Pengertian, Penyebab, dan Pencegahan Trikomoniasis

Apa Pengertian dari Trikomoniasis?

Trikomoniasis adalah salah satu penyakit menular seksual yang diakibatkan dari parasit yang menyebar melalui hubungan seksual dan dari proses persalinan.

Meski jarang berakibat fatal, trikomoniasis dapat memicu komplikasi yang berbahaya. Salah satunya adalah daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang HIV.

Baca Juga : Pemicu Trikomoniasis yang Timbul pada Pria

Pengertian Trikomoniasis

Trikomoniasis Vagina (TV) adalah jenis parasit penyebab penyakit Trikomoniasis. Jenis penyakit menular seksual (PMS) ini dapat menimbulkan berbagai gejala. Berikut ini ialah gejala yang sering muncul:

  • Adanya rasa gatal dan perih diarea alat kelamin
  • Keluarnya cairan berbau busuk atau tak sedap dari vagina atau penis
  • Sakit pada bagian bawah perut atau sekitar panggul
  • Merasakan nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seksual
  • Ada benjolan disekitar alat kelamin atau pun diselangkangan

Namun ada beberapa pasien yang tidak mendapati adanya gejala. Disarankan untuk anda yang sudah aktif melakukan hubungan intim untuk secara rutin memeriksakan diri juga alat kelamin ke dokter ahli yang terpercaya.

Penyebab Trikomoniasis

Parasit TV berukuran kecil biasanya menyebar dan ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Dengan sering berganti pasangan dan memiliki pasangan yang telah terjangkit parasit ini juga faktor lain dari tertularnya penyakit ini.

Namun penyakit ini tidak berpindah atau menyebar kepada pasangan yang melakukan hubungan intim secara oral dan anal. Ciuman dan berbagi peralatan makan pun tidak bisa menyebarkan parasit ini kepada orang lain.

Pencegahan Trikomoniasis

Sebelum mengobati, harus juga dengan antipasi penyebaran penyakit ini dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Melakukan hubungan seksual yang aman seperti memakai alat pengaman dan setia pada satu pasangan
  • Menjaga kebersihan alat kelamin
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan alat kelamin secara teratur
Bagi penderita Trikomoniasis disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter profesional seperti di Klinik Sentosa Jakarta.
Trikomoniasis adalah salah satu penyakit menular seksual yang berbahaya.

Pengobatan Trikomoniasis

Jika anda mendapati diri anda bergejala penyakit ini seperti yang ditulis diatas, disarankan anda segera menghubungi atau berkonsultasi dengan dokter ahli.

Agar memastikan seberapa parah parasit ini telah menyerang diri anda, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik atau bahkan anda menjalani tes-tes labotarium lainnya.

Setelah diketahui hasil diagnosis yang pasti tentang ke absahan penyakit ini. Dokter kan menyarankan anda melakukan terapi obat.

Guna mencegah anda mengalami infeksi yang berulang, dokter akan meminta anda untuk memeriksakan pasangan anda juga.

Baca Juga : Jangan sampai Kambuh, Inilah Pengobatan untuk Trikomoniasis

Selain mengkonsumsi obat. Anda akan dilarang minum minuman berakohol dan juga melakukan hubungan intim selama menjalani proses pengobatan bersama pasangan. 

Biasanya waktu untuk proses kesembuhan hanya berlangsung 3 sampi 7 hari. Namun beberapa pasien yang berdaya tahan tubuh lemah bisa menjalani pengobatan lebih dari itu.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter professional seperti di Klinik Sentosa Jakarta. Untuk mempermudah komunikasi dan jarak yg ditempuh pasien, klinik spesialis penyakit kelamin ini menyediakan layanan konsultasi online di website.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta