3 Fase Penyakit Herpes Kelamin, Kenali Gejalanya

3 Fase Penyakit Herpes Kelamin, Kenali Gejalanya

Penyakit herpes kelamin atau herpes genital adalah infeksi menular seksual yang di sebabkan oleh HSV tipe 2 (Herpes simplex virus).

Meski sangat menular, gejala herpes kelamin seringkali tidak menimbulkan gejala. Maka dari itu banyak orang yang mungkin tidak sadar jika dirinya bisa tertular maupun menularkan.

Baca Juga: Pengobatan Herpes Secara Medis dan Alami

3 Fase Penyakit Herpes di Kelamin

Penderita herpes genital biasanya akan mengalami 3 fase atau masa dalam infeksi virus penyakit tersebut.

Sehingga harus di waspadai kondisinya ketika Anda mungkin berisiko mengalami maupun pernah terdiagnosis herpes genital. Berikut adalah pembahasan mengenai 3 fase dalam penyakit herpes genital.

  1. Wabah pertama

Wabah pertama herpes genital akan memiliki gejala utama seperti:

  • Luka berbentuk lepuhan atau benjolan berisi air yang mudah pecah
  • Terasa menyakitkan, perih, sensitif sentuhan
  • Gatal dan sensasi terbakar
  • Biasanya muncul secara berkelompok

Seperti luka pada umumnya tanda gejala yang muncul dapat mulai membaik dan terlihat keropeng, kondisi tersebut dapat berlangsung 2-3 minggu.

Gejala bisa terjadi pada area yang tertutup, sehingga tidak jarang juga penderita tak bisa menyadari kondisinya.

  1. Fase laten

Ini adalah kondisi dimana setelah penderita terinfeksi dan wabah pertama selesai, virus yang menetap di dalam tubuh bersifat dorman atau beristirahat sementara waktu.

Virus herpes bergerak ke saraf dasar tulang belangkang untuk menetap, dan tidak aktif dalam jangka waktu tertentu.

Namun virus bisa reaktivasi ketika Anda mungkin memiliki hal-hal yang berpotensi sebagai pemicu, minimal sekali dalam setahun namun beberapa orang juga bisa lebih dari sekali.

  1. Wabah kambuhan

Penderita herpes tentu berpotensi mengalami kekambuhan, wabah ulangan terjadi ketika virus berpindah dari saraf ke permukaan kulit.

Kambuhan akan jauh lebih ringan daripada wabah pertama. Lebih sedikit luka lepuhan yang muncul serta rasa sakit yang minim.

Herpes Kelamin 2

Kunjungi Dokter Anda Di Klinik Sentosa

Klinik Sentosa menjadi Klinik Kelamin Jakarta pilihan terbaik bagi Anda dalam menuntaskan keluhan genital khususnya masalah andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Kami memiliki standarisasi pelayanan terbaik dengan biaya terjangkau, sehingga bisa di dapatkan oleh siapapun yang membutuhkan pengobatan secara medis serta kesembuhan efektif hingga tuntas.

Coba konsultasi gratis melalui chat online, whatsapp, maupun telepon langsung dengan dokter kami!

Baca Juga: Ciri Herpes Menular Adalah Herpes Genital

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta