3 Cara Untuk Mengatasi Penyakit Kutil Kelamin

3 Cara Untuk Mengatasi Penyakit Kutil Kelamin

Walapun penyakit kutil kelamin itu dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi kutil kelamin menyebabkan rasa gatal, sakit, dan tidak nyaman maka dari itu kita perlu mengatasi kutil kelamin.

Mengatasi penyakit kutil kelamin tidak boleh sembarangan loh ternyata. Perlu pengawasan dokter spesialis kulit kelamin. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga : Kutil Kelamin : Apakah Bisa Dialami Oleh Pria

Apa itu kutil kelamin?

Kutil kelamin atau Genital Warts adalah salah satu jenis infeksi menular seksual yang paling umum. Hampir semua orang yang aktif secara seksual akan terinfeksi setidaknya satu jenis Human Papillomavirus (HPV), virus yang menyebabkan kutil kelamin, di beberapa titik selama hidup mereka.

Wanita cenderung lebih mungkin terkena kutil kelamin daripada pria. Kutil kelamin mempengaruhi jaringan lembab di area genital. Kutil kelamin mungkin terlihat seperti benjolan kecil berwarna daging atau memiliki penampilan seperti kembang kol.

Dalam banyak kasus, kutil terlalu kecil untuk terlihat.

Penyebab dan Gejala Kutil Kelamin

Penyebab kutil kelamin adalah human papillomavirus (HPV). Virus ini dapat menyebar melalui hubungan seksual, termasuk seks anal (melalui anus) atau oral (melalui mulut).

Seseorang akan lebih berisiko bila terkena kutil kelamin jika melakukan hubungan seks yang tidak aman, seperti berganti pasangan atau tidak menggunakan kondom.

Kutil kelamin berukuran kecil dan tidak mudah terlihat dengan mata telanjang. Kutil biasanya muncul berkelompok dan dapat menyebar ke area lain. Meski umumnya tidak menyakitkan, kutil kelamin bisa disertai dengan rasa gatal, panas, serta nyeri dan berdarah saat berhubungan seksual.

3 Cara Tepat Menatasi Kutil Kelamin
3 Cara Mengatasi Kutil Kelamin

Cara Mengatasi Penyakit Kutil Kelamin

Umumnya, kutil kelamin tidak menimbulkan gejala apapun, namun bisa terasa nyeri, gatal, dan tidak sedap dipandang. Untungnya, ada sejumlah perawatan yang dapat membantu. Beberapa cara perawatan atau pengobatan antara lain:

1. Krim, Gel, dan Salep

Krim, Gel, dan Salep merupakan hal yang mendasar dalam mengatasi kutil kelamin. Akan tetapi , harus dengan resep anjuran dokter spesialis kulit kelamin. Macam macam salepnya tergantung pada kutil kelamin yang kalian alami.

2. Cryotherapy

Dokter juga dapat membekukan kutil menggunakan nitrogen cair dan aplikator berujung kapas atau alat khusus yang disebut cryoprobe, dan mengoleskannya selama 10-20 detik.

Jika Anda memiliki banyak kutil, atau jika kutilnya besar, dokter spesialis kulit kelamin Anda mungkin membuat area tersebut mati rasa, pertama dengan anestesi lokal.

3. Operasi

Prosedur ini dapat menghilangkan semua kutil dalam satu kunjungan. Setelah bius lokal, dokter dapat menghilangkan kutil Anda menggunakan metode yang berbeda. Ini termasuk:

  • Potong dengan gunting.
  • Cukur dengan pisau tajam (ini disebut eksisi cukur).
  • Menggunakan laser untuk menghilangkan (kuretase laser).
  • Membakarnya dengan menggunakan elektrokauter, sebuah proses yang menggunakan probe listrik bertegangan rendah.

Cara Mencegah Kutil Kelamin

Karena menular, Anda perlu melakukan hal-hal berikut untuk mencegah kutil kelamin menjangkiti tubuh Anda. Apa pun?

  • Cara terbaik untuk mencegah berkembangnya kutil kelamin adalah dengan tidak berhubungan seks dengan penderitanya.
  • Dapatkan vaksin HPV. Vaksin ini direkomendasikan untuk semua orang dari usia 9 hingga 45 tahun. Vaksin ini melindungi terhadap jenis HPV yang menyebabkan sebagian besar kasus kutil kelamin dan kanker serviks.
  • Gunakan pelindung saat berhubungan badan. Pengaman ini adalah cara terbaik untuk mencegah kutil kelamin jika Anda ingin berhubungan seks. Pasalnya, HPV bisa menginfeksi area intim yang tidak terlindungi oleh alat pengaman tersebut. Namun, KB atau suntik implan tidak dapat mencegah penularan.
  • Lakukan tes kesehatan. Pastikan Anda dan pasangan sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan ini. Bicaralah dengan pasangan Anda terlebih dahulu untuk menghindari miskomunikasi.
  • Jangan berganti pasangan, karena penularan dan penyebaran virus akan sangat mudah terjadi jika sering berganti pasangan, apalagi jika berhubungan intim.

Baca Juga : Penyebab Kutil Kelamin

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta mengenai 3 Cara Untuk Mengatasi Penyakit Kutil Kelamin yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahaya penyakit menular seksual ini.

Di Klinik Sentosa, salah satu klinik kelamin terbaik di Jakarta memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional. Dan Klinik Sentosa sangat mengutamakan pelayanan yang ramah dan baik terhadap pasien.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta