5 Penyebab Vagina Gatal yang Harus Kalian Ketahui!

5 Macam Merupakan Penyebab Vagina Gatal

Vagina terasa gatal memang sangat tidak nyaman, apalagi gatalnya pada saat kondisi yang tidak memungkinkan sangat menyebalkan bukan? Kamu pasti bertanya apa sih penyebab dari vagina yang terasa gatal itu, apakah berbahaya atau tidak.

Sebelum membahas apa saja penyebab vagina gatal, kamu harus memeriksa terlebih dahulu apakah kamu memeriksa kebersihan pada vagina? Sebelum vagina kamu yang gatal menjadi penyebab penyakit yang berbahaya.

Vagina terasa gatal merupakan kondisi umum untuk terjadi dan tidak berbahaya serta bersifat ringan dan dapat sembuh dalam waktu beberapa hari saja.

Namun, keluhan gatal pada vagina akan berbeda serta bertambah parah, sering kambuh, serta ada gejala lainnya. Ada baiknya segera datang ke klinik kelamin pada dokter ahli kelamin jika keluhan tersebut merupakan tanda dari penyakit menular seksual atau kanker vulva.

Baca Juga : Waspadai Dan Kenali Tanda Keputihan Terus Menerus

Penyebab vagina gatal

Munculnya keluhan gatal pada vagina bisa menyebabkan berbagai macam banyak hal, seperti:

1. Iritasi pada vagina

Penyebab iritasi pada vagina adalah penngaruhnya bahan kimia yang bersifat mengganggu. Bahan kimia ini biasanya ada pada produk-produk tertentu, seperti contoh sabun, kondom, pembalut, dan lain sebagainya

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur penyebabnya ialah bakteri kandidiasis vagina. Pada kondisi ini sering terjadi oleh ibu hamil, orang yang mengonsumsi antibiotik, aktif secara hubungan seksual, ataupun pada wanita yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah.

Namun, keluhan gatal pada vagina akan berbeda serta bertambah parah, sering kambuh, serta ada gejala lainnya. Ada baiknya segera datang ke klinik kelamin pada dokter ahli kelamin jika keluhan tersebut merupakan tanda dari penyakit menular seksual atau kanker vulva.
Penyebab Vagina Gatal

3. Vaginosis bakteri

Vaginosis bakteri merupakan infeksi bakteri pada vagina. Kondisi ini sangat umum namun dampaknya adalah terasa perih saat keluarnya cairan dan bau yang tak sedap berasal dari vagina.

4. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual merupan salah satu penyebab vagina gatal contoh penyakitnya seperti Herpes, Gonore, Klamidia, dan Trikomoniasis. Selain terasa gatal pada vagina gejala yang ditimbulkan seperti, nyeri pada saat berhubungan intim, rasa perih pada vagina, dan keputihan dengan bauk tak sedap.

5. Stress

Stress secara fisik dan emosional akan menyebabkan vagina gatal. Hal tersebut karena pada saat mengalami stress, sistem kekebalan tubuh akan menurun dan vagina akan terserang infeksi seperti jamur dan bakteri.

Gejala Lain yang Perlu Untuk Waspada Saat Mengalami Gatal Vagina

Gatal dan iritasi vagina biasanya membaik dengan sendirinya. Namun, Anda perlu waspada jika keluhan ini menetap lebih dari 1 minggu, semakin parah, atau disertai keluhan lain, seperti:

  • Keputihan yang tidak normal dari vagina
  • Bisul atau sariawan, seperti sariawan pada vagina atau vulva
  • Buang air kecil yang sulit atau menyakitkan
  • Pendarahan dan pembengkakan di vagina
  • Ketidaknyamanan saat berhubungan seksual

Baca Juga : Infeksi Radang Panggul: Definisi, Gejala, Dan Cara Mencegah

Cara Mencegah dan Mengatasi Gatal Vagina

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati gatal pada vagina, yaitu:

  • Hindari penggunaan tisu, pembalut, pantyliner, dan pembersih organ kewanitaan yang mengandung pewangi.
  • Gunakan air bersih dan sabun biasa tanpa pewangi untuk membersihkan area kewanitaan dan cukup lakukan sekali sehari.
  • Bersihkan vagina dengan benar yaitu dari vagina menuju anus. Menggunakan kertas toilet setelah buang air kecil juga harus dilakukan dari vagina ke anus
  • Ganti pembalut secara teratur selama menstruasi.
  • Ganti celana dalam Anda secara rutin setiap hari dan pilihlah celana dalam berbahan katun.
  • Gunakan kondom saat berhubungan seksual untuk mencegah penyakit menular seksual. Hindari berhubungan intim saat vagina masih terasa gatal atau perih.
  • Cobalah untuk tidak menggaruk vagina Anda meskipun terasa gatal.
  • Ganti pakaian olahraga, terutama baju renang, segera setelah berolahraga.
  • Kenakan celana atau rok yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai 5 Penyebab Vagina Gatal yang Harus Kalian Ketahui! yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahaya penyakit menular seksual ini.

Di Klinik Kelamin memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional. Dan Klinik Kelamin ini sangat mengutamakan pelayanan yang ramah dan baik terhadap pasien.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta penyebab vagina gatal

Twitter : @klinik_sentosa penyebab vagina gatal

Tiktok : @klinik_sentosa penyebab vagina gatal

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta