5 Strategi Efektif Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Mencegah Infeksi Saluran Kemih 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Mencegah Urinary Tract Infection atau infeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika bakteri atau mikroorganisme lainnya menginfeksi bagian saluran kemih. Saluran kemih pria dan wanita meliputi bagian-bagian seperti:

  1. Uretra (menghubungkan kandung kemih dengan lingkungan luar)
  2. Kandung kemih
  3. Ureter (menghubungkan kandung kemih dengan ginjal)
  4. Ginjal

Baca Juga: Dokter Urologi, untuk Masalah Infeksi Saluran Kemih Anda

Jenis atau strain bakteri yang umumnya masuk ke saluran kemih adalah Escherichia coli (E. coli), yang biasanya terdapat dalam usus manusia. Namun, infeksi juga dapat di sebabkan oleh bakteri lain seperti Klebsiella, Proteus, atau Staphylococcus, bahkan Gonococcus maupun Non-Gonococcus.

Terapkan 5 Strategi Mencegah ISK Ini

Strategi mencegah infeksi saluran kemih (ISK) adalah serangkaian langkah dan tindakan yang dapat di ambil dan di terapkan untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih. Setidaknya ada 5 strategi pencegahan yang efektif yaitu:

1. Menjaga Kebersihan yang Baik

Langkah-langkah kebersihan yang baik sangat penting dalam mencegah infeksi pada saluran kemih. Ini meliputi:

  • Mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air sebelum dan setelah menggunakan toilet, sebelum menyentuh area genital, dan sebelum menyentuh makanan.
  • Membersihkan area genital dengan hati-hati menggunakan air bersih dan sabun yang lembut. Hindari penggunaan pembersih vagina yang berpotensi mengganggu keseimbangan flora bakteri alami

2. Minum Air yang Cukup

Mengonsumsi cukup cairan, terutama air dapat membantu mengurangi risiko seseorang mengalami ISK. Minum air yang cukup membantu mempercepat proses buang air kecil dan membantu membersihkan saluran kemih dari bakteri yang mungkin masuk.

3. Mengikuti Teknik Buang Air Kecil yang Benar

Ketika buang air kecil, pastikan untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Hindari menahan buang air kecil terlalu lama karena dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dalam kandung kemih.

4. Hindari Iritasi dan Kelembaban Berlebih

Kelembaban berlebih dan iritasi pada area genital dapat memperburuk kondisi yang memungkinkan bakteri berkembang biak. Penting untuk menghindari penggunaan pakaian ketat yang tidak menyerap keringat dan biarkan udara mengalir bebas di area genital.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih 2

5. Kebiasaan Sehat Dalam Kehidupan Seksual

Praktik seks yang aman dan menjaga kebersihan juga merupakan bagian penting dari strategi mencegah ISK. Beberapa langkah yang dapat di ambil meliputi:

  • Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk membantu membersihkan bakteri yang mungkin masuk ke saluran kemih.
  • Gunakan kondom untuk melindungi diri dari infeksi menular seksual (IMS) yang dapat meningkatkan risiko infeksi masuk ke saluran kemih.

Selain menerapkan strategi tersebut, penting untuk menyadari faktor risiko individu yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya ISK. Misalnya, pada wanita hamil atau lansia, mungkin di perlukan perhatian ekstra dalam mencegah ISK.

Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk saran dan rekomendasi yang tepat mengenai  ISK, terutama jika Anda memiliki riwayat infeksi saluran kemih berulang atau kondisi medis yang mempengaruhi saluran kemih (bawaan).

Baca Juga: Klinik Infeksi Saluran Kemih Pria dan Wanita

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta