Gejala dan Faktor Penyakit Trikomoniasis

Gejala dan Faktor Penyakit Trikomoniasis

Siapa saja bisa mengetahui gejala dan faktor penyakit trikomoniasis. Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi menular seksual (IMS).

Trikomoniasis dapat terjadi pada semua usia, namun lebih sering terjadi pada orang dewasa muda. Oleh sebab itu, penting untuk mencari pengobatan jika Anda mengalami gejala Trikomoniasis atau berisiko terkena infeksi.

Baca Juga : Dokter Spesialis Penyakit Kelamin Trikomoniasis

Karena jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius. Seperti infeksi saluran reproduksi yang lebih serius dan bahkan meningkatkan risiko infeksi HIV.

Gejala dan Faktor Penyakit Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi protozoa Trichomonas vaginalis. Penyakit ini umumnya menyerang area genital dan dapat menyebar melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Siapa saja dapat terkena salah satu penyakit menular seksual (PMS) ini. Baik pria maupun wanita yang tidak dapat menjaga kebersihan alat kelamin atau melakukan hubungan seksual secara bebas memiliki faktor terkenanya penyakit ini.

Gejala Penyakit Trikomoniasis

Gejala Trikomoniasis dapat bervariasi pada pria dan wanita. Karena, ada beberapa perbedaan biologis antara kelamin pria dan wanita.

Pria memiliki penis dan skrotum sebagai organ genitalia eksternal, sedangkan wanita memiliki vulva sebagai organ genitalia eksternal dan vagina sebagai organ genitalia internal.

Gejala Pada Wanita

Pada wanita, gejalanya antara lain:

  • Keputihan yang tidak normal, dengan warna yang lebih kekuningan atau hijau
  • Bau yang tidak sedap pada keputihan
  • Rasa gatal dan terbakar di sekitar area genital
  • Nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual
  • Perdarahan ringan setelah berhubungan seksual

Gejala Pada Pria

Pada pria, gejala Trikomoniasis antara lain:

  • Rasa gatal dan terbakar di sekitar penis
  • Nyeri saat buang air kecil atau ejakulasi
  • Cairan dari penis yang tidak normal, dengan warna putih atau kekuningan
  • Peradangan di sekitar kepala penis

Faktor Penyakit Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi protozoa. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terinfeksi Trikomoniasis antara lain:

  • Berhubungan seksual tanpa pengaman: Risiko terinfeksi akan meningkat jika Anda berhubungan seks tanpa pengaman atau dengan pasangan yang terinfeksi.
  • Aktif secara seksual: Orang yang aktif secara seksual dan memiliki lebih dari satu pasangan seksual memiliki risiko yang lebih tinggi terkena Trikomoniasis.
  • Perilaku seksual yang berisiko: Aktivitas seksual yang berisiko seperti seks oral dan anal dapat meningkatkan risiko terinfeksi Trikomoniasis.
  • Memiliki riwayat infeksi menular seksual: Orang yang pernah terinfeksi penyakit menular seksual lainnya memiliki risiko yang lebih tinggi terinfeksi Trikomoniasis.
  • Kehamilan: Wanita yang sedang hamil juga memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi Trikomoniasis.
Penting untuk memperhatikan faktor-faktor ini dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah infeksi Trikomoniasis.
Anda dapat mengetahui gejala dan faktor penyakit ini dengan bertanya ke dokter ahli.

Konsultasi Penyakit di Klinik

Penting untuk memperhatikan faktor-faktor ini dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah infeksi Trikomoniasis. Seperti menghindari hubungan seksual tanpa pengaman, memiliki pasangan seksual yang monogami, dan melakukan tes rutin untuk penyakit menular seksual.

Jika Anda mengalami gejala Trikomoniasis atau memiliki risiko terkena infeksi, segera temui dokter spoesialis penyakit kelamin untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin Jakarta, pasien akan langsung ditangani oleh dokter ahli dan staff medis yang handal dibidangnya. Selain itu biaya pengobatan yang sangat terjangkau.

Disamping itu, klinik ini sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya dengan memprioritaskan pasiennya dalam setiap pengobatan dan pelayanannya.

Baca Juga : Kenali Ciri-Ciri Penyakit Trikomoniasis

Jika mempunyai pertanyaan lainnya seputar penyakit kelamin, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi medis online secara gratis

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta