Pengertian Penyakit Menular Herpes

Pengertian Virus Herpes

Penyakit herpes adalah jenis virus yang bisa menyebabkan infeksi. Virus ini dapat meyerang pria juga wanita dari segala usia.

Penyakit yang ditandai dengan gejala kulit kering, adanya luka bakar sampai melepuh juga berair. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang virus menular yang satu ini!

Baca Juga : Pahami Gejala dan Obat untuk Penyakit Herpes

Penyebab Penyakit pada Tubuh Manusia

Meskipun ada banyak jenis virus herpes yang dapat menyerang manusia. Faktanya, hanya jenis virus berikut yang dapat menyebabkan infeksi akut pada penderita. Diantaranya:

  • Herpes simplex virus tipe 1 (HSV 1)
  • Herpes simplex virus tipe 2 (HSV 2)
  • Varicella-zoster virus (VZV)
Pada umumnya, penyakit herpes ini bisa disebuhkan bila pasien segera ditangani oleh dokter ahli. Namun bila tidak segera ditangani, dapat menimbulkan beberapa komplikasi.
Herpes adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik pria dan wanita bisa menderita penyakit ini.

Gejala yang Muncul

Infeksi yang terjadi akibat virus ini umumnya terjadi dalam beberapa tahap. Gejala yang di timbulkan pada tiap tahapan juga berbeda. Inilah penjelasannya:

  • Stadium Primer

Stadium ini terjadi pada hari ke-2 sampai ke-8 setelah terjadinya infeksi herpes pada tubuh. Gejala umum yang muncul berupa ruam atau lepuhan pada kulit yang berukutan kecil dan terasa perih dan sakit.

  • Stadium Laten

Di stadium laten ini, luka ruam lepuh sudah mereda daripada di stadium sebelumnya. Parahnya, pada stadium ini virus sedang tumbuh dan berkembang menyebar ke saraf tulang belakang.

  • Stadium Peluruhan

Pada stadium ini, virus mulai menyebar makin pesat pada ujung saraf organ tubuh. Jika organ yg terinfeksi sarafnya adalah organ kemaluan seperti testis dan vagina, maka cairan di dalamnya bisa ikut terinfeksi seperti air mani dan cairan keputihan.

  • Stadium Rekurensi

Luka ruam lepuh yang ada di stadium primer, biasanya kembali muncul pada stadium akhir ini. Walaupun tidak separah sebelumnya, tetapi bisa timbul gejala lain seperti gatal, nyeri dan kesemutan pada daerah yang terinfeksi.

Baca Juga : Pantangan Penyakit Herpes yang Harus Dilakukan

Apakah Herpes Bisa Sembuh?

Pada umumnya, penyakit ini bisa di sebuhkan bila pasien segera di tangani oleh dokter ahli. Namun bila tidak segera di tangani, dapat menimbulkan beberapa komplikasi.

Segera lakukan pemeriksaan jika anda mengalami gejala yang di sebutkan diatas. Infeksi pada bayi dan daya tahan tubuh melemah dapat membuat virusberkembang dan menyebar lebih cepat.

Klinik Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta. Pasien yang datang akan di tangani secara langsung oleh dokter ahli dan staf medis yang handal dalam bidangnya. Selain itu juga biaya pengobatannya sangat terjangkau.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta