Mekanisme Penyakit Kutil Kelamin Menular

Mekanisme Penyakit Kutil Kelamin Menular

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Kutil kelamin menular karena termasuk dalam salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang umum terjadi. Meskipun sering kali di anggap sebagai masalah yang memalukan atau di katakan tabu.

Penting untuk memahami mengapa kutil kelamin dapat menular dan bagaimana hal itu mempengaruhi kesehatan penderitanya secara menyeluruh.

Baca Juga: Perbedaan Kutil Kelamin serta Daging Tumbuh Apa?

Pembahasan ini akan menjelaskan mengapa kutil kelamin di anggap sebagai penyakit menular dan faktor-faktor yang terkait atau mendorong penyakit tersebut menular.

Kutil Kelamin Penyakit Menular

Penyakit kutil kelamin memiliki nama lain kondiloma akuminata, menunjukan pertumbuhan daging abnormal yang timbul di daerah kelamin atau sekitarnya. Virus HPV (Human Papillomavirus) akan menyebar melalui kontak seksual maupun kontak langsung kulit ke kulit.

Jenis spesifik virus HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin adalah tipe 6 dan 11, selebihnya dapat di katakan sebagai infeksi berisiko tinggi.

Kutil kelamin umumnya di tandai oleh pertumbuhan daging padat yang muncul di daerah kelamin atau sekitarnya. Benjolan berkisar antara kecil hingga sedang dengan permukaan kasar atau rata.

Beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala yang terlihat, sementara yang lain dapat mengalami ketidaknyamanan, gatal-gatal, atau perdarahan setelah hubungan seksual. Sangat jarang memang penyakit ini menimbulkan rasa sakit, karena kondisinya termasuk pertumbuhan external yang bersifat abnormal.

Bagaimana Mekanisme Kutil Kelamin Menular?

Mekanisme utama penularan kutil kelamin terjadi melalui kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir yang terinfeksi HPV. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang mekanisme penularan kutil kelamin:

1. Kontak Seksual

Penularan utama kutil kelamin terjadi melalui segala bentuk kontak seksual dengan orang yang terinfeksi HPV. Kontak yang melibatkan hubungan vaginal, anal, atau oral. Virus HPV dapat menyebar melalui kontak kulit dengan kulit yang terinfeksi.

2. Sentuhan Langsung

Penularan melalui sentuhan langsung dengan area yang terinfeksi juga sangat mudah terjadi. Misalnya, saat seseorang menyentuh kutil kelamin yang ada pada pasangan seksualnya atau menggunakan tangan untuk menyentuh area yang terinfeksi dan kemudian menyentuh area genital lainnya sendiri.

3. Penularan Vertikal

Meski jarang, namun mungkin saja terjadi. Contoh penularannya dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya saat melahirkan. Ini di sebut sebagai penularan vertikal dan bisa terjadi ketika bayi melewati jalan lahir yang terinfeksi HPV.

Selain itu, ingat bahwa penularan kutil kelamin atau HPV juga dapat terjadi tanpa memerlukan penetrasi seksual lengkap bahkan saat ejakulasi pria terjadi. Kontak kulit ke kulit langsung yang terinfeksi sudah cukup untuk memindahkan virus HPV dari satu orang ke orang lain.

Kutil Kelamin Menular 2Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi?

Faktor-faktor yang dapat memengaruhi risiko penularan kutil kelamin terjadi pada seseorang antara lain:

  1. Aktivitas seksual berisiko
  2. Infeksi HPV lainnya
  3. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Mengingat mekanisme penularan kutil kelamin yang melibatkan kontak langsung dengan area yang terinfeksi, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Misalnya dengan praktik seksual yang aman dan bersih, ini dapat membantu mengurangi risiko penularan kutil kelamin dan infeksi HPV lainnya.

Ada beberapa pilihan pengobatan yang tersedia untuk menghilangkan kutil kelamin. Pilihan tergantung pada ukuran, lokasi, dan jumlah pertumbuhan yang ada. Jadi jangan malu atau ragu untuk konsultasi dan menanyakan langsung dengan dokter guna memastikan kondisi serta pemilihan tindakan tepatnya.

Baca Juga: Letak Kutil Kelamin yang Tidak Biasa: Kasus Langka!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta