Radang Serviks Kronis: Awas Ada Peran HPV Didalamnya!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Radang serviks kronis atau servisitis merupakan kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita. Salah satu faktor yang memiliki peran signifikan dalam pengembangan radang serviks kronis adalah Human papilloma virus (HPV).

Baca Juga: Komplikasi dan Faktor Risiko yang Terjadi pada Servisitis

Kali ini. Pembahasan dalam artikel berikut akan menjelajahi peran HPV dalam pengembangan kondisi radang serviks pada wanita. Serta bagaimana langkah-langkah pencegahan yang bisa di ambil.

Pengenalan tentang HPV

HPV adalah kelompok virus yang menyebar melalui kontak langsung dengan kulit atau mukosa yang terinfeksi. Terdapat lebih dari 100 jenis HPV yang terdeteksi dan beberapa tipe dapat menyebabkan infeksi pada area genital, termasuk leher rahim.

Infeksi HPV adalah faktor risiko utama untuk perkembangan kanker leher rahim, di samping yang telah umum di ketahui bahwa ini menjadi penyebab penyakit kutil kelamin. Nyatanya, HPV juga dapat berkontribusi pada radang serviks kronis.

Transmisi HPV dan Risiko Infeksi

Umumnya HPV di tularkan melalui berbagai hubungan seksual baik vaginal, anal, atau oral. Wanita yang aktif secara seksual dan memiliki banyak pasangan seksual memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terinfeksi HPV.

Faktor-faktor lain yang menjadi risiko infeksi terjadi dapat termasuk seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah. Saat kondisi ini terjadi artinya dapat meningkatkan kemungkinan perkembangan infeksi HPV yang persisten.

Peran HPV dalam Peradangan Serviks

Mengapa HPV dapat di katakan memiliki peran dalam menyebabkan keluhan seperti radang serviks kronis? Karena invasi HPV dapat menyebabkan peradangan pada sel-sel di leher rahim, yang pada gilirannya dapat berkembang menjadi radang serviks kronis.

Infeksi HPV yang tidak di atasi oleh sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan perubahan pada sel-sel serviks, meningkatkan risiko servisitis. Lebih lanjut, HPV merupakan penyebab utama kanker leher rahim, yang berkaitan erat dengan kondisi radang serviks.

Waspada keluhan radang serviks bertambah kronis, konsultasi dan pemeriksaan dokter ahli ginekologi Klinik Utama Sentosa Jakarta untuk tahu kondisi Anda secara pasti sekarang!

Radang Serviks Kronis 2

Pencegahan HPV dan Radang Serviks Kronis

Mencegah kemungkinan infeksi HPV untuk menjadikannya berkembang pada kondisi seperti radang serviks kronis dapat di lakukan dengan beberapa langkah seperti:

1. Vaksinasi HPV

Vaksin HPV dapat di berikan kepada wanita maupun pria pada usia yang tepat untuk melindungi diri dari jenis HPV yang dapat menyebabkan kanker leher rahim dan servisitis.

2. Pemeriksaan Pap Smear

Pemeriksaan Pap smear secara teratur adalah cara penting untuk mendeteksi perubahan sel-sel leher rahim yang dapat menjadi tanda awal perkembangan kanker atau radang serviks.

3. Praktik Seks Aman

Menggunakan kondom secara konsisten dan tepat saat berhubungan seksual dapat membantu melindungi dari infeksi HPV dan mengurangi risiko radang serviks kronis.

4. Gaya Hidup Sehat

Memelihara gaya hidup sehat, termasuk pola makan seimbang dan tidak merokok, dapat mendukung sistem kekebalan tubuh guna membantu melawan infeksi, termasuk infeksi HPV.

Baca Juga: Obat Servisitis di Apotik: Begini Tips Memilihnya!

Cek dan Periksa Radang Serviks di Klinik Kelamin Jakarta

Jika Anda mencurigai keluhan terkait radang serviks kronis, segera lakukan pemeriksaan untuk tahu kondisi pastinya. Di Klinik Utama Sentosa, dokter dan staff medis ahli ginekologi kami akan memberikan landasan untuk tindakan medis hingga pencegahan yang efektif terkait keluhan bagi setiap pasiennya.

Tidak perlu khawatir, Anda akan mendapat perawatan terbaik yang tidak hanya menghilangkan gejala, melainkan juga untuk mengurangi risiko kondisi yang berdampak serius bagi kesehatan reproduksi Anda. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Sebagai wanita, melindungi diri dan kesehatan reproduksi adalah bagian dari tanggung jawab. Jangan biarkan keluhan berlangsung dalam jangka panjang dan menganggu aktivitas hingga menimbulkan komplikasi kesehatan fatal.

Segera dapatkan konsultasi medis dokter ahli ginekologi terbaik di Jakarta melalui live chat dan WA secara langsung. Jangan khawatir! Akses layanan gratis 24 jam dan bersifat privasi. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta