Sakit Kencing Gonore dan Sakit Kencing Biasa

Sakit Kencing Gonore 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Dua jenis sakit kencing yang cukup umum adalah sakit kencing gonore dan sakit kencing biasa. Sakit kencing merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering di alami oleh banyak orang.

Baca Juga: Pengaruh Gonore Penyakit Wanita dan Infertilitas

Meskipun keduanya terkait dengan saluran kencing, ada perbedaan penting antara kedua kondisi ini. Dan berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut untuk pemahaman antara kedua keluhan tersebut.

1. Sakit Kencing Gonore

Sakit kencing gonore, juga dikenal sebagai penyakit kencing nanah. Sesuai namanya seseoran yang terinfeksi bisa mengalami keluhan sakit kencing yang di sertai dengan pengeluaran nanah. Ini adalah hasil dari infeksi menular seksual (IMS) yang di sebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Bakteri gram negatif yang dapat menginfeksi saluran kencing, mulut, tenggorokan, atau rektum setelah kontak langsung kulit ke kulit. Sakit kencing dirasakan sebagai tanda utama karena saluran kencing adalah tempat masuknya bakteri tersebut ke dalam sistem organ reproduksi.

Gejala pada pria meliputi:

1. Rasa panas atau sensasi terbakar saat buang air kecil

2. Keluar cairan putih, kuning, atau hijau dari ujung kelamin

3. Pembengkakan dan kemerahan pada area glans kelamin

Gejala pada wanita meliputi:

1. Rasa panas saat buang air kecil

2. Perdarahan di luar menstruasi

3. Keluarnya cairan kuning atau kehijauan dari kelamin

2. Sakit Kencing Biasa

Sakit kencing biasa adalah kondisi di mana seseorang mengalami ketidaknyamanan saat buang air kecil. Baik di karenakan kondisi infeksi maupun tidak adanya infeksi. Keluhan tersebut dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, termasuk seperti:

1. Iritasi di saluran kencing

2. Batu ginjal

3. Gangguan pada organ-organ sekitar saluran kencing

Jika seseorang mengalami tanda-tanda sakit kencing di sertai demam, nyeri punggung, bahkan darah dalam urin. Artinya keluhan sudah mengarah pada kondisi serius dan sakit terus berlanjut. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis guna evaluasi dan identifikasi keluhannya.

Sakit Kencing Gonore 2Beda Sakit Kencing Gonore dan Sakit Kencing Biasa

Perbedaan utama antara sakit kencing gonore dan sakit kencing biasa terletak pada penyebabnya. Gonore di sebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, sedangkan sakit kencing biasa di sebabkan oleh jenis bakteri maupun kondisi lainnya.

Gejala sakit kencing biasa juga mungkin bisa terasa lebih ringan di bandingkan dengan gonore. Karena gejala penyakit gonore bisa muncul dalam 7-10 hari setelah adanya infeksi, terkadang bahkan bisa lebih singkat.

Untuk menegakkan diagnosis sakit kencing gonore, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil sampel. Sampel bisa berupa cairan atau jaringan dari saluran kencing maupun daerah yang terinfeksi untuk analisis di laboratorium.

Tes laboratorium yang umum di gunakan termasuk tes gram, tes DNA, atau tes kultur. Dengan bantuan tes ini, dokter dapat mengidentifikasi apakah infeksi di sebabkan oleh bakteri gonore. Sakit kencing gonore dan sakit kencing biasa adalah dua kondisi yang berbeda meskipun keduanya terkait dengan saluran kencing.

Penting bagi setiap individu untuk memahami perbedaan antara keduanya dan mengenali gejala serta tanda yang mungkin muncul. Jika mengalami gejala yang mencurigakan terkait sakit kencing.

Segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan pastinya. Selain itu, upayakan untuk melakukan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan diri dan berperilaku seksual aman untuk mengurangi risiko terkena infeksi.

Baca Juga: Tanda Gonore Parah: Mengatasi Resisten Pengobatan

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta