Apa Saja Pemicu Kencing Terasa Nyeri?

Apa Saja Pemicu Nyeri Saat Kencing?

Ada banyak pemicu kencing terasa nyeri. Hal ini adalah hal yang umum paling sering terjadi di masyarakat Indonesia.

Penderita penyakit ini berasal dari berbagai macam usia. Baik pria maupun wanita bisa saja mengalami nyeri saat kencing atau buang air kecil. Biasanya, penyakit ini lebih banyak menyerang wanita.

Hal ini terjadi akibat letak uretra perempuan lebih pendek daripada laki-laki. Sehingga lebih mudah bagi mikroorganisme untuk mencapai kandung kemih.

Baca Juga : 4 Penyebab Nyeri saat Kencing Harus Diwaspadai!

Jenis-Jenis Pemicu Kencing Terasa Nyeri

Adanya rasa nyeri saat kencing biasanya kerena terdapat masalah pada pada saluran kemih. Meliputi ginjal, ureter, uretra dan kandung kemih.

Umumnya, penyakit ini hanya menyerang uretra dan kandung kemih. Namun, tidak dapat terpungkiri kalau infeksi akan menyebar atau menyerang organ penting lainnya.

Ada berbagai pemicu nyeri saat kencing. Beberapa diantaranya ialah:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Kebanyakan penyebab infeksi saluran kencing (ISK) yaitu bakteri E.coli. Saat bakteri ini terdapat pada sekitar kulit anus, bakteri E.coli bisa berpindah tempat ke saluran kencing.

Penyebab terjadinya infeksi ini karena masuknya bakteri ke saluran kemih melalui uretra dan tumbuh pada kandung kemih. Tetapi, penyakit ini juga bisa jadi penyebab oleh jenis bakteri atau jamur lainnya.

2. Uropati Obstruktif

Penyebab penyakit ini yaitu adanya batu yang terdapat pada saluran kemih (ureter) sehingga urine tidak dapat mengalir keluar tubuh dan kembali ke ginjal.

Kondisi ini menyebabkan pembengkakan pada ginjal (hidronefrosis). Parahnya, komplikasi penyakit ini berupa kista ovarium, kanker usus hingga tumor rongga panggul.

3. Batu Kandung Kemih

Nyeri saat kencing jug abisa disebabkan oleh kondisi ini. Adanya batu kandung kemih terjadi akibat mengkristalnya senyawa mineral dalam urine dan berbentuk seperti batu.

Batu ini akan menghambat jalannya urine dari ginjal yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Dan dapat menimbulkan rasa nyeri pada saat buang air kecil.

4. Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi pada organ reproduksi wanita seperti ovarium dan uterus. Salah satu gejalanya ialah rasa nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seksual.

Selain itu, berhubungan seksual dengan tanpa adanya kebersihan yang terjaga juga bisa menjadi penyebab terinfeksi penyakit yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada saat kencing.

Penangan utamanya adalah dengan meminum banyak air putih (3liter perhari) dan tidak menahan kencing. Biasanya akan membaik setelah beberapa waktu.
Terdapat banyak jenis penyebab atau pemicu kencing terasa nyeri.

Pencegahan

Menahan kencing telalu lama dapat membuat otot kandung kemih dan saluran kemih bekerja terllu berat sehingga menyebabkan nyeri saat buang air kecil.

Penangan utamanya adalah dengan meminum banyak air putih (2 liter perhari) dan tidak menahan kencing. Biasanya akan membaik setelah beberapa waktu.

Baca Juga : Cara Mengobati Nyeri saat Kencing sampai Tuntas!

Penanganan Medis

Namun jika keluhan dalam beberapa hari tidak menghilang, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui sebab adanya rasa nyeri saat kencing.

Klinik Sentosa Jakarta adalah klinik spesialis penyakit kelamin yang berada di Jakarta. Pasien yang datang akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli dan staf medis yang handal dalam bidangnya.

Anda bisa menggunakan layanan konsultasi online secara gratis. Selain itu juga biaya pengobatannya sangat terjangkau.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta