Macam Jenis Prostatitis dan Gejalanya

Jenis Prostatitis dan Gejalanya

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Prostatitis merupakan penyakit pembengkakan yang terjadi pada daerah prostat, bisa berupa peradangan atau infeksi.

Ada beberapa macam gejala pada prostatitis, jika kamu mengalami gejala prostatitis seperti di bawah segera lah ke klinik kulit kelamin terdekat untuk mencegahnya.

Prostatitis dan Jenisnya

Prostatitis merupakan penyakit pembengkakan yang terjadi pada daerah prostat, bisa berupa peradangan atau infeksi.

Prostat ialah organ yang terletak di bawah kandung kemih dan hanya ditemukan pada pria. Organ ini berperan penting dalam memproduksi air mani.

Tergantung dengan penyebab dan gejalanya, salah satu penyakit prostat ini dapat timbul secara tiba-tiba maupun perlahan-lahan.

Berbagai jenis penyakitnya adalah

Prostatitis non-bakterial kronis atau sindrom nyeri panggul

Jenis prostatitis ini adalah yang paling sering terjadi pada pasien. Gejala yang meliputi nyeri saluran kemih dan genital, biasanya berlangsung selama tiga hingga enam bulan. Prostatitis non-bakteri kronis adalah jenis prostatitis inflamasi.

Gejalanya sering membuat pasien bingung apakah gejala tersebut merupakan tanda prostatitis nonbakteri kronis atau sistitis interstisial (Radang Kandung Kemih Kronis).

Prostatitis bakteri akut

Prostatitis bakterial akut termasuk dalam jenis prostatitis menular. Gejala yang sering muncul tiba-tiba dan biasanya cenderung parah. Jika terjadi, penderita harus segera mendapatkan pengobatan karena prostatitis jenis ini berpotensi mengancam jiwa.

Selain itu, penyakit tersebut juga akan memicu terjadinya infeksi saluran kemih, abses pada prostat, dan penutupan aliran urin.

Dalam kondisi fatal, pasien harus menjalani perawatan di rumah sakit untuk diberikan antibiotik intravena, pereda nyeri, dan cairan tambahan untuk tubuh. Namun, penyakit ini merupakan kondisi yang langka.

Prostatitis bakteri kronis

Prostatitis bakteri kronis merupakan infeksi bakteri yang telah memasuki kelenjar prostat dan menyebabkan peradangan di daerah tersebut. Termasuk penyakit yang kambuh, gejalanya bisa datang dan pergi selama beberapa bulan.

Gejalanya mirip dengan prostatitis bakteri akut, tetapi lebih ringan dan dapat bervariasi dalam intensitas. Kesulitan pada tipe ini adalah sulitnya menemukan bakteri dalam urin.

Prostatitis tanpa gejala

Penyakit ini juga merupakan peradangan pada prostat. Bedanya, penyakit ini tidak menunjukkan gejala. Biasanya, kondisi baru akan mudah ditemukan saat pasien diskrining untuk gangguan lain seperti infeksi saluran kemih atau masalah reproduksi.

Tanda Dan Gejala Prostatitis

Gejala yang Anda rasakan bisa berbeda-beda tergantung jenisnya. Namun, pada umumnya penderita akan merasakan perih dan sensasi terbakar di area sekitar kandung kemih. Berikut adalah gejala yang ditimbulkan pada setiap jenis penyakit.

Gejala prostatitis nonbakteri

  • Nyeri di daerah antara anus dan skrotum, penis, dan punggung bagian bawah
  • Nyeri di uretra selama atau setelah buang air kecil
  • Lebih sering buang air kecil
  • Ketidakmampuan untuk menahan keinginan untuk buang air kecil
  • Aliran urin lemah

Gejala pada prostatitis akut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gejala penyakit ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan biasanya terasa nyeri. Perhatikan gejala berikut.

  • Lebih sering buang air kecil.
  • Gejala mirip flu termasuk demam dan kedinginan.
  • Rasa terbakar pada saat buang air kecil.
  • Terasa nyeri pada penis, perut bagian bawah, dan selangkangan.
  • Nokturia, peningkatan urgensi untuk buang air kecil di malam hari.
  • Mual dan muntah.
  • Pusing.
  • terdapat darah dalam urin atau air mani.

Gejala prostatitis kronis

Gejalanya mirip dengan prostatitis akut, hanya lebih ringan. Gejala dapat berkembang dari waktu ke waktu dan dapat bertahan hingga tiga bulan, seperti:

  • Lebih sering buang air kecil,
  • Urgensi terus-menerus untuk buang air kecil,
  • Retensi urin, ketika pasien mengalami kesulitan buang air kecil,
  • Rasa terbakar saat buang air kecil,
  • Nyeri di perut bagian bawah dan sekitarnya, dan
  • Nyeri saat ejakulasi.

Gejala lain bisa termasuk rasa sakit yang datang dan pergi di perut bagian bawah di sekitar anus dan di selangkangan. Ada juga yang mengalami gejala berupa pembengkakan prostat.

Dalam beberapa kasus, nyeri di selangkangan atau infeksi epididimis, area di sekitar testis tempat penyimpanan sperma, dapat disebabkan oleh bakteri yang memasuki vas deferens, saluran yang membawa sperma dari testis ke uretra.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam dengan Dokter Spesialis Ginekologi

Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta