7 Penyebab Vagina Gatal Gatal yang Mungkin

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Ada berbagai penyebab gatal vagina yang mungkin menjadi pemicu dan mempengaruhi kenyamanan seorang perempuan. Gatal pada vagina bisa sangat mengganggu dan menjadi masalah kesehatan organ genital serius.

Baca Juga: Gangguan Kesehatan Pemicu Vagina Gatal

Namun, sebelum Anda panik penting untuk memahami bahwa artikel ini akan membahas 7 kemungkinan umum penyebab gatal pada vagina. Selain itu, informasi juga akan di sertai dengan  rekomendasi untuk mengatasinya.

1. Penyebab Vagina Gatal Infeksi Jamur

Infeksi jamur, seperti kandidiasis vagina adalah salah satu penyebab paling umum gatal pada vagina. Infeksi ini di sebabkan oleh pertumbuhan berlebihan jamur Candida dalam vagina. Gejalanya meliputi gatal, kemerahan, dan keputihan berwarna putih seperti keju.

Meski lebih banyak di temukan kondisi gatal pada vagina di sebabkan oleh infeksi jamur, tetapi kondisi ini tetap tidak bisa di abaikan begitu saja. Anda dapat mengobati infeksi jamur dengan obat-obatan yang di resepkan oleh dokter.

3. Penyebab Vagina Gatal Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri, seperti bakteriosis bakteri vagina juga bisa menyebabkan gatal pada vagina. Gejala meliputi gatal, bau yang tidak sedap, dan peningkatan keputihan. Pengobatan dengan jenis obat yang sesuai penyebab adalah cara mengatasi infeksi bakteri ini.

Seringkali penyebab infeksi bakteri di sebabkan oleh adanya infeksi penyakit lain yang menjadikan perkembangan biota vagina mengalami gangguan. Hingga pada akhirnya menimbulkan keluhan tambahan seperti vagina gatal.

3. Penyebab Alergi dan Reaksi Kulit

Alergi atau reaksi kulit pada produk perawatan pribadi, deterjen, atau bahan pakaian tertentu dapat menyebabkan gatal pada area genital. Hal ini terjadi karena area kulit vulva yang memang seringkali mendapatkan kontak langsung dengan bahan-bahan atau produk tertentu.

Pada akhirnya bisa menimbulkan keluhan atau reaksi genital seperti gatal-gatal atau kemerahan. Identifikasi jenis alergen dan menghindarinya penggunaan produk yang tidak sesuai untuk kulit dapat membantu mengatasi masalah ini.

4. Penyebab Gatal Vagina Akibat Kebersihan Kurang

Penting untuk menjaga kebersihan area genital dengan benar. Kebersihan yang tidak tepat, terutama penggunaan sabun dengan kandungan bahan keras atau douching berlebihan. Tindakan tersebut di ketahui dapat mengganggu keseimbangan bakteri sehat dalam vagina dan menyebabkan iritasi serta gatal.

Hindari douching dan gunakan sabun khusus yang lembut (Jika memang diperlukan) untuk membersihkan area genital. Alangkah lebih baik jika praktek penggunaan produk genital juga bisa di konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

5. Penyebab Gatal Vagina Hasil PMS

Seperti yang telah kita ketahui bahwa beberapa penyakit menular seksual (PMS) seperti herpes, gonore, atau kutil kelamin dapat menyebabkan gatal pada vagina. Gejala PMS bisa bervariasi, jadi jika Anda memiliki kekhawatiran, segera berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan.

Karena terkadang gejala gatal yang terjadi pada vagina bisa menjadi tanda penyakit primer yang memerlukan pengobatan tepat. Ini menjadi penting dan sangat di anjurkan jika Anda termasuk dalam pelaku seksual aktif atau di ketahui melakukan kontak seksual berisiko.

Penyebab Vagina Gatal 26. Gangguan Keseimbangan pH

Keseimbangan pH (tingkat keasaman) yang sehat dalam vagina penting untuk mencegah infeksi dan iritasi. Faktor seperti penggunaan obat-obatan tertentu atau produk pembersih yang mengganggu pH dapat menyebabkan gatal. Mengembalikan keseimbangan pH vagina dengan bantuan medis akan membantu mengatasi masalah ini.

7. Penyebab Gatal Vagina Faktor Psikologis

Tidak hanya faktor fisik, stres dan kecemasan psikologis juga dapat memengaruhi kesehatan vagina. Stres kronis dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, dan menyebabkan gatal. Manajemen stres dan kesehatan mental yang baik adalah kunci untuk mengatasi gatal yang di sebabkan oleh faktor ini.

Sayangnya, kondisi seperti gatal vagina bisa di sebabkan oleh berbagai faktor, dan perawatan yang tepat tergantung pada penyebabnya. Jika Anda mengalami gatal yang berkepanjangan atau gejala yang tidak membaik setelah perawatan mandiri.

Maka, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan guna langkah lanjutan dan nasihat medis yang di perlukan. Mereka dapat membantu mengidentifikasi penyebabnya dan meresepkan pengobatan yang sesuai agar Anda bisa kembali merasa nyaman dan sehat.

Baca Juga: Kenapa Vagina Gatal, Bukan Hanya Infeksi!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta