7 Tanda Sifilis pada Pria yang Sering Terabaikan, Catat!

tanda sifilis pada pria 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Tahukah Anda kalau tanda sifilis pada pria sering terbaikan? Ya, banyak pria yang tidak menyadari beberapa tanda yang muncul akibat infeksi ini.

Hal ini tidak hanya menyebabkan keterlambatan pengobatan, tetapi juga dapat meningkatkan risiko komplikasi yang lebih serius dan berbahaya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali 7 tanda sifilis pada pria, dan segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Berikut tanda-tandanya.

1. Luka di Kelamin Tanpa Rasa Nyeri

Luka yang muncul di kelamin tanpa rasa nyeri (chancre) adalah gejala sifilis yang paling umum terjadi pada pria.

Chancre atau luka ini bisa muncul di sekitar penis, anus, atau mulut, dengan ukuran yang kecil, bertekstur keras, dan berwarna merah atau coklat.

Pada umumnya, luka ini dapat menghilang dalam beberapa minggu, bahkan tanpa pengobatan yang tepat.

Namun, alih-alih sembuh, hilangnya luka di kelamin ini dapat menjadi pertanda bahwa infeksi telah menyebar dan masuk ke tahap infeksi yang lebih lanjut.

2. Ruam Kulit

Ruam kulit adalah gejala sifilis sekunder, yang dapat muncul 2 hingga 8 minggu setelah terpapar bakteri Treponema pallidum atau setelah luka di kelamin menghilang.

Pada umumnya, ruam sifilis dapat muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk telapak tangan dan kaki, dengan ciri-ciri berikut:

  • Berwarna merah kecoklatan
  • Tidak gatal
  • Tampak seperti bintik-bintik kasar

 3. Rambut Rontok

Tanda sifilis pada pria lainnya adalah rambut rontok, yang merupakan gejala sifilis sekunder. Rambut rontok biasanya bersifat sementara dan akan kembali tumbuh setelah di obati.

4. Nyeri Sendi dan Otot

Nyeri sendi dan otot adalah gejala sifilis sekunder, yang dapat terjadi pada beberapa pria. Rasa nyeri yang muncul, biasanya akan bersifat ringan dan dapat hilang dengan sendirinya.

5. Sakit Tenggorokan

Sama seperti nyeri sendi dan otot, sakit tenggorokan yang menjadi tanda sifilis pada pria, juga bisa muncul dan menghilang dengan sendirinya.

6. Bercak Putih di Mulut

Bakteri sifilis juga dapat menyebabkan munculnya bercak putih di dalam mulut dan lidah. Bercak putih ini mungkin tidak menimbulkan rasa sakit.

7. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Tanda sifilis pada pria lainnya yang sering kali tidak di sadari adalah pembengkakan kelenjar getah bening di area selangkangan, leher, atau ketiak.

Meskipun pembengkakan ini mungkin tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi ini bisa menandakan bahwa tubuh sedang melawan infeksi.

Itulah beberapa tanda sifilis pada pria yang sering kali terbaikan, tetapi jika tidak di obati kondisi ini dapat berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih serius.

Oleh karena itu, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter yang terpercaya di Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang akurat.

tanda sifilis pada pria 2

Pentingnya Diagnosis Tanda Sifilis pada Pria dan Pengobatan Dini

Mengenali tanda sifilis pada pria pada tahap awal, sangatlah penting untuk mencegah komplikasi serius di kemudian hari.

Jika Anda atau pasangan Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda di atas, segeralah konsultasikan dengan tenaga medis untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat, sangatlah penting karena beberapa alasan, antara lain:

1. Diagnosis dan pengobatan dini memungkinkan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan efektif

2. Mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain melalui hubungan seksual

3. Mencegah masalah kesehatan berbahaya yang bahkan mengancam jiwa

Oleh karena itu, sangat penting untuk segera berkonsultasi dan mendapatkan diagnosis serta pengobatan yang tepat dari profesional medis yang berpengalaman.

Baca Juga: Sedang Menjalani Pengobatan untuk Sifilis? Perhatikan 3 Faktor Ini Agar Cepat Sembuh Yuk!

Temukan Tanda Sifilis pada Pria dan Dapatkan Pengobatan yang Tepat di Klinik Utama Sentosa

Jika mengalami beberapa tanda-tanda sifilis pada pria ataupun wanita, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan tim medis di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dan tim medis kami, akan memberikan saran pengobatan dan informasi terkait penyakit menular seksual secara akurat.

Selain itu, pemeriksaan juga akan di lakukan dengan peralatan medis yang lengkap, berstandar tinggi, dan modern.

Jadi, tidak perlu khawatir, segera konsultasikan kondisi Anda segera dengan tim medis kami melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat memudahkan Anda untuk berkonsultasi selama 24 jam tanpa pungutan biaya apapun, alias gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Silahkan hubungi tim medis kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia, dan segera dapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta