Kutil di Kelamin Pria Berhubungan dengan HPV

Kutil di Kelamin Pria 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Human papillomavirus (HPV) merupakan salah satu virus yang berhubungan dengan kutil di kelamin pria. Umumnya menyebar melalui kontak seksual dan dapat mempengaruhi kemunculan kutil di kelamin maupun sekitarnya.

Baca Juga: Perbedaan Kutil Kelamin Serta Daging Tumbuh Apa?

Pembahasan kali ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang HPV, khususnya pada pria.  Dan bagaimana virus ini terkait dengan munculnya kutil di kelamin.

Hubungan antara HPV dan Kutil di Kelamin Pria

Kutil di kelamin adalah benjolan atau bintilan daging yang muncul di daerah genital dan sekitarnya akibat infeksi HPV. Mereka bisa berukuran kecil atau besar, dalam bentuk tunggal atau kelompok. Kutil di kelamin pada pria dapat di temukan pada area:

1. Batang atau pangkal kelamin

2. Lipatan kulit kulup

3. Skrotum

4. Selangkangan

5. Anus

Gejala kutil kelamin bisa menyebabkan rasa gatal, perih, atau bahkan menjadi pendarahan. Namun, beberapa orang yang terinfeksi mungkin tidak menunjukkan gejala apapun sehingga dapat menyebabkan penyebaran yang tidak tersadari.

Kutil kelamin sendiri di sebabkan oleh beberapa jenis HPV, terutama tipe 6 dan 11. Virus ini di tularkan melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi selama aktivitas seksual. Setelah terpapar, kutil biasanya muncul dalam beberapa minggu atau bulan.

Manajemen Pengobatan Kutil di Kelamin

Diagnosis kutil kelamin dapat di lakukan melalui pemeriksaan fisik oleh tenaga medis yang berpengalaman. Sebagian besar dokter akan mendiagnosa kutil kelamin melalui pemeriksaan fisik, karena kutil kelamin dapat di katakan sebagai penyakit yang muncul secara visual.

Tes tambahan seperti tes asam asetat (vinegar test) atau biopsi mungkin diperlukan untuk mengonfirmasi keberadaan kutil kelamin yang tidak terlihat. Pengobatan kutil kelamin bertujuan untuk menghilangkan bentuk fisik yang ada, mengurangi gejala, dan mencegah penyebaran lebih lanjut.

Ada beberapa metode pengobatan yang dapat di pertimbangkan termasuk pembedahan, terapi laser, krioterapi, dan penggunaan obat topikal. Dan pengambilan metode pengobatan tersebut akan di sesuaikan dengan kondisi setiap pasien.

Kutil di Kelamin Pria 2Potensi HPV Pada Pria

Jika seorang pria mengalami kutil di kelamin, penting untuk segera berkonsultasi dengan profesional medis. Hubungan antara penyakit kutil kelamin yang di sebabkan oleh HPV pada pria ini tentu saling berkaitan.

Jika infeksi pada wanita berpotensi mengakibatkan adanya kanker serviks, sedang pada pria HPV berpotensi menjadi bentuk penyakit kutil di kelamin. Selain itu, jenis HPV tipe risiko tinggi pada pria juga bisa menyebabkan kanker penis atau anus pada pria.

Karena tidak jarang kutil di kelamin pria memiliki pertumbuhan yang jauh lebih cepat dan hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan penderitanya. Pria dapat di katakan lebih rentan akan infeksi menular.

Karena tidak jarang satu infeksi dapat memberikan ‘pintu masuk’ tambahan bagi jenis infeksi penyakit lainnya. Perlu di ingat bahwa meskipun kutil di hilangkan, virus HPV dapat tetap berada dalam tubuh sehingga penderita memerlukan perawatan kesehatan secara intensif jangka panjang.

Kesimpulannya penyakit kutil kelamin pada pria juga masalah kesehatan yang serius dan memerlukan perhatian medis yang tepat. Konsultasi dengan dokter sebelum memulai pengobatan adalah langkah yang bijaksana guna mengatasi HPV dan kutil kelamin.

Baca Juga: Faktor Risiko yang Meningkatkan Terkena Kutil Kelamin

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta