Mengenal Berbagai Jenis Kutil Kelamin!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Ada berbagai jenis kutil kelamin yang dapat muncul, dan memahami perbedaannya adalah kunci untuk pengelolaan yang efektif pada kondisi tersebut. Kutil kelamin juga di kenal sebagai kondiloma akuminata, adalah salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS) yang menjangkit pria maupun wanita.

Baca Juga: Perbedaan Klinis Tipe Kutil Kelamin pada Penderitanya

Infeksinya dapat menghasilkan pertumbuhan daging atau benjolan yang terlihat di sekitar area genital, anus, atau mulut. Kali ini pembahasannya akan menjelaskan berbagai jenis kutil kelamin yang ada beserta karakteristik masing-masing.

Klasifikasi Jenis Kutil Kelamin Berdasarkan Lokasi

Sebagian besar kutil kelamin di sebabkan oleh HPV, merupakan keluarga virus yang memiliki tipe berbeda-beda. Di antaranya, tipe HPV yang paling sering terkait dengan kutil kelamin adalah HPV tipe 6 dan 11.

Jenis atau tipe ini lebih terlibat dalam mempengaruhi tampilan dan gejala kutil kelamin. Tahukah Anda beberapa jenis HPV lain juga dapat menyebabkan kondisi selain kutil kelamin. Untuk beberapa klasifikasi, biasanya akan terlibat berdasarkan pada lokasi timbulnya kutil tersebut seperti:

1. Kutil Kelamin Eksternal

Kutil kelamin eksternal adalah jenis yang paling umum terlihat. Mereka muncul pada area genital eksternal, termasuk pada batang penis pada pria dan di sekitar vulva pada wanita. Area lain yang  juga dapat di temukan kutil kelamin juga pada lipatan kulit di sekitar anus atau skrotum.

2. Kutil Kelamin Internal

Kutil kelamin internal muncul di dalam tubuh, biasanya pada leher rahim (serviks) pada wanita atau di dalam vagina. Pada pria terlihat pada area bagian dalam lipatan kulup. Kondisi ini sering tidak terlihat oleh mata telanjang dan memerlukan pemeriksaan medis yang lebih mendalam seperti kolposkopi guna diagnosis.

Jenis Kutil Kelamin Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

Meskipun kutil kelamin dapat terjadi pada pria dan wanita, lokasi dan tampilannya dapat berbeda. Pada pria, kutil kelamin sering muncul pada penis, batang penis, atau di sekitar anus. Sementara pada wanita, kutil kelamin dapat di temukan pada vulva, vagina, serviks, atau di sekitar anus.

Dan tempilan fisik atau bentuk beserta ukurannya juga bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Beberapa klasifikasi kutil kelamin berdasarkan bentuk atau ukurannya meliputi:

1. Kutil Berbentuk Datar

Kutil kelamin berbentuk datar cenderung memiliki penampilan datar dan lebih luas. Mereka dapat muncul dalam jumlah yang lebih banyak daripada kutil kelamin berbentuk benjolan.

2. Kutil Berbentuk menonjol atau Berkerucut

Kutil kelamin berbentuk menonjol atau berkerucut cenderung lebih kecil dan lebih tegak. Mereka memiliki penampilan yang jelas dan seringkali lebih mudah di kenali.

3. Perbedaan Ukuran Kutil Kelamin

Ukuran kutil kelamin dapat bervariasi dari yang sangat kecil hingga lebih besar. Mereka dapat tumbuh secara individu atau dalam kelompok yang lebih besar (seperti kelopak bunga).

Jenis Kutil Kelamin 2Dampak Kesehatan dari Kutil Kelamin yang Muncul

Gejala kutil kelamin sendiri meliputi benjolan daging yang terlihat, gatal, nyeri, atau perdarahan. Selain itu, kutil kelamin yang tidak di obati bisa berdampak kesehatan serius. Meningkatkan risiko penularan HPV kepada pasangan seksual dan juga meningkatkan risiko kanker serviks pada wanita.

Selain itu, jika dalam jangka panjang perkembangan kutil kelamin bisa terus bertumbuh yang akhirnya bisa memberikan dampak fatal. Misalnya jika ukuran atau bentuk kutil kelamin terus membesar atau bertambah banyak, dan letaknya pada area bagian internal kelamin.

Tentu saja ini akan menjadi kondisi yang sangat berbahaya dan parah. Untuk kasus paling fatal, kondisi tersebut tentu sudah sulit untuk di atasi. Alasan tersebut pula yang menjadikan mengapa pemeriksaan detail di perlukan guna tegaknya diagnosa.

Diagnosa kutil kelamin biasanya di lakukan melalui pemeriksaan fisik oleh dokter atau profesional kesehatan. Tersedia pilihan tindakan medis seperti krioterapi (pengobatan dengan pembekuan), penggunaan obat topikal, pembedahan. Atau prosedur lain yang di rekomendasikan oleh dokter guna menghilangkan secara fisik kutil kelamin.

Catat bahwa setiap pengobatan kutil kelamin yang tepat akan bergantung pada jenis, lokasi, dan tingkat keparahan. Pemahaman yang baik tentang berbagai jenis kutil kelamin adalah kunci untuk pengelolaan secara efektif dan pencegahan infeksi.

Jika Anda memiliki gejala kutil kelamin atau khawatir terinfeksi, segera konsultasikan dengan profesional kesehatan guna diagnosis dan tindakan pengobatan. Jangan tunda atau biarkan keluhan seperti kutil kelamin berlangsung dalam jangka lama ketika Anda tidak ingin risiko yang jauh lebih kompleks.

Baca Juga: Keunggulan Laser Kutil Kelamin, Pasti Aman?

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta