Kutil Kelamin : Apakah Bisa Dialami Oleh Pria

Kutil Kelamin Apakah Bisa Dialami Oleh Pria?

Tahukah kamu, bahwa kutil kelamin bukan hanya bisa di alami oleh wanita loh, tetapi pria juga bisa mengalami kutil kelamin. Jika kalian mengalami, maka segera periksakan pada dokter spesialis kelamin.

Baca Juga : Penyebab Kutil Kelamin

Definisi

Kutil kelamin adalah penyakit kelamin yang menyebabkan munculnya benjolan kecil dan lunak di area genital. Penyebab utama kutil kelamin ialah infeksi Human Papillomavirus (HPV).

Ada lebih dari 200 jenis virus HPV yang dapat menginfeksi tubuh manusia. Umumnya, virus HPV dapat menyebabkan semua jenis kutil di tangan, jari, bahkan wajah.

Beberapa di antaranya akan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius, seperti kanker serviks. Namun, virus HPV penyebab kutil kelamin berbeda dengan yang di temukan pada kanker serviks.

Kutil kelamin umumnya menyerang tanpa pandang bulu, baik wanita maupun pria bisa terkena. Namun, wanita biasanya lebih rentan terhadap HPV genital.

Pertumbuhan kutil ini sangat lembut karena pada awalnya tidak bisa terdeteksi oleh mata telanjang. Seiring waktu, kutil akan muncul dengan sendirinya. Tumbuhnya kutil pada alat kelamin bisa menyebabkan nyeri perih, cenderung tidak nyaman, dan gatal.

Penyebabnya

Seperti di bahas di atas, penyakit tersebut di sebabkan oleh virus HPV. Menurut laman Planned Parenthood, dari 200 jenis virus HPV, 40 di antaranya adalah bisa menginfeksi alat kelamin.

Sebagai daerah yang lembap dan mudah basah, alat kelamin merupakan tempat paling aman dan nyaman bagi pertumbuhan virus. Apalagi jika seseorang memiliki banyak kelenjar keringat dan banyak di bagian vital, virus lebih mudah berkembang.

Infeksi virus HPV adalah kondisi yang sangat umum. Padahal, sebagian besar orang yang pernah berhubungan seks sebelumnya pernah terkena virus ini.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat atau CDC, memperkirakan 340-360 ribu pria dan wanita terpapar HPV penyebab kutil kelamin setiap tahunnya.

Namun, tidak semua orang yang terpapar virus HPV akan mengalami kutil kelamin. Dalam kebanyakan kasus, jika sistem kekebalan Anda baik, itu akan membunuh virus HPV genital.

Akibatnya, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda “hampir” terkena kutil kelamin. Untuk itu, penyebab penularan kutil kelamin bisa karena beberapa faktor, seperti:

Baca Juga : Bahaya Penyakit Kutil Kelamin

Seks yang tidak aman

Kutil kelamin menyebar melalui kontak fisik saat berhubungan seksual, terutama yang tidak di lindungi dengan kondom. Ini biasanya melibatkan aktivitas seksual seperti:

Penetrasi seks

Penyebab utama penularan kutil kelamin adalah penetrasi seksual, yaitu saat penis masuk ke dalam vagina. Penularan juga akan lebih mudah jika penetrasi dilakukan tanpa kondom.

Plus, jika Anda aktif berhubungan seks dengan lebih dari satu orang atau memiliki banyak pasangan tanpa menggunakan kondom, risiko terkena kutil kelamin jauh lebih tinggi. Pasalnya, Anda belum mengetahui betul bagaimana riwayat kesehatan pasangan seks Anda.

Seks anal

Penularan kutil kelamin juga tidak hanya dilakukan dengan penetrasi penis ke dalam vagina, tetapi juga melalui seks anal. Jadi, ketika Anda melakukan seks anal, risiko terkena kutil kelamin meningkat.

Mainan seks (mainan seks)

Penggunaan alat bantu seks seperti mainan seks juga meningkatkan risiko tertular kutil kelamin. Risiko Anda mungkin lebih besar jika mainan seks digunakan oleh lebih dari satu orang atau jika tidak di jaga kebersihannya.

Seks oral

Oral seks juga menjadi salah satu penyebab penyebaran kutil, namun kasus ini lebih jarang terjadi. Penting juga untuk mengingat bahwa kutil kelamin tidak selalu di tularkan melalui cairan kelamin.

Kutil kelamin juga dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak kulit, terutama jika seseorang secara tidak sengaja atau tidak sengaja menyentuh kutil.

Kutil kelamin tidak di tularkan melalui ciuman, pelukan atau berbagi handuk, pakaian dan barang-barang sehari-hari. Namun, penggunaan kondom dapat membantu melindungi penis atau vagina dari penularan kutil kelamin.

Penyebab kutil kelamin lainnya

Ada faktor lain yang berperan dalam proses penyebaran kutil kelamin.

Selain itu, berikut ini adalah kondisi fisik yang berpotensi menyebabkan kutil kelamin muncul:

  • Penderita diabetes atau kencing manis yang rentan terhadap infeksi pada organ vital.
  • Pernah menderita penyakit menular seksual lain sebelumnya.
  • Stres yang menyebabkan keringat keluar terus menerus.
  • Daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terkena virus, misalnya mengonsumsi obat-obatan tertentu, baru saja menerima donor organ, atau menderita HIV.

Komplikasi akibat munculnya kutil pada alat kelamin

Kutil ringan sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika kutil kelamin menyebabkan gejala yang tidak nyaman dan tidak segera di obati, mereka berisiko menyebabkan kerusakan.

Beberapa risiko komplikasi dari munculnya kutil kelamin, yaitu:

Kanker

Kanker serviks yang telah di kaitkan erat dengan infeksi HPV genital, termasuk yang menyebabkan kutil kelamin. Beberapa jenis kanker seperti kanker vulva, kanker dubur, kanker penis, kanker mulut, dan kanker tenggorokan juga merupakan komplikasi dari kutil kelamin.

Gangguan selama kehamilan

Kutil kelamin juga bisa menjadi penyebab masalah selama kehamilan. Saat kutil membesar, ibu hamil akan kesulitan buang air kecil.

Kutil pada dinding vagina dapat mengurangi kemampuan jaringan vagina untuk meregang selama persalinan normal. Kutil besar di vulva atau di vagina bisa menyebabkan pendarahan saat persalinan.

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai IKutil Kelamin Apakah Bisa Dialami Oleh Pria? yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahanya penyakit menular seksual ini.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

| | |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta