Tahapan Awal Penyakit Kutil Kelamin

Waspadai Tahapan Awal Penyakit Kutil Kelamin

Pada masa kini, kutil kelamin bisa terlihat dalam beberapa tahapan awal. Jenis penyakit menular seksual yang satu ini disebabkan oleh virus yang berbahaya.

Ada banyak faktor penyakit ini bisa menyebar. Sebagaian PMS atau IMS mempunyai pola yang sama dalam penyebarannya, termasuk penyakit kutil kelamin.

Penyakit kutil kelamin dapat menyebar lewat hubungan seksual, termasuk seks oral dan anal. Juga berhubungan seks dengan sesama atau berbeda jenis kelamin tanpa memakai pengaman (kondom).

Baca Juga : Jenis Obat untuk Penyakit Kutil Kelamin

Bagaimana Kutil Kelamin Tahap Awal?

Sejatinya, tidak semua kuntil yang timbul pada lapisan kulit manusia dapat dikatakan kutil kelamin. Beberapa mungkin hanya kutil biasa yang bahkan tidak berbahaya.

Pun kutil kelamin pada umumnya tidak menimbulkan gejala apapun. Mungkin untuk beberapa penderita yang mengalami gejala akan terasa seperti rasa sakit, gatal atau terbakar pada kutil tersebut.

Untuk wanita, jika terdapat kutil kelamin pada vagina akan menyebabkan pendaharan atau keputihan yang bersifat tidak normal.

Kutil kelamin dapat terjadi dibeberapa tempat seperti dikemaluan (penis, vagina atau anus) dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Jika penderita melakukan hubungan oral seks, maka kutil akan berada dibibir, mulut, lidah atau bahkan tenggorokan.

Apa Penyebabnya?

Kutil biasanya daging lebih berwarna abu-abu dengan ukuran yang berbeda-beda. Konsiloma Akuminata (KA) atau yang lebih dikenal dengan kutil kelamin.

Juga sering disebut penyakit jengger ayam adalah penyakit infeksi pada area kelamin baik wanita maupun pria yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV).

Kutil biasanya daging lebih berwarna abu-abu dengan ukuran yang berbeda-beda. Konsiloma Akuminata (KA) atau yang lebih dikenal dengan kutil kelamin.
Kutil kelamin ditandai dengan adanya benjolan pada area kemaluan atau bagian tubuh lainnya.

Di Indonesia penyakit ini terus bertambah dan menjadi peringkat ketiga penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi menular seksual (IMS) bahkan dapat melebihi ranking penyakit herpes genital.

Sebagian besar, kutil kelamin menular melalui hubungan seksual. Namun, banyak juga penderita yang tertular secara non-seksual. Pada kasus tertentu, wanita dapat menderita kanker serviks jika tertular virus HPV.

Baca Juga : Cari Tahu Penyebab dari Kutil Kelamin

Klinik Kutil Kelamin

Terdapat beberapa tindakan pengobatan yang dilakukan agar virus tidak menyebar ke area tubuh lainnya. Bahkan dapat menyembuhkan sang penderita. Diantaranya adalah laser, bedah dan terapi obat.

Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai kutil kelamin tahap awal, bisa segera dikonsultasikan ke Klinik Sentosa Jakarta. Klinik ini adalah klinik penyakit kelamin yang pasiennya akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli yang handal dalam bidangnya.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta