Mari Kita Mengenal Sistitis Lebih Dalam

Mari Kita Mengenal Sistitis Lebih Dalam

Faktanya, ada banyak penyakit yang berhubungan dengan kelamin. Oleh sebab itu mari kita mengenal sistitis lebih dalam lagi dengan membaca artikel berikut.

Memang karena sangat penting untuk mengenal gejala penyakit kelamin. Dan mendapatkan pemeriksaan medis jika Anda merasa ada tanda-tanda yang mencurigakan.

Baca Juga : Menerapkan Cara-Cara Pencegahan Sistitis

Selain itu, Pemeriksaan medis dapat membantu dalam diagnosis dini dan memberikan pengobatan yang tepat. Sehingga dapat menghindari risiko komplikasi kesehatan yang lebih serius di masa depan.

Mengenal Sistitis

Sistitis adalah suatu kondisi di mana terjadi inflamasi atau peradangan pada kandung kemih, yang biasanya karena ada infeksi bakteri.

Gejala umum yang muncul pada penderita sistitis, seperti:

  • Rasa nyeri atau tidak nyaman di bagian bawah perut
  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil
  • Terdapat darah dalam urine

Sayangnya, masalah ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek dan lebih dekat dengan anus, sehingga memudahkan bakteri untuk masuk ke dalam kandung kemih.

Tidak hanya itu, tetapi kondisi medis tertentu seperti masalah hormonal pada wanita, obstruksi pada saluran kemih, atau penyakit menular seksual juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sistitis.

Diagnosis Dokter Ahli

Urolog atau dokter ahli urologi mendiagnosis seseorang atas penyakit ini biasanya  berdasarkan riwayat kesehatan dan gejala yang terjadi pada pasien.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan panggul pada wanita, untuk mencari tanda-tanda peradangan atau infeksi pada kandung kemih.

Disamping itu, dokter juga dapat meminta pasien untuk memberikan sampel urine untuk dianalisis di laboratorium guna mendeteksi adanya bakteri atau darah dalam urine.

Jika hasil analisis urine menunjukkan adanya infeksi bakteri pada kandung kemih, maka dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi tersebut.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, dokter dapat melakukan pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan radiologi atau endoskopi untuk mengevaluasi kondisi kandung kemih secara lebih rinci.

Karena sangat penting untuk mengenal gejala penyakit kelamin dan mendapatkan pemeriksaan medis jika Anda merasa ada tanda-tanda yang mencurigakan.
Dengan mengenal penyakit sistitis, kita dapat melakukan pencegahan sejak dini.

Klinik Penyakit Sistitis

Ada banyak klinik yang menyediakan pengobatan untuk penyakit kelamin. Beberapa klinik umumnya dijalankan oleh dokter umum.

Sementara yang lainnya merupakan klinik spesialisasi khusus penyakit kelamin yang pengelolaannya oleh dokter spesialis penyakit kelamin atau dokter spesialis kulit dan kelamin.

Untuk memilih klinik yang tepat, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai klinik-klinik yang tersedia di daerah Anda.

Dan pastikan klinik tersebut memiliki dokter yang berkualifikasi dan pengalaman dalam mengobati penyakit kelamin.

Baca Juga : Dimana Klinik Pengobatan Sistitis Terbagus

Jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter dan berbicara terbuka mengenai masalah kesehatan Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat di Klinik Utama Sentosa Jakarta.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta