Terkuak! Sifilis Disebabkan Oleh Bakteri

Sifilis Disebabkan Oleh 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Seperti yang telah kita ketahui, penyakit sifilis disebabkan oleh bakteri spiroket bernama Treponema pallidum. Sifilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang dikenal sejak abad ke-15.

Baca Juga: Sifilis Stadium Primer, Awal Penyebaran Penyakit

Memahami bagaimana bakteri ini menyebabkan sifilis serta mekanismenya sangat penting untuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan yang efektif. Sehingga, kali ini pembahasan akan menjelaskan tentang penyebab sifilis dan mekanisme di balik perkembangannya.

Bakteri Penyebab Sifilis

Treponema pallidum adalah mikroorganisme yang sangat tipis dan panjang, dengan bentuk spiral khas yang memberikannya nama “spiroket”. Strain ini akan terlihat serupa seperti bentuk cacing spiral yang panjang.

Sayangnya, bakteri ini sangat sensitif terhadap udara dan cahaya. Maka dari itu, bakteri ini hanya dapat bertahan hidup ketika di dalam tubuh manusia atau di lingkungan yang sangat terlindungi.

Cara Penularan Sifilis

Sebagai penyakit menular seksual (PMS), transmisi utamanya melalui kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Beberapa rute penularan sifilis meliputi:

1. Hubungan Seksual

Paling sering, penyakit ini di tularkan melalui hubungan seksual vaginal, anal, atau oral.

2. Penularan dari Ibu ke Janin

Seorang ibu yang terinfeksi dapat menularkannya kepada janinnya selama kehamilan, menyebabkan sifilis kongenital pada bayi yang baru lahir.

3. Kontak dengan Luka Terbuka

Strain bakteri penyakit ini dapat di tularkan melalui kontak langsung dengan luka terbuka dari orang yang mungkin terinfeksi.

Waspada, jika Anda atau orang yang Anda kenal mungkin mendapat diagnosa penyakit sifilis. Pastikan untuk bisa melakukan pemeriksaan dan pengobatan sedini mungkin dengan dokter berkompeten di Klinik Utama Sentosa guna penanganan medis tepatnya.

Sifilis Disebabkan Oleh 2Mekanisme Bakteri Sesuai Tahapan

Sifilis memiliki beberapa tahap perkembangan, masing-masing memiliki karakteristik klinis dan mekanisme yang berbeda di setiap tahapannya. Oleh karena itu, kondisinya dapat berupa seperti:

1. Tahap Primer

saat Treponema pallidum telah masuk ke dalam tubuh melalui luka atau selaput lendir, mereka mulai berkembang biak. Mereka membentuk chancre, yaitu luka khas yang terbentuk di tempat masuknya bakteri. Ingat, luka ini kaya akan bakteri yang berbahaya dan menular.

2. Tahap Sekunder

Jika tahap primer tidak di obati, maka akan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Tahap ini menghasilkan gejala seperti ruam kulit, demam, dan kerontokan rambut.

3. Tahap Laten

Setelah tahapan sebelumnya berlalu, penyakit ini dapat memasuki fase laten di mana bakteri tetap ada dalam tubuh tanpa menunjukkan gejala yang jelas. Masa laten dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

4. Tahap Tersier

Akhirnya, pada tahap ini infeksi dapat merusak organ dalam seperti jantung, otak, mata, dan sistem vital tubuh lainnya. Jika kondisi ini terjadi, gejala klinis yang parah dapat muncul bahkan bertahun-tahun setelah infeksi awal.

Baca Juga: Mekanisme Penetrasi Bakteri Penyebab Sifilis

Penanganan Sifilis Klinik Utama Sentosa

Pada dasarnya, mekanisme utama di balik infeksinya adalah respons kekebalan tubuh terhadap bakteri tersebut. Meski sistem kekebalan tubuh berusaha untuk melawan dan membersihkan bakteri penyebab infeksinya.

Kenyataannya, kondisi ini memiliki kemampuan untuk menghindari deteksi oleh sistem kekebalan tubuh dan bisa menetap dalam tubuh untuk waktu yang lama. Dengan memahami mekanisme penyebabnya, di harapkan dapat membantu upaya pencegahan dan pengobatan yang lebih baik bagi penderitanya.

Pengobatan Sifilis Klinik Utama Sentosa

Penyakit menular seksual serius ini memang di sebabkan oleh strain bakteri gram negatif. Penting untuk mencari pengobatan jika Anda memiliki gejala atau berisiko tertular sifilis guna mengendalikan penyebaran penyakit ini.
⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Konsultasikan dengan profesional medis di Klinik Utama Sentosa akan memberikan penanganan klinis yang lebih spesifik. Selain itu, pengobatan sifilis kami juga bisa lebih efektif karena:

1. Sesuai kondisi pasien.

2. Tingkat keparahan atau komplikasi.

3. Tahapan yang dialami.

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, maka hasil pengobatan dan perawatan medis yang di berikan oleh dokter dan staff medis kami jauh lebih tepat. Semakin cepat penyakit sifilis terdeteksi artinya semakin minim komplikasi kesehatan yang di sebabkannya. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran terkait dengan sifilis, segera konsultasi melalui chat online atau WA dokter berkompeten kami. Layanan tersedia 24 jam dan gratis!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta