4 Cara yang Bisa Terkena Penularan Epididimitis

4 Cara yang Bisa Terkena Penularan Epididimitis

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Penularan epididimitis sebenernya berasal dari infeksi menular seksual yaitu penyakit gonore dan klamidia, namun bisa dari faktor lain juga.

Baca Juga : Menjaga Saluran Kelamin dari Epididimitis

Epididimitis yaitu kondisi di mana epididimis alami peradangan (inflamasi). Ada beberapa upaya untuk mencegah peradangan ini agar terhindar dari penyakit organ reproduksi pria yang satu ini.

Epididimis merupakan bagian saluran yang letaknya di belakang testis. Bagian ini merupakan tempat menyimpan sperma yang telah di produksi dari testis.

4 Hal yang Jadi Penularan Epididimitis

Epididimitis adalah peradangan pada epididimis, yaitu tabung panjang yang terletak di belakang dan di atas testis, yang berperan dalam penyimpanan dan pengangkutan sperma.

Epididimitis biasanya di sebabkan oleh infeksi bakteri, meskipun dalam beberapa kasus dapat terpicu oleh infeksi virus atau faktor non-infeksi lainnya. Penularan epididimitis dapat terjadi melalui beberapa cara, termasuk:

1. Infeksi menular seksual

Penyebab paling umum epididimitis adalah infeksi menular seksual, terutama infeksi klamidia dan gonore. Infeksi ini menular melalui hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi.

Bakteri tersebut dapat naik melalui uretra (saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan lubang kemih) dan mencapai epididimis, menyebabkan peradangan.

2. Infeksi saluran kemih

Bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, seperti infeksi kandung kemih (sistitis) atau infeksi prostat (prostatitis), juga dapat menyebar ke epididimis dan menyebabkan epididimitis.

3. Penyebaran infeksi dari infeksi lain

Infeksi bakteri pada area lain di tubuh, seperti infeksi saluran napas, infeksi saluran pencernaan, atau infeksi saluran kemih atas. Karena hal inidapat menyebar melalui aliran darah atau sistem limfatik dan mencapai epididimis.

4. Trauma atau manipulasi invasif

Cedera pada skrotum atau manipulasi medis yang invasif. Seperti kateterisasi atau biopsi testis, dapat memfasilitasi masuknya bakteri ke epididimis dan menyebabkan peradangan.

Pencegahan Epididimitis (Radang Epididmis)

Beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena epididimitis meliputi:

1. Praktik seks yang aman

Gunakan kondom saat berhubungan seks untuk mengurangi risiko infeksi menular seksual seperti klamidia atau gonore, yang merupakan penyebab utama epididimitis.

Hindari juga hubungan seksual dengan pasangan yang memiliki infeksi menular seksual yang aktif.

2. Patuhi kebersihan pribadi

Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan setelah menggunakan toilet atau melakukan kegiatan yang melibatkan kontak dengan area genital.

Kebersihan yang baik dapat membantu mencegah penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan epididimitis.

3. Hindari cedera pada skrotum

Upayakan untuk melindungi skrotum dari cedera atau trauma fisik. Gunakan pelindung selama bermain olahraga yang melibatkan risiko cedera pada area genital.

4. Hindari manipulasi invasif yang tidak perlu

Hindari manipulasi medis invasif pada area genital atau skrotum jika tidak perlu. Jika perlu melakukan prosedur medis, pastikan dilakukan dengan kebersihan yang baik untuk mencegah infeksi.

5. Jaga kekebalan tubuh yang sehat

Mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat membantu melawan infeksi bakteri yang dapat menyebabkan epididimitis.

Makan makanan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga teratur, dan mengelola stres dapat membantu menjaga kekebalan tubuh tetap kuat.

6. Patuhi praktik kebersihan saat berkunjung ke fasilitas umum

Hindari kontak langsung dengan permukaan yang kotor atau tidak higienis saat menggunakan toilet umum atau fasilitas umum lainnya.

Mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan setelah menggunakan fasilitas umum juga dianjurkan.

Ada beberapa upaya untuk mencegah peradangan ini agar terhindar dari penyakit organ reproduksi pria yang satu ini.

Epididimis merupakan bagian saluran yang letaknya di belakang testis. Bagian ini merupakan tempat menyimpan sperma yang telah di produksi dari testis.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Epididimitis Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin untuk melakan sunat atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Intip Yuk Biaya Periksa Penyakit Kelamin

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta