Alami Keputihan Gatal, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

Alami Keputihan Gatal, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Beragam macam faktor yang bisa menjadi pemicu keputihan terasa gatal, bisa dari infeksi sampai alergi pada bahan kimia.

Baca Juga : Ternyata Berbeda Tekstur Keputihan Tanda Hamil dan Menstruasi!

Bila mengalaminya tidak boleh di abaikan begitu saja, karena bisa saja itu merupakan tanda adanya gangguan pada miss v dan perlu untuk mendapatkan pengobatan.

Keputihan sendiri adalah salah satu kondisi yang normal terjadi pada wanita. Hal ini merupakan salah satu pembersihan secara alami agar miss v terjaga kebersihan dan kelembabannya.

Pada keadaan yang normal sifat dari keputihan ini tidak berwarna, tidak berbau, dan juga tidak timbul rasa gatal. Bila sebaliknya tidak ada tanda keputihan normal, seperti nyeri, gatal dan bau tidak sedap.

Ada kemungkinan itu merupakan tanda dari penyakit tertentu dan wajib mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Keputihan Gatal

Keputihan gatal bisa di picu oleh berbagai faktor, di antaranya:

1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur pada vagina atau vulva dapat menyebabkan keputihan yang gatal. Penyakit ini biasanya di sebabkan oleh jamur Candida albicans.

2. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri pada vagina juga bisa menyebabkan keputihan yang gatal. Bakteri yang paling umum menyebabkan infeksi ini adalah bakteri Gardnerella vaginalis.

3. Infeksi Virus

Virus seperti herpes genitalis atau human papillomavirus (HPV) juga bisa menyebabkan keputihan gatal.

4. Reaksi alergi

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap produk pembersih vagina atau produk perawatan kewanitaan lainnya. Seperti sabun, pengharum, atau tisu basah.

5. Kondisi medis lainnya

Beberapa kondisi medis, seperti diabetes atau infeksi menular seksual, juga dapat menyebabkan keputihan yang gatal.

Metode Pencegahannya

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah keputihan gatal:

  • Jaga kebersihan area kewanitaan dengan mencuci dengan air bersih dan sabun ringan, lalu keringkan dengan handuk bersih. Hindari penggunaan sabun yang keras atau produk pembersih vagina yang mengandung bahan kimia yang kuat.
  • Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun atau serat bambu. Hindari pakaian dalam yang terlalu ketat atau sintetis.
  • Hindari penggunaan pantyliner atau pembalut harian, kecuali saat menstruasi. Penggunaan pantyliner atau pembalut harian dapat membuat area kewanitaan terlalu lembap dan memicu pertumbuhan bakteri atau jamur.
  • Hindari penggunaan douche atau semprotan air pada vagina. Douching dapat mengganggu keseimbangan pH alami vagina dan meningkatkan risiko infeksi.
  • Gunakan kondom saat berhubungan seks untuk mencegah penularan infeksi menular seksual.
  • Jaga kesehatan tubuh secara umum dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan mengelola stres.

 

Pada keadaan yang normal sifat dari keputihan ini tidak berwarna, tidak berbau, dan juga tidak timbul rasa gatal. Bila sebaliknya tidak ada tanda keputihan normal, seperti nyeri, gatal dan bau tidak sedap.

Ada kemungkinan itu merupakan tanda dari penyakit tertentu dan wajib mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Keputihan Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Penjelasan Keputihan dari Dokter Ginekologi

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta