Gatal-Gatal di Selangkangan, Waspada Penyakit Ini!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Gatal-gatal di selangkangan bukan hanya sekadar gangguan kulit biasa, tetapi juga bisa menjadi tanda penyakit yang perlu di waspadai. Masalah ini dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi jamur hingga kondisi kesehatan yang lebih serius.

Baca Juga: Apakah Gatal di Kemaluan Wanita Menular

Maka dari itu, penting untuk memahami gejala, penyebab, dan langkah-langkah pencegahan yang dapat di ambil untuk menghindari komplikasi lebih lanjut dari adanya keluhan seperti gatal-gatal di selangkangan.

Gejala Gatal-Gatal di Selangkangan

Kondisi seperti gatal-gatal di selangkangan memang termasuk dalam gejala, namun umumnya gejala ini juga bisa di sertai dengan tambahan-tambahan lain seperti:

1. Rasa Gatal Intens: Gatal yang dapat menjadi sangat mengganggu dan meresahkan.

2. Kemerahan dan Pembengkakan: Kulit di area selangkangan dapat menjadi merah dan terkadang membengkak.

3. Ruam atau Lecet: Munculnya ruam atau lecet di kulit selangkangan.

4. Sensasi Terbakar: Beberapa orang mungkin mengalami sensasi terbakar atau panas di area tersebut.

Perhatikan, jika salah satu gejala atau tanda di atas mungkin Anda rasakan, segeralah mencari bantuan dokter spesialis kulit kelamin Klinik Utama Sentosa Jakarta guna diagnosis dan pengobatan tepatnya.

Penyebab Umum Gatal-Gatal di Selangkangan

Penyebab umum gejala gatal di area selangkangan dapat termasuk dalam berbagai kemungkinan, seperti:

1. Infeksi Jamur (Tinea Cruris)

Infeksi jamur pada selangkangan adalah penyebab umum gatal-gatal. Kelembaban dan suhu hangat di area ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur.

2. Alergi atau Reaksi Kulit

Penggunaan produk pribadi yang mengandung bahan kimia tertentu atau alergi terhadap kain tertentu dapat menyebabkan iritasi kulit dan gatal-gatal.

3. Gigitan Serangga

Serangga seperti nyamuk atau kutu bisa menggigit area selangkangan dan menyebabkan rasa gatal.

4. Ketidakbersihan dan Kelembaban

Kurang menjaga kebersihan dan kelembaban di area selangkangan dapat memicu iritasi dan infeksi.

Waspada Penyakit yang Mungkin Terkait

Ya, Anda perlu mewaspadai munculnya gejala gatal-gatal di selangkangan. Tidak jarang, gejala tersebut dapat menunjukan suatu penyakit tertentu, misalnya:

1. Diabetes

Penderita diabetes lebih rentan terhadap infeksi kulit, termasuk di selangkangan. Gatal-gatal yang persisten bisa menjadi pertanda kondisi ini.

2. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa infeksi menular seksual, seperti herpes atau kutil kelamin juga dapat menyebabkan gatal-gatal di area selangkangan.

3. Dermatitis Atopik atau Eksim

Kondisi kulit kronis seperti eksim dapat menciptakan ruam dan gatal-gatal di berbagai bagian tubuh, termasuk selangkangan.

4. Psoriasis

Penyakit autoimun ini dapat memengaruhi kulit dan menyebabkan gatal-gatal serta plak kemerahan di selangkangan.

gatal gatal di selangkangan 2Langkah Pencegahan yang Anda Perlukan

Untuk menghindari gejala tersebut, tentulah Anda perlu untuk menerapkan pencegahan atau langkah-langkah preventif yang tepat. Pastikan untuk menjaga kebersihan genital, jangan biarkan area selangkangan lembab, dan hindari pakaian ketat dan pilih bahan yang tidak menyebabkan iritasi.

Selain itu, hindari penggunaan produk genital dengan kandungan kimia keras atau berbahaya. Jika gatal-gatal di selangkangan tidak membaik atau di sertai gejala lain yang memburuk, artinya pengobatan medis dengan bantuan dokter Klinik Utama Sentosa adalah solusi terbaik yang Anda perlukan.

Baca Juga: 7 Penyebab Selangkangan Gatal dan Cara Mengatasinya

Konsultasi Medis Gatal Selangkangan di Klinik Utama Sentosa

Gatal-gatal di selangkangan bukanlah masalah sepele, terutama jika gejalanya persisten atau semakin parah. Waspada terhadap kemungkinan penyakit yang mungkin terkait, sangat penting untuk mendapatkan penanganan dini dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan bantuan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Disini, layanan konsultasi online gratis akan memberikan kemudahan dan informasi akurat langsung dari dokter-dokter yang berkompeten serta berpengalaman. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Sebagai penyedia layanan kesehatan spesialis kelamin, layanan terpadu kami juga menangani keluhan seperti gatal-gatal di selangkangan. Jadi Anda tidak perlu khawatir atau malu, setiap aspek perawatan yang kami tawarkan juga memperhatikan kenyamanan, kepercayaan, dan privasi pasien.

Silahkan klik dan tanya dokter langsung melalui live chat maupun WA. Tenang, akses gratis 24 jam untuk Anda, sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta