Kencing Bernanah, sebagai Indikator Infeksi Gonore!

Kencing Bernanah 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Infeksi gonore atau yang sering di sebut kencing bernanah merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS). Pria dan wanita dengan infeksi gonore akan mendapat pengaruh pada sistem reproduksi mereka.

Baca Juga: Klarifikasi: Air Garam untuk Kencing Nanah, Bahaya!

Untuk itu, penjelasan kali ini akan memuat tentang pemahaman dalam kondisi kencing bernanah. Dimana keluhan tersebut dapat menjadi indikator utama terjadinya infeksi gonore.

Kencing Bernanah Adalah Gonore

Infeksi gonore seringkali terjadi melalui kontak seksual tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi. Penting untuk mengenali gejala infeksi ini sebagai langkah awal dalam pencegahan dan pengobatan yang efektif.

Selain itu, kencing bernanah juga di kenal sebagai istilah “the clap” atau “drip”. Kondisi gonore di sebabkan oleh bakteri gram negatif bernama Neisseria gonorrhoeae yang dapat memicu gejala bervariasi satu sama lainnya.

Invasi yang di lakukan oleh bakteri gonore akan menyerang saluran reproduksi, uretra, dan kadang-kadang tenggorokan, mata, atau rektum. Bakteri ini juga dapat di tularkan melalui hubungan seksual vaginal, anal, atau oral dengan orang yang terinfeksi.

Proses Infeksi dan Gejala Gonore

Saat bakteri Neisseria gonorrhoeae dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran kelamin dan mulai berkembang biak. Proses ini dapat menyebabkan peradangan pada jaringan di sekitar area yang terinfeksi. Peradangan yang di hasilkan dapat menjadi parah, menyakitkan, dan nanah.

Gejala khas gonore termasuk kencing bernanah atau keluarnya cairan yang kental dari saluran kencing. Selain itu, penderita juga dapat mengalami rasa terbakar saat buang air kecil. Gejala ini dapat muncul dalam waktu 2-14 hari setelah terpapar.

Mengenali Gejala pada Pria

1. Kencing bernanah yang berwarna kuning atau hijau.

2. Rasa terbakar saat buang air kecil.

3. Perasaan tidak nyaman pada bagian kelamin.

4. Perubahan pada testis dan penis juga bisa menjadi tanda.

Mengenali Gejala pada Wanita

1. Gejala asimtomatik atau samar pada tahap awal infeksi.

2. Keputihan berwarna putih pekat, kekuningan, atau kuning kehijauan (nanah).

3. Rasa terbakarsaat kencing.

4. Perdarahan di luar siklus menstruasi, atau nyeri pada bagian panggul.

Jika Anda mengalami gejala kencing bernanah atau gejala lain yang mencurigakan, sangat penting untuk mencari bantuan medis berkompeten dari dokter kelamin Klinik Utama Sentosa Jakarta sesegera mungkin.

Kapan Harus Mencari Bantuan Medis?

Perhatikan dengan baik, segala bentuk perubahan sekecil apapun pada area genital terlebih jika kemunculannya setelah terjadi kontak seksual. Terlebih karena jika gonore tidak di obati dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk infeksi pada organ reproduksi dan penyebaran bakteri ke dalam darah.

Semakin cepat keluhan teridentifikasi dan di tangani maka potensi kesembuhan dapat di capai secara maksimal. Catat, bahwa penyakit gonore di tahap awal akan jauh lebih mudah untuk di sembuhkan.

Oleh karena itu, mencari pengobatan yang tepat dari dokter dan hasil pemeriksaan adlaah menjadi kunci utama penyembuhan gonore terbaik. Jadi, jangan korbankan kesehatan Anda dengan menunda pemeriksaan dan pengobatan.

Kencing Bernanah 2Pencegahan Penyakit Kencing Bernanah

Terapkan perilaku pencegahan penyakit kelamin sebagai bagian dari gaya hidup Anda, misalnya seperti:

1. Praktik seks yang aman.

2. Penggunaan kondom secara konsisten dan tepat.

3. Menghindari hubungan seksual dengan banyak pasangan.

4. Lakukan uji PMS secara berkala.

Secara umum, langkah preventif seperti atas akan efektif membantu mencegah penyebaran gonore atau gejala kencing bernanah terjadi. Dengan perkembangan era modern saat ini, tindakan bijak sangat di perlukan guna melindungi diri dari bahaya infeksi penyakit kelamin.

Baca Juga: Harga Obat Kencing Nanah, Apa Saja Pengaruhnya?

Pengobatan dan Manajemen Gonore Klinik Utama Sentosa

Gonore dapat di obati dengan antibiotik yang di resepkan oleh profesional kesehatan Klinik Utama Sentosa. Hanya saja, Anda perlu melakukan pemeriksaan dan diagnosa medis sebelum mendapatkan pengobatannya.

Dokter dan staff medis berkompeten kami akan mengevaluasi secara mendalam gejala kencing bernanah sebagai indikator infeksi gonore atau kemungkinan infeksi lain. Sebagai catatan, setiap tindakan pengobatan yang kami berikan harus sesuai dengan kondisi pasien guna memastikan jenis atau metodenya secara tepat dan akurat. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Langkah tersebut akan memberikan potensi positif yang lebih optimal, namun tetap dengan biaya relatif terjangkau bagi setiap kalangan. Kesehatan seksual yang baik adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang sehat dan bahagia.

Anda tidak perlu ragu atau khawatir, bantuan medis kami hadir juga dalam layanan dokter online melalui chat dan WA. Coba klik link konsultasi yang tersedia 24 jam gratis, sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta