Penjelasan Mengenai Herpes Simplex Virus

Penjelasan Mengenai Herpes Simplex Virus

Herpes Simplex Virus (HSV) atau bisa disebut juga Herpes Virus Hominis (HVH) adalah jenis virus yang bisa menyebabkan infeksi. Virus ini dapat meyerang pria juga wanita dari segara usia.

Penyakit yang ditandai dengan gejala kulit kering, adanya luka bakar sampai melepuh juga berair. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang virus menular yang satu ini!

Baca Juga : Kenali Jenis Herpes Pada Kulit

Jenis Herpes Simplex Virus

Ditemukan ada lebih dari 100 jenis virus herpes didunia. Namun hanya ada beberapa jenis virus yang dapat menginfeksi manusia. Beberapa diantaranya adalah:

Virus Herpes Simpleks (VHS) yang bisa dibagi mejadi 2 jenis lainnya. Yaitu tipe 1 dan tipe 2.

  • VHS tipe 1 bisa menyebabkan infeksi pada bagian tubuh sekitar mulut.
  • Dan jenis lainnya yaitu HSV tipe 2, yang dapat menyebabkan infeksi pada daerah kelamin. Atau biasanya disebut herpes kelamin.

Penyakit ini ditandai dengan gejala kulit kering, adanya luka bakar sampai melepuh juga berair. Jika tidak segera ditangani oleh dokter ahli, maka penyakit ini akan menyebar pada kulit bagian tubuh lainnya dan memperparah keadaan pasien.

Tahap Gejala Herpes Simplex Virus

Infeksi yang terjadi akibat virus herpes umumnya terjadi dalam beberapa tahap. Gejala yang ditimbulkan pada tiap tahapan juga berbeda. Inilah penjelasannya:

  • Stadium Primer

Stadium ini terjadi pada hari ke-2 sampai ke-8 setelah terjadinya infeksi herpes pada tubuh. Gejala umum yang muncul berupa ruam atau lepuhan pada kulit yang berukutan kecil dan terasa perih dan sakit.

  • Stadium Laten

Di stadium laten ini, luka ruam lepuh sudah mereda daripada distadium sebelumnya. Parahnya, pada stadium ini virus herpes sedang tumbuh dan berkembang menyebar ke saraf tulang belakang.

  • Stadium Peluruhan

Pada stadium ini, virus mulai menyebar makin pesat pada ujung saraf organ tubuh. Jika organ yg terinfeksi sarafnya adalah organ kemaluan seperti testis da vagina, maka cairan didalamnya bisa ikut terinfeksi seperti air mani dan cairan keputihan.

  • Stadium Rekurensi

Luka ruam lepuh yang ada di stadium primer, biasanya kembali muncul pada stadium akhir ini. Walaupun tidak separah sebelumnya, tetapi bisa timbul gejala lain seperti gatal, nyeri dan kesemutan pada daerah yang terinfeksi.

Pada umumnya, penyakit yang disebebkan oleh Virus Herpes Simpleks (VHS) ini bisa disebuhkan bila pasien segera ditangani oleh dokter ahli.
Waspadai virus herpes yang dapat menyebabkan komplikasi seperti Virus Herpes Simplex.

Bantuan Medis untuk Infeksi Herpes Simplex Virus

Pada umumnya, penyakit yang disebebkan oleh Virus Herpes Simplex (VHS) ini bisa disebuhkan bila pasien segera ditangani oleh dokter ahli. Namun bila tidak segera ditangani, dapat menimbulkan beberapa komplikasi.

Segera lakukan pemeriksaan jika anda mengalami gejala yang disebutkan diatas. Infeksi pada bayi dan daya tahan tubuh melemah dapatmembuat virus herpes berkembang dan menyebar lebih cepat.

Baca Juga : Pengobatan Untuk Penyakit Menular Herpes

Klinik Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kulit yang berada di Jakarta. Pasien yang datang akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli dan staf medis yang handal dalam bidangnya.

Selain itu juga biaya pengobatannya sangat terjangkau.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta