Penyebab dari Penyakit Gonorrhea

Penyebab dari Penyakit Gonorrhea

Bakteri Neisseria Gonorrhoeae merupakan penyebab utama dari penyakit gonorrhea. Penyebarannya bisa lewat aktivitas seksual yang meliputi diantaranya hubungan intim penetratif atau pertukaran cairan tubuh.

Baca Juga : Pengobatan Gonore Di Dokter Ahli Kelamin

Penyakit ini selain dari aktivitas seksual secara langsung juga bisa menular dari aktivitas berbagi alat seksual. Bila orang tersebut terinfeksi maka bisa menulari ke orang lain meskipun tidak mengalami gejalanya.

Penyakit gonore selalu menular hampir semua jenis dari aktivitas seksual, akan lebih mudah bila menyebar jika berhubungan intim tidak menggunakan pengaman.

Bayi akan terinfeksi gonore akibat penularan dari sang ibu saat melahirkan. Sedangkan untuk orang dewasa bisa terkena mata bila terinfeksi gonore jika tangan yang berkontakan dengan area yang terinfeksi menyentuh mata.

Mengenal Gonorrhea dan Penyebab

Penyebab penyakit gonorrhea berasal dari infeksi bakteri neisseria gonorrhoeae yang dapat menginfeksi pada penis ataupun vagina. Selain itu bakteri ini bisa ditemukan pada cairan tubuh seperti sperma, cairan vagina, ataupun cairan dari dubur.

Sangat umum sekali orang tidak menyadari terkena penyakit ini karena tidak menimbulkan gejala. Umumnya yang sering mengalami penyakit ini adalah pria daripada wanita.

Bagaimana Dokter Mendiagnosis Gonore

Ada sejumlah pilihan bagi dokter untuk mendiagnosis gonore. Dokter akan merekomendasikan jenis tes yang sesuai dengan jenis aktivitas seksual pasien.

Tes biasanya dokter lakukan dengan mengambil sampel urine atau swab dari tenggorokan, dubur, atau vagina.

Dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani tes gonore jika:

  • Menampilkan gejala
  • Berhubungan intim dengan pasangan yang positif gonore berdasarkan tes
  • Hamil
  • Bersedia menjalani prosedur ginekologi, termasuk pemasangan kontrasepsi IUD dan aborsi medis

Sebagian besar tes memberikan hasil yang akurat jika melakukannya 7 hari setelah pasien melakukan kontak dengan seseorang yang memiliki infeksi gonore. Hasil tes biasanya keluar dalam waktu 10 hari.

Cara Mengatasi Gonore

Dokter mengobati gonore dengan meresepkan antibiotik. Penting bagi pasien untuk menghabiskan antibiotik yang diresepkan oleh dokter agar sembuh total.

Meski tidak merasakan gejala apapun, antibiotik tetap harus habis sesuai dengan anjuran dokter agar bakteri tidak berkembang dan menginfeksi lagi.

Penyakit ini selain dari aktivitas seksual secara langsung juga bisa menular dari aktivitas berbagi alat seksual. Bila orang tersebut terinfeksi maka bisa menulari ke orang lain meskipun tidak mengalami gejalanya.
Apa saja yang bisa menjadi penyebab gonorrhea

Pasien yang sedang menjalani pengobatan tidak boleh berhubungan seks meski dengan alat pengaman selama 7 hari sejak mulai pengobatan.

Sebab, ada kemungkinan pasien menulari pasangannya melalui hubungan seksual saat itu atau bahkan mengalami infeksi lagi. Selain antibiotik, dokter dapat memberikan obat lain sesuai dengan gejala yang Anda alami.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam

Mengalami penyakit gonorrhea, segeralah kunjungi klinik spesialis penyakit kelamin terdekat dan ketahuilah apa penyebabnya.

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin dan penyakit menular seksual dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Baca Juga : Dokter Spesialis Gonore Jakarta Terbaik Di Klinik Sentosa

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta