Tips Ampuh Mengatasi Infeksi Saluran Kemih pada Pria dan Wanita, Cek Sekarang!

mengatasi infeksi saluran kemih 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyakit urologi yang seringkali terjadi dan dapat memengaruhi pria maupun wanita.

Infeksi saluran kemih dapat di sebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk ke saluran kemih dan menyebabkan gejala yang sangat mengganggu dan menyakitkan.

Oleh karena itu, pada kali ini artikel akan membahas mengenai apa saja cara ampuh yang dapat di lakukan untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Simak terus artikel ini.

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih?

Sebelum mengetahui apa saja cara ampuh untuk mengatasi infeksi saluran kemih, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu infeksi saluran kemih, penyebab, serta gejalanya.

Ya, seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyakit urologi yang dapat terjadi ketika bakteri menginfeksi saluran kemih.

Bakteri Escherichia coli (E. coli) adalah bakteri paling umum yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, yang biasanya di temukan di dalam usus.

Bakteri ini tidak berbahaya jika berada di dalam usus, tetapi jika bakteri ini masuk ke saluran kemih, bakteri dapat menyebabkan infeksi.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat menimbulkan gejala yang menyakitkan dan sangat membuat tidak nyaman.

Berikut ini beberapa gejala infeksi saluran kemih yang dapat di rasakan oleh pria dan wanita, seperti:

1. Nyeri saat buang air kecil

2. Frekuensi buang air kecil meningkat tetapi urin yang keluar sedikit

3. Warna urin keruh di sertai darah dan berbau menyengat

4. Nyeri di perut atau punggung bagian bawah

5. Demam, menggigil, dan lelah

Tips Ampuh Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Untuk mengatasi infeksi saluran kemih, Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Mengatasi infeksi saluran kemih, biasanya di lakukan dengan mengonsumsi antibiotik yang di berikan oleh dokter.

Antibiotik dapat bermanfaat untuk membunuh bakteri, tetapi penting untuk selalu mengikuti petunjuk dokter dan menghabiskan seluruh pengobatan yang di berikan.

Agar pengobatan yang di berikan efektif, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan beberapa hal yang dapat membantu penyembuhan infeksi, seperti:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan memenuhi asupan cairan di dalam tubuh dengan minum cukup air, Anda dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Air putih bisa mengencerkan urin sehinga dapat mempercepat aliran urin melalui sistem saluran kemih.

Hal ini dapat membuat bakteri menjadi lebih sulit untuk mencapai organ kemih dan menginfeksi organ kemih.

2. Hindari Menahan Buang Air Kecil

Menahan buang air kecil dapat membuat lingkungan yang mendukung pertumbuhan bakteri, sebaiknya buang air kecil secara teratur dan hindari menahan terlalu lama.

3. Konsumsi Probiotik

Mengonsumsi probiotik seperti yogurt dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh, yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat.

4. Jaga Kebersihan Genital

Membersihkan area genital dengan baik dapat mencegah bakteri masuk ke saluran kemih. Bersihkan area genital dari depan ke belakang, agar bakteri tidak masuk ke saluran kemih.

5. Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman

Selama pengobatan, penderita infeksi saluran kemih di sarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu infeksi semakin parah.

Baca Juga: Penyebab ISK Wanita dan Bagaimana Bakterinya Masuk?

mengatasi infeksi saluran kemih 2

Konsultasi Dokter Spesialis Urologi

Jika Anda mengalami gejala infeksi saluran kemih (ISK), segera konsultasikan dengan dokter urologi untuk mendapatkan dioagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai.

Anda bisa berkunjung ke Klinik Utama Sentosa, di sana Anda akan di periksa dan di tangani langsung dengan dokter urologi yang berpengalaman dan kompeten.

Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendukung diagnosis dengan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan modern.

Layanan konsultasi online Klinik Utama Sentosa telah hadir untuk memudahkan Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit yang Anda alami.

Anda dapat klik link live chat atau whatsapp dokter secara langsung untuk informasi tentang infeksi saluran kemih yang Anda butuhkan!⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Ingatlah setiap kondisi kesehatan yang mencurigakan harus di periksa oleh ahli kesehatan untuk mendapat perawatan yang tepat.

Jangan khawatir karena layanan ini tersedia gratis dan privasi Anda akan aman. Silahkan klik sekarang!⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta