Mengatasi Trikomoniasis Pria dengan Tepat

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Trikomoniasis pada pria adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang dapat mempengaruhi organ reproduksi. Meskipun sering kali di kaitkan dengan wanita, trikomoniasis juga dapat memengaruhi kesehatan pria.

Baca Juga: Inkubasi Trikomoniasis, Dari Awal Infeksi Hingga Gejala

Jadi kali ini akan membahas cara mengatasi trikomoniasis pada pria dengan tepat. Dan pentingnya untuk mengatasi keluhan tersebut guna mencegah efek jangka panjang

Pengenalan tentang Trikomoniasis Pria

Trikomoniasis juga di kenal sebagai “trik” di sebabkan oleh protozoa parasit dengan nama Trichomonas vaginalis. Penyakit ini umumnya di tularkan melalui hubungan seksual tanpa pengaman dengan seseorang yang terinfeksi.

Meskipun gejala trikomoniasis lebih sering terlihat pada wanita, pria juga dapat terinfeksi dan menularkan penyakit ini kepada pasangan mereka. Trikomoniasis pada pria umumnya menyebabkan gejala ringan hingga tidak ada gejala sama sekali.

Namun, ketika gejalanya muncul mereka dapat meliputi beberapa kondisi seperti:

1. Sensasi Terbakar atau Gatal – Beberapa pria mungkin mengalami sensasi terbakar atau gatal di daerah genital.

2. Sekresi Abnormal – Cairan dari penis yang berlebihan, berwarna putih, kekuningan, atau hijau.

3. Iritasi – Kulit di sekitar penis dapat menjadi merah dan iritasi.

4. Ketidaknyamanan Saat Buang Air Kecil – Beberapa pria mungkin merasa tidak nyaman atau sakit saat buang air kecil.

Diagnosis trikomoniasis pada pria umumnya melibatkan pemeriksaan fisik dan pengambilan sampel cairan dari penis untuk pengujian laboratorium. Konsultasi dengan profesional medis sangat di butuhkan untuk mendiagnosis kondisi ini secara tepat.

Pengobatan Trikomoniasis pada Pria

Pengobatan trikomoniasis melibatkan penggunaan obat-obatan oral maupun intravena (jika di butuhkan) yang di resepkan oleh dokter. Penting untuk mengikuti panduan pengobatan yang di berikan oleh dokter Anda dan menyelesaikan seluruh dosis obat yang di rekomendasikan.

Meskipun gejalanya sudah mereda, atau perhatikan juga jika kondisi yang Anda alami hilang gejala dengan sendirinya. Selain pengobatan membantu mencegah kekambuhan penyakit maupun gejala dan komplikasi yang lebih parah.

Pengobatan yang Anda lakukan juga penting guna meminimalisir kemungkinan transmisi atau penularan infeksi pada orang lain. Dengan kata lain, setiap pria perlu untuk memperhatikan kesehatan organ genital dengan baik guna mendukung kualitas hidupnya.

Trikomoniasis pada Pria 2Pencegahan dan Dampak Trikomoniasis Pria

Langkah-langkah pencegahan yang dapat di lakukan untuk menghindari trikomoniasis pada seorang pria meliputi:

1. Hindari Kontak Seksual Berisiko

Segala bentuk kemungkinan pemicu adanya kontak seksual tentu harus di hindari, serta menerapkan praktik seksual secara aman dan bersih guna membantu mengurangi risiko infeksi.

2. Setia dalam Hubungan Seksual

Menjaga hubungan yang saling setia dengan pasangan juga membantu mengurangi risiko penularan atau adanya infeksi.

3. Pemeriksaan Rutin

Konsultasikan dengan profesional medis secara berkala untuk pemeriksaan kesehatan seksual jika Anda adalah pelaku seksual aktif sangatlah di anjurkan.

Trikomoniasis pada pria adalah kondisi yang sama halnya dengan wanita. Meskipun gejalanya sering kali ringan, dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan reproduksi. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi kondisi ini dengan tepat dan menghindari penularan kepada pasangan.

Selain pencegahan infeksi, gaya hidup sehat juga berperan penting dalam menjaga kesehatan seksual. Menerapkan pola makan seimbang, menjaga kebersihan pribadi, berolahraga secara teratur bisa menjadi bagiannya.

Dan yang juga berpengaruh adalah menghindari kebiasaan merokok atau konsumsi alkohol berlebihan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kesehatan seksual saat ini telah menjadi bagian penting yang perlu di perhatikan dengan biak seperti kesehatan organ vital tubuh lainnya.

Selalu berkonsultasi dengan profesional medis jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan. Atau jika Anda memiliki pertanyaan mengenai kesehatan seksual melalui dokter online yanhg tersedia di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Inilah Cara Menyembuhkan Trikomoniasis yang Terbukti!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta