4 Penyebab Nyeri saat Kencing yang Harus Diwaspadai!

4 Penyebab Nyeri saat Kencing Harus Diwaspadai

Nyeri saat kencing penyebab umumnya adalah adanya masalah pada saluran kemih atau kandung kemih. Walaupun begitu, kondisi tersebut bisa berakibat pada masalah atau gangguan organ tubuh lain.

Baca Juga : Berbagai Macam Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Keluhan pada nyeri kencing lebih banyak dialami oleh wanita dari pada pria. Jika terjadi pada pria, nyeri tersebut umumnya karena faktor usia.

Berbagai Penyebab Nyeri saat Kencing

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab nyeri saat kencing. Hal tersebut karena saluran serta kandung kemih terletak pada area panggul dan lokasinya banyak berdekatan dengan organ lain.

Organ-organ tersebut meliputi ginjal, usus besar, ovarium, rahim, serta prostat. Jika sakit kencing terjadi di awal atau saat buang air kecil, maka penyebabnya adalah gangguan pada uretra.

Sementara itu, nyeri sesudah berkemih bisa menjadi tanda adanya gangguan dalam kandung kemih maupun prostat. Berikut adalah berbagai macam penyakit yang jadi pemicu sakit kencing, antara lain:

1. Infeksi saluran kemih

Penyebab ISK sering terjadi karena masuknya bakteri ke kandung kemih lewat uretra. Dari uretra lah bakteri tersebut bisa bergerak keatas, ke tempat kandung kemih berada.

Oleh sebab itu, infeksi yang terjadi pada uretra sering kali menimbulkan infeksi kandung kemih. Jika membiarkan begitu saja, bakteri tersebut bisa menginfeksi organ lain dari organ perkemihan.

2. Infeksi jamur

Infeksi ini terjadi ketika terjadi saat tubuh mempunyai terlalu banyak jenis jamur yang biasa menyebutnya Candida.

Bahkan bisa mengakibatkan rasa terbakar pada sekitar area kelamin ketika sedang berkemih atau melakukan aktivitas intim.

3. Klamidia (Chlamydia)

Penyakit ini terjadi karena bakteri berpindah dan menginfeksi saat melakukan aktivitas seksual dengan orang yang sudah terinfeksi.

Keadaan ini bisa terjadi karena penyebabnya adalah sakit saat berkemih. Penis maupun vagina dari si penderita juga sering mengeluarkan cairan abnormal.

4. Prostatitis

Prostatitis merupakan kondisi dimana prostat membengkak. Hal ini bisa membuat sulit ketika buang air kecil. Penderita akan mengalami beberapa kondisi seperti:

  • Urine terdapat darah dan keruh
  • Sakit pada pangkal paha atau perut bagian bawah ketika berkemih atau ejakulasi
  • Kencing terasa sakit terutama pada lubang saluran
  • Frekuensi berkemih jadi bertambah banyak
  • Sulit menahan buang air kecil.
Walaupun begitu, kondisi tersebut bisa berakibat pada masalah atau gangguan organ tubuh lain.

Keluhan pada nyeri kencing lebih banyak dialami oleh wanita dari pada pria. Jika terjadi pada pria, nyeri tersebut umumnya karena faktor usia.
Hati-hati nyeri saat kencing bisa menjadi pertanda terkena penyakit menular seksual.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam

Alami sakit saat berkemih? Yuk, ketahuilah bermacam penyebabnya. Segeralah kunjungi klinik spesialis penyakit kelamin terdekat, serta menjalani beberapa pemeriksaan pada bakteri tersebut.

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin dan penyakit menular seksual dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Baca Juga : Apa saja infeksi saluran kemih yang wanita alami

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta