Komplikasi dan Pengobatan Penyakit Trikomoniasis

Komplikasi dan Pengobatan Penyakit Trikomoniasis

Masyarakat harus mengetahui bahaya komplikasi dan pengobatan penyakit trikomoniasis. Karena, salah satu penyakit menular seksual (PMS) ini da dapat meningkatkan risiko infeksi menular seksual lainnya seperti HIV.

Jangan menunda pengobatan karena hal ini dapat menyebabkan komplikasi dan penyebaran infeksi lebih lanjut. Meskipun infeksi ini lebih umum terjadi pada wanita. Namun, ada kemungkinan pria juga dapat terinfeksi pernyakit berbahaya ini.

Baca Juga : Dokter Spesialis Penyakit Kelamin Trikomoniasis

Komplikasi dan Pengobatan Penyakit Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi protozoa Trichomonas vaginalis. Penyakit ini umumnya menyerang area genital pria dan wanita. Juga dapat menyebar melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Komplikasi Penyakit Trikomoniasis

Trikomoniasis biasanya tidak menimbulkan komplikasi serius pada orang dewasa, namun pada wanita yang sedang hamil, infeksi ini dapat meningkatkan risiko persalinan prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Selain itu, Trikomoniasis juga dapat meningkatkan risiko infeksi menular seksual lainnya seperti HIV.

Pada Wanita

Pertama-tama, penyakit ini jika menyerang wanita dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Antara lain:

  • Infeksi pada saluran reproduksi: Trikomoniasis dapat menyebabkan peradangan pada saluran reproduksi wanita, termasuk servisitis (peradangan pada serviks), endometritis (peradangan pada rahim), dan salpingitis (peradangan pada tuba falopi).
  • Infeksi saluran kemih: Beberapa wanita mungkin mengalami infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis.
  • Vulvitis: Infeksi Trikomoniasis dapat menyebabkan peradangan pada vulva (bagian luar organ genitalia wanita), menyebabkan gatal-gatal, nyeri, dan rasa tidak nyaman.
  • Infeksi pada pasangan seksual: Infeksi Trikomoniasis dapat menyebar ke pasangan seksual dan menyebabkan gejala yang sama pada pria, meskipun beberapa pria tidak memiliki gejala.
  • Meningkatkan risiko kanker serviks: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa infeksi Trikomoniasis dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks.

Pada Pria

Selanjutnya pada pria, Trikomoniasis dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Seperti berikut:

  • Peningkatan risiko terkena infeksi menular seksual lainnya seperti HIV
  • Epididimitis atau peradangan pada epididimis, yaitu saluran tempat penyimpanan sperma

Pengobatan Penyakit Trikomoniasis

Trikomoniasis dapat terobati dengan obat-obatan yang dokter resepkan. Pengobatan ini biasanya melibatkan antibiotik yang harus pasien minum selama beberapa hari. Obat-obatan ini bekerja dengan menghancurkan parasit Trichomonas vaginalis yang menyebabkan infeksi.

Jika Anda mengalami gejala Trikomoniasis atau memiliki risiko terkena infeksi, segera temui dokter atau profesional kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan menunda pengobatan karena hal ini dapat menyebabkan komplikasi dan penyebaran infeksi lebih lanjut.

Penting untuk segera mendapatkan pengobatan jika Anda mengalami gejala Trikomoniasis atau memiliki risiko terkena infeksi.

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi protozoa Trichomonas vaginalis.
Komplikasi dan pengobatan penyakit trikomoniasis dengan berkonsultasi dengan dokter.

Pencegahan Penyakit Trikomoniasis

Selain obat-obatan, Anda juga dapat mengambil beberapa langkah untuk membantu mempercepat pemulihan dan mencegah penyebaran infeksi, antara lain:

  • Menghindari hubungan seksual selama pengobatan
  • Pasangan seksual Anda juga perlu menjalani tes dan pengobatan untuk Trikomoniasis. Jika pasangan Anda tidak diobati, Anda dapat terinfeksi kembali.
  • Selama pengobatan, hindari minuman beralkohol karena dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, sakit kepala, dan detak jantung yang cepat.
  • Mencuci organ genitalia dengan sabun ringan dan air hangat dapat membantu mencegah penyebaran infeksi dan membantu mempercepat pemulihan.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan yang dapat membantu memberikan pengobatan yang tepat dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Anda dapat berkonsultasi dengan mudah secara online dan gratis melalui layanan konsultasi medis. Di samping itu, klinik ini sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya dengan memprioritaskan pasiennya dalam setiap pengobatan dan pelayanannya.

Baca Juga : Kenali Ciri-Ciri Penyakit Trikomoniasis

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin Jakarta, pasien akan langsung ditangani oleh dokter ahli dan staff medis yang handal dibidangnya. Selain itu biaya pengobatan yang sangat terjangkau.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta