mengenai kondisi keluhan cystitis non spesifik.

Definisi dan Klasifikasi Cystitis Non Spesifik

Cystitis non spesifik adalah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan peradangan kandung kemih tanpa bukti infeksi adanya mikroorganisme penyebab yang jelas. Meskipun gejala-gejalanya mirip antara jenis cystitis lain, namun tidak ada keterkaitan pasti jenis mikroorganisme tertentu.

Alih-alih, Cystitis non spesifik mungkin di sebabkan oleh sejumlah faktor lain, termasuk peradangan non-infeksi, iritasi, atau gangguan imun. Beberapa faktor risiko juga telah di identifikasi dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami keluhan tersebut seperti:

 1. Jenis kelamin

2. Usia

3. Riwayat penyakit tertentu

4. Gaya hidup

5. Kerusakan epitel kandung kemih

6. Iritasi kimia atau fisik (yang mempengaruhi dinding kandung kemih)

Wanita dapat di katakan cenderung lebih rentan terhadap kondisi ini daripada pria. Selain itu usia juga menjadi faktor risiko karena perubahan fisiologis yang terjadi pada kandung kemih seiring bertambahnya usia.

Perbedaan Cystitis Non Spesifik dan Lainnya

Penting untuk memahami perbedaan antara cystitis ini dan jenis cystitis lainnya, seperti cystitis bakteri atau interstitial cystitis. Meskipun gejalanya mungkin serupa, penyebab dan mekanisme patogenesisnya berbeda.

Identifikasi perbedaan ini penting untuk diagnosis yang tepat dan penentuan strategi pengobatan yang sesuai. Dengan berkonsultasi, dokter juga akan mudah mengevaluasi kondisi yang di alami pasiennya serta penanganan akan jauh lebih tepat.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes yang di perlukan untuk membantu membedakan jenis cystitis yang mungkin Anda alami tersebut. Diagnosa cystitis non spesifik di tentukan berdasarkan absennya bakteri patogen dalam urin dan karakteristik lainnya.

Sebagai tambahan, diagnosis cystitis non spesifik di dasarkan pada pengamatan klinis, pemeriksaan urin, serta pemeriksaan gambaran medis seperti urografi atau CT scan. Ini semua membantu mengesampingkan kemungkinan kondisi lain dan mengonfirmasi adanya peradangan pada kandung kemih.

Cystitis Non Spesifik 2Pencegahan dan Tindakan Mencegah Cystitis

Setelah pemeriksaan dan diagnosis cystitis non spesifik di tetapkan, pencegahan dan tindakan mencegah kambuhnya keluhan menjadi langkah penting. Tujuannya untuk mengurangi frekuensi dan keparahan gejala yang di rasakan. Beberapa tindakan yang dapat Anda ambil adalah:

1. Perubahan gaya hidup

2. Menjaga kebersihan pribadi khususnya area genital

3. Konsumsi cairantubuh yang cukup

4. Pengelolaan stres

5. Konsultasi dengan dokter

Pasien yang memiliki riwayat cystitis sering kambuh atau berulang harus berkonsultasi dengan dokter secara berkala untuk pemantauan kondisi dan penyesuaian strategi pengobatan.

Penting untuk di ingat bahwa pencegahan hingga pengobatan dapat bervariasi untuk setiap individu tergantung pada penyebab dan karakteristik kondisinya. Berkonsultasi dengan dokter adalah langkah terbaik untuk menentukan tindakan  yang sesuai dengan kondisi spesifik Anda.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi ini. Diharapkan jika Anda mengalami kemungkinan keluhan tersebut, maka segera cari bantuan medis profesional untuk tindakan lanjut penanganan.

Baca Juga: Dimana Klinik Pengobatan Sistitis Terbagus?

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta