Membedakan Macam Herpes: Genitalis dan Zoster

Macam Herpes 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Dua macam herpes yang sering di perbincangkan adalah herpes genitalis dan herpes zoster. Herpes adalah salah satu penyakit menular seksual, yang di sebabkan oleh jenis virus herpes simplex (HSV) dan virus varicella-zoster (VZV).

Sebagai pengetahuan bahwa VZV adalah masih termasuk dalam keluarga dari jenis virus herpes simpleks. Hanya saja menyebabkan kondisi herpes pada mulut, wajah, maupun badan dan di kenal sebagai herpes zoster.

Baca Juga: Mengenal Jenis Herpes Simpleks Tipe 1 dan Tipe 2

Meskipun keduanya memiliki gejala dan karakteristik unik antara satu sama lainnya, kondisinya tetap bisa saling berkaitan. Dan penanganannya juga memiliki kemiripan, hanya saja herpes genitalis membutuhkan perawatan intensif. Sehingga penting untuk bisa mengindentifikiasi keluhannya dengan tepat antara keduanya.

Mengenal Macam Herpes

Ya, tentunya ada 2 macam herpes yang terkenal dan seringkali menginfeksi pria maupun wanita yaitu:

Herpes Genitalis

Herpes genitalis adalah infeksi menular seksual yang di sebabkan oleh virus herpes simplex tipe 1 (HSV-1) atau tipe 2 (HSV-2). Penularannya cenderung terjadi melalui segala bentuk aktivitas seksual baik vaginal, anal, maupun oral. Gejala gerpes genitalis dapat meliputi luka dan ruam pada daerah genital atau rektum.

Sensasi terbakar atau gatal di sekitar area tersebut, dan gejala sistemik seperti demam atau nyeri otot. Faktor risiko untuk terkena macam herpes ini termasuk memiliki banyak mitra seksual, serta memiliki infeksi menular seksual lainnya.

Herpes Zoster

Penyakit herpes zoster, yang juga di kenal sebagai cacar air atau shingles. Adalah infeksi yang di sebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV) atau dengan nama ilmiah human herpes virus tipe 3. Pada herpes zoster melalui tiga fase, yakni fase prodomal dengan gejala flu ringan.

Fase aktif dengan ruam kulit yang khas berupa gelembung berisi cairan, dan fase pemulihan di mana ruam tersebut mengering dan membentuk kerak. Biasanya muncul pada sisi tubuh, mulut, atau wajah mengikuti jalur saraf tertentu. Faktor risikonya termasuk usia lanjut, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan riwayat cacar air sebelumnya.

Macam Herpes 2Perbandingan Antara 2 Macam Herpes

Tentunya ada pembanding dari kedua macam penyakit herpes yang dapat terjadi pada setiap orang, dan berikut adalah di antaranya:

1. Letak Kemunculan Herpes

Gejala Herpes Genitalis meliputi luka dan ruam gelembung cairan di daerah genital atau rektum. Sedangkan herpes zoster di tandai dengan ruam kulit berupa gelembung berisi cairan yang mengikuti jalur saraf tertentu pada satu sisi tubuh.

2. Transmisi dan Penyebab

Perbedaan herpes genitalis terkait erat dengan perilaku seksual. Dan tipe infeksi pada zoster lebih sering terjadi ketika individu memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Karena infeksinya bisa menyebar melalui udara dari penderita atau kontak langsung dengan cairan atau luka herpes.

3. Terapi dan Pengobatan yang Digunakan

Meskipun keduanya dapat di obati dengan obat-obatan. Pengelolaan herpes genitalis juga melibatkan upaya intensif untuk mengurangi stres, dan menjaga sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang. Sementara herpes badan atau zoster melibatkan terapi nyeri dan perawatan kulit mencegah infeksi sekunder.

Membedakan infeksi herpes yang terjadi sangat di perlukan untuk memberikan pengobatan dan penanganan secara tepat. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, pastikan dengan konsultasikan pada tenaga medis Klinik Utama Sentosa untuk diagnosis dan pengobatan terbaik.

Baca Juga: Herpes Bibir dan Herpes Kelamin: Beda Apa Sama?

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta