Waspadai dan Kenali Tanda Keputihan Terus Menerus

Kenali Tanda Keputihan Terus Menerus

Sebagian wanita mungkin merasa khawatir jika mengalami keputihan yang terus-menerus sehingga beranggapan bahwa bisa menginfeksi di wilayah sekitar vagina. Bahkan akibat yang terlalu ekstrim menimbulkan kemandulan dan kanker rahim (serviks).

Namun begitu, tidak semua anggapan yang memicu kekhawatiran mengenai keputihan tersebut adalah benar karena secara medis keputihan merupakan proses alami yang dialami oleh setiap wanita.

Keputihan merupakan cairan kental atau lendir yang secara alami terjadi pada wanita. Proses ini adalah normal karena mampu membuang kotoran di sekitar area vagina agar tetap bersih, lembab, dan terhindar dari infeksi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Yang Gatal

Umumnya, keputihan akan terjadi pada wanita berusia muda dan wanita yang sedang hamil. Namun, untuk jumlah, warna, dan teksturnya berbeda.

Secara normal, keputihan terjadi sekitar 6 bulan sebelum masa menstruasi pertama kali. Sementara untuk ibu hamil akan sering mengalami keputihan karena adanya perubahan pada hormon.

Jika keputihan terus berlanjut dan terjadi terus-menerus apakah termasuk normal?

Keputihan Tidak Normal

Dalam dunia medis, terdapat dua jenis keputihan, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal (abnormal).

Mengenai keputihan yang terjadi secara sering maka masuk ke dalam jenis keputihan abnormal. Biasanya, pada kasus ini jumlah serta warna keputihan sangat banyak dan lebih pekat dengan bau yang tidak sedap.

Secara garis besar, ada dua penyebab mengapa terjadi keputihan terus-menerus, yaitu: infeksi menular dan infeksi tidak menular.

Infeksi keputihan yang tidak menular terjadi akibat bakteri, virus, maupun parasit. Sementara untuk infeksi menular berasal dari penyakit menular seksual, gonore, klamidia, yang dimana si penderita melakukan hubungan seksual dengan salah satu penderita penyakit tersebut.

Di samping itu, faktor yang menjadi penyebab keputihan bisa juga terjadi karena beberapa hal ini:

  • Mengalami iritasi di sekitar vagina
  • Berhubungan intim dengan penderita penyakit menular seksual
  • Mengkonsumsi obat-obatan atau pil KB yang terlalu berlebihan
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes
  • Daya tahan tubuh yang kurang
  • Menipisnya dinding vagina
  • Terlalu sering membersihkan area vagina dengan sabun yang mengadung parfum atau zat berbahaya
Keputihan terus menerus merupakan pertanda keputihan tidak normal.
Kenali Tanda Keputihan Terus-Menerus – Credit Image: sentosaklinik.com

Diagnosa Keputihan Terus-Menerus

Jika merasa pertanda keputihan sudah sangat parah maka sebaiknya konsultasikan secara langsung ke dokter kelamin maupun layanan kesehatan dari klinik kelamin untuk segera mendapatkan penanganan.

Dalam proses pemeriksaan dokter, untuk jenis keputihan abnormal bisa secara langsung terdeteksi pada awal pengobatan. Namun, sebelum itu dokter akan memeriksa riwayat penyakit sebelumnya, gejala yang timbul pertama kali, serta siklus menstruasi si penderita.

Selain pengobatan oleh dokter, Anda pun bisa melakukan secara mandiri untuk langkah awal agar keputihan bisa kembali normal dan tidak secara terus menerus, misalnya dengan mengkonsumsi antibiotik, melakukan perawatan area vagina dengan sabun dan air hangat, serta menjaga kebersihan di sekitar vagina.

Baca Juga: Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Keputihan?

Konsultasi Online dan Gratis

Beberapa kasus untuk keputihan terus-menerus bisa menjadi pertanda bahwa keputihan tersebut tidak normal dan bisa menyebabkan komplikasi, seperti halnya kemandulan bahkan kanker rahim (serviks). Namun demikian, Anda tak perlu khawatir karena keputihan tersebut bisa teratasi jika melakukan pemeriksaan serta pengobatan dengan tepat.

Langkah awal bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis maupun layanan kesehatan seperti di Klinik Sentosa. Klinik spesialis kelamin yang berlokasi di Jakarta Utara ini memberikan layanan konsultasi online dan gratis untuk berbagai penyakit kelamin.

Oleh sebab itu, permasalahan keputihan bisa dikonsultasikan di Klinik Sentosa dengan arahan dari tim konsultan medis profesional dan berpengalaman.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta