Apa Penyebab Balanitis pada Pria

Apa Penyebab Balanitis pada Pria

Perlu Anda pahami apa penyebab balanitis pada pria yang semakin hari semakin banyak terdengar keluhan mengenai hal tersebut. Umumnya, kondisi ini menyerang pria yang belum sunat atau khitan.

Baca Juga : Bagaimana Ciri Ciri Penyakit Balanitis Akan Sembuh?

Pada beberapa kasus hal ini bisa membuat rasa tak nyaman dan kadang terasa menyakitkan. Berikut fakta-fakta seputar penyakit kelamin ini.

Penyebab Balanitis

Penyakit kelamin satu ini akan muncul bila Anda tidak menjaga kebersihan area alat kelamin dengan benar dan baik. Banyak penyebab balanitis selain area kelamin yang kotor seperti iritasi kulit kelamin akibat zat kimia dari sabun.

Pemilihan sabun untuk area sensitif ini adalah satu hal yang membutuhkan perhatian khusus apabila Anda memiliki kulit yang sensitif. Gunakan bahan ringan atau khusus untuk membersihkan area kemaluan.

Balanitis juga dapat terjadi pada penderita diabetes. Beberapa obat diabetes dapat mengakibatkan munculnya penyakit ini karena obat tersebut berguna untuk mengeluarkan gula dari tubuh melalu urin. Gula sendiri merupakan tempat berkembang biak yang bagus bagi jamur.

Selanjutnya, bakteri juga dapat menjadi penyebab hal ini terjadi. Bahkan dari beberapa penyebab lainnya berasal dari obat yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

Penanganan Medis

Untuk memastikan penyebab dan penanganan penyakit ini, dokter spesialis perlu memeriksa kondisi penis. Bahkan memeriksa sampel pada urin atau cairan pada penis.

Bila hasil menunjukan adanya infeksi jamur, maka dokter akan memberikan obat atau krim anti jamur yang dapat pasien konsumsi atau oleskan pada penis.

Seandainya, apabila infeksi bakteri menjadi penyebabnya. Maka pengobatan dengan cara obat antibiotik yang harus pasien konsumsi atau gunakan selama beberapa hari.

Pada kasus tertentu seperti eksim dan psoriasis, pasien membutuhkan terapi obat lainnya. Bila penyakit ini terjadi berulang, maka sunat atau khitan perlu pasien lakukan.

Untuk memastikan penyebab dan penanganan penyakit ini, dokter spesialis perlu memeriksa kondisi penis. Bahkan memeriksa sampel pada urin atau cairan pada penis.
Penyebab balanitis yang utama adalah dengan tidak menjaga kebersihan penis dengan baik.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin

Konsultasikan keluhan Anda kepada dokter spesialis pria atau andrologi di Klinik Utama Sentosa. Solusi terbaik untuk pasien karena penyakit ini akan ditangani dengan benar oleh dokter ahli.

Baca Juga : Konsultasikan Masalah pada Dokter Penyakit Kelamin Laki-Laki

Permasalahan bagian intim pria akan mendapat penanganan terbaik oleh tenaga medis yang ada dan dengan peralatan medis terbaru dan modern. Di samping itu, biaya yang kami tawarkan relatif murah untuk segala kalangan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta