2 Penyakit Testis Bengkak, Orkitis vs Epididimitis

Penyakit Testis Bengkak 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Penyakit testis bengkak adalah masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi pria dari segala usia. Dua kondisi umum yang seringkali menjadi penyebab pembengkakan testis adalah orkitis dan epididimitis.

Baca Juga: Beragam Jenis Peradangan pada Testis

Meskipun kedua kondisi ini dapat menimbulkan gejala serupa, mereka memiliki perbedaan yang penting dalam penyebab, diagnosis, dan pengobatan. Kali ini artikel akan menjelajahi perbedaan antara orkitis dan epididimitis serta bagaimana cara mencegahnya?

2 Penyakit Testis Bengkak Pria

Sejauh ini, ada 2 jenis penyakit yang akan terkait dengan kondisi testis bengkak pada pria. Hal ini termasuk dengan adanya penyakit andrologi seperti:

1. Apa itu Orkitis?

Orkitis adalah peradangan pada testis, organ yang berperan dalam produksi sperma. Peradangan ini biasanya di sebabkan oleh infeksi bakteri, meskipun virus juga dapat menjadi penyebabnya. Gejala utama orkitis meliputi nyeri dan pembengkakan pada satu atau kedua testis, demam, mual, muntah, dan nyeri pinggang bawah. Penyakit orkitis mempengaruhi pria dari segala usia, termasuk anak-anak.

2. Apa itu Epidididimitis?

Epididimitis adalah peradangan pada epididimis, yaitu tabung yang terletak di belakang testis dan berperan dalam menyimpan dan mengalirkan sperma. Infeksi bakteri juga menjadi penyebab utama epididimitis.

Gejala epididimitis mirip dengan orkitis, dengan nyeri dan pembengkakan pada satu atau kedua sisi skrotum, demam, serta mual atau muntah. Mseski hampir sama, penanganannya tentu akan berbeda dengan kondisi orkitis.

Perbedaan 2 Penyakit Testis Bengkak

Perbandingan antara 2 penyakit dengan gejala testis bengkak seperti orkitis dan epididimitis terletak pada beberapa bagian, yaitu:

Penyebab Utama

1. Orkitis: Biasanya di sebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dapat menyebar dari infeksi lain di tubuh.

2. Epididimitis: Juga di sebabkan oleh infeksi bakteri, seringkali terkait dengan infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual seperti klamidia atau gonore.

Gejala

1. Keduanya dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan testis.

2. Orkitis cenderung menyebabkan gejala sistemik seperti demam dan mual lebih sering daripada epididimitis.

Diagnosis

1. Diagnosis keduanya melibatkan pemeriksaan fisik, anamnesis medis, dan mungkin tes laboratorium seperti tes urin atau tes darah.

2. Orkitis dan epididimitis dapat dibedakan dengan ultrasonografi atau pemindaian dengan sinar-X.

Pengobatan

1. Orkitis dan epididimitis biasanya di obati dengan antibiotik untuk mengatasi infeksi.

2. Pada kasus orkitis dan epididimitis yang parah, perawatan di rumah sakit mungkin di perlukan.

Penyakit Testis Bengkak 2Pencegahan Penyakit Testis Bengkak

Praktik seks yang aman adalah kunci dalam mencegah kedua kondisi ini. Tindakan bisa termasuk penggunaan kondom saat berhubungan seksual, dan menghindari pasangan yang memiliki infeksi menular seksual.

Selanjutnya, menjaga kebersihan diri terutama area genital juga dapat membantu mencegah kemungkinan infeksi yang tidak di inginkan. Dapat di simpulkan bahwa, penyakit seperti orkitis dan epididimitis adalah dua kondisi yang dapat menyebabkan pembengkakan testis.

Sayangnya, mereka memiliki penyebab yang berbeda dan memerlukan pendekatan perawatan yang harus di sesuaikan dengan tepat. Penting untuk menghubungi profesional medis jika Anda mengalami gejala mencurigakan terkait gejala testis bengkak.

Baca Juga: Macam-macam Infeksi pada Testis

Klinik Utama Sentosa dengan Konsultasi Gratis

Selain itu, jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala penyakit testis bengkak atau seputar kesehatan reproduksi. Jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter berpengalaman kami di Klinik Utama Sentosa. Karena kesehatan organ genital khususnya area testis adalah bagian penting dari sistem reproduksi pria. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan tersedia untuk memberikan keuntungan dan manfaat bagi pasien dalam berbagai aspek, di antranya:

1. Jangkauan konsultasi yang lebih luas.

2. Dapat di akses dengan mudah.

3. Layanan chat dokter tanpa biaya.

4. Privasi pasien yang lebih terjaga.

5. Pertimbangan efektifitas yang lebih memudahkan.

Pastikan konsultasi dan pengobatan Anda di lakukan dengan dokter yang berkompeten dari pusat layanan kesehatan khusus kelamin. Akses konsultasi dokter online berpengalaman Klinik Utama Sentosa tersedia 24 jam. Coba konsultasi atau tanyakan secara langsung gratis. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta