Gonore dan Klamidia, Apa Sama dan Perbedaannya?

gonore dan klamidia

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Tidak jarang jika gonore dan klamidia menginfeksi pelaku seksual aktif berisiko. Keduanya adalah jenis infeksi menular seksual (IMS) yang umum dan di sebabkan oleh bakteri.

Meskipun keduanya termasuk dalam kategori IMS, ada beberapa hal yang dapat menjadi perhatian. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang persamaan dan perbedaan antara kedua infeksi menular seksual tersebut:

Baca Juga: Apa Saja Pemeriksaan untuk Penyakit Gonore di Klinik

Persamaan Antara Gonore dan Klamidia

1. Cara Penularan

Sama seperti Gonore, Klamidia juga di tularkan melalui segala bentuk kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Penularan dapat terjadi melalui hubungan seksual vaginal, anal, atau oral tanpa penggunaan kondom.

2. Infeksi Bersamaan

Seringkali, kedua penyakit tersebut dapat terjadi secara bersamaan pada seseorang. Karena kemiripan cara penularan dan faktor risiko, orang yang terinfeksi satu IMS cenderung berisiko terkena IMS lainnya.

3. Komplikasi

Jika tidak di obati, baik gonore maupun klamidia dapat menyebabkan komplikasi serius. Gonore dan klamidia dapat berujung pada komplikasi serupa yaitu penyakit radang panggul (PID). Ini mengakibatkan kehamilan ektopik pada wanita serta masalah kesuburan pria dan wanita.

gonore dan klamidia 2Perbedaan Antara Gonore dan Klamidia

1. Bakteri Penyebab

Baik Gonore maupun Klamidia di sebabkan oleh infeksi bakteri. Gonore oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, sedangkan Klamidia oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Ini adalah perbedaan utama dalam hal jenis penyebab infeksi.

2. Gejala

Gonore cenderung menunjukkan gejala yang lebih jelas, termasuk keluarnya cairan yang tidak normal dari penis atau vagina berwarna kuning kehijauan (nanah). Di sisi lain, Klamidia sering kali tidak menunjukkan gejala yang jelas, terutama pada tahap awal infeksi. Namun, jika ada gejala mereka sama-sama nyeri saat buang air kecil.

3. Diagnosa dan Pengobatan

Meskipun metode diagnosa dan pengobatan untuk kedua infeksi ini serupa, namun biasanya ada beberapa perbedaan dalam jenis tes yang di gunakan dan pemilihan antibiotik yang di rekomendasikan oleh dokter.

Gonore melibatkan analisis mikroskopis atau tes DNA. Klamidia melibatkan tes DNA atau tes lainnya seperti tes amplifikasi asam nukleat (NAAT).

Deteksi dini dan pemilihan layanan kesehatan guna pengobatan yang tepat sangat penting untuk mencegah komplikasi jangka panjang dan melindungi kesehatan seksual reproduksi. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang infeksi menular seksual (IMS), sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan terkhusus.

 Baca Juga: Pengobatan Klamidia di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta