Pehatikan Uretritis Berbahaya Bagi Tubuh

Pehatikan Uretritis Berbahaya Bagi Tubuh

Penyakit yang tidak segera mendapat penanganan akan menyebabkan komplikasi. Oleh sebab itu, perhatikan penyakit uretris berbahaya bagi tubuh.

Uretritis dapat menjadi kondisi yang serius jika tidak diobati dengan benar. Meskipun uretritis biasanya dapat diobati dengan antibiotik.

Baca Juga : Ketahui Tentang Klinik Uretritis Terbaik

Namun jika tidak segera mendapat penanganan secara benar, kondisi ini dapat menyebar ke organ lain dalam sistem reproduksi atau kemih dan menyebabkan komplikasi serius.

Penyakit Uretritis Berbahaya

Peradangan pada uretra atau penyakit uretritis ini dapat menjadi berbahaya dan mengancam kehidupan seseorang. Inilah komplikasi gangguan kelamin satu ini yang dapat menjadi ancaman, seperti:

  • Infeksi Saluran Kemih (ISK)

ISK terjadi ketika bakteri menyebar ke kandung kemih, ureter, atau ginjal. Gejalanya dapat mencakup rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, nyeri pada panggul atau perut, dan sering buang air kecil.

  • Prostatitis

Prostatitis adalah peradangan pada kelenjar prostat pada pria. Gejalanya dapat mencakup sakit saat buang air kecil, sakit atau ketidaknyamanan pada penis atau skrotum dan sakit pada perineum (daerah antara skrotum dan anus).

  • Epididimitis

Epididimitis adalah peradangan pada epididimis, yaitu saluran yang menghubungkan testis dengan vas deferens pada pria. Gejalanya dapat mencakup pembengkakan, rasa sakit atau ketidaknyamanan pada testis, dan demam.

  • Penyakit Radang Panggul (PID)

PID adalah infeksi pada organ reproduksi wanita, seperti ovarium, tuba falopi, dan rahim. Gejalanya dapat mencakup nyeri panggul atau perut, demam, dan keluar cairan vagina yang tidak normal.

  • Infertilitas

Infeksi uretritis yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ reproduksi dan menyebabkan infertilitas.

Gejala Utama Uretritis

Tanda atau gejala dari uretritis yang umum adalah nyeri atau terbakar saat buang air kecil dan keluarnya cairan dari uretra.

Pada pria, cairan yang keluar bisa berupa nanah atau lendir. Sedangkan pada wanita, gejala dapat lebih ringan dan lebih sulit untuk didiagnosis.

Beberapa penderita juga mengalami rasa sakit atau perih saat berhubungan seksual, serta rasa sakit atau tekanan pada panggul atau perut bagian bawah.

Namun jika tidak segera mendapat penanganan secara benar, kondisi ini dapat menyebar ke organ lain dalam sistem reproduksi atau kemih dan menyebabkan komplikasi serius.
Penyakit uretritis ini bisa sangat berbahaya untuk seseorang.

Penyebab Uretritis

Musibah uretritis ini biasanya karena infeksi bakteri, seperti klamidia dan gonore. Namun, virus dan jamur juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Infeksi biasanya terjadi karena hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi, tetapi juga dapat disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi atau penyakit menular seksual lainnya.

Baca Juga : Mengenal Uretritis dari Dokter Ahli Terbaik

Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mengobati uretritis dengan tepat dan benar untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Jika Anda mengalami gejala uretritis, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit kelamin untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta