Apa Penyebab Herpes di Leher?

Apa Penyebab Herpes di Leher?

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Penyebab herpes yang terjadi di leher biasanya dari virus Zoster Varicella, yang apabila tidak aktif bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Baca Juga : Mitos atau Fakta Apakah Herpes bisa Sembuh Total?

Ciri-ciri dari penyakit ini yakni terdapat ruam yang menyerupai cacar air yang memiliki rasa panas dan juga nyeri. Meskipun herpes zoster bukan termasuk penyakit yang bisa mengancam jiwa.

Penyakit tersebut penderita akan merasakan kesakitan. Lakukan pencegahan untuk membantu mengatasi infeksi dan mengurangi risiko terjadinya penularan serta juga bisa komplikasi yang terjadi.

Penyebab Penyakit Herpes di Leher

Herpes di leher biasanya disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1). Virus ini sangat menular dan dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi.

Terutama saat mereka mengalami serangan aktif. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penularan virus herpes di leher meliputi:

1. Kontak langsung

Virus herpes dapat ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit dengan orang yang terinfeksi.

Ini dapat terjadi melalui ciuman, berbagi peralatan makan atau minum, atau kontak langsung dengan lesi herpes di daerah mulut atau bibir.

Jika seseorang dengan lesi herpes di bibir atau mulut menyentuh lesi tersebut dan kemudian menyentuh leher seseorang. Virus dapat menyebar dan menyebabkan infeksi di area tersebut.

2. Perilaku berisiko

Berbagi sikat gigi, alat cukur, atau peralatan makan yang terkontaminasi dengan orang yang terinfeksi herpes oral dapat meningkatkan risiko penularan virus ke leher.

3. Praktik seksual

HSV-1 dapat ditularkan melalui kontak seksual, terutama melalui hubungan seks oral-genital.

Jika seseorang dengan herpes oral melakukan seks oral pada pasangan. Virus dapat menularkan dan menyebabkan infeksi herpes di leher.

4. Penularan dari ibu ke bayi

Jarang terjadi, tetapi jika seorang ibu memiliki herpes genital aktif saat melahirkan, virus dapat ditularkan kepada bayi.

Hal ini dapat menyebabkan infeksi herpes di leher atau area tubuh lainnya pada bayi, yang dapat menjadi kondisi yang serius.

Pencegahan Herpes Di Leher

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu mencegah penularan herpes di leher, antara lain sebagai berikut:

  • Menghindari kontakan langsung dengan lesi atau luka
  • Menjaga kebersihan diri dan barang pribadi
  • Hindari dan tidak saling membagi peralatan pribadi
  • Melakukan aktivitas seksual yang aman
  • Menghindari faktor-faktor yang bisa memicu penularan

Komplikasi Herpes Zoster

Komplikasi herpes di leher relatif jarang terjadi, tetapi beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, di antaranya meliputi:

  • Akan menyebarkan infeksi ke orang lain
  • Komplikasi pada sistem saraf
  • Alami gangguan pada mata
Meskipun herpes zoster bukan termasuk penyakit yang bisa mengancam jiwa.

Penyakit tersebut penderita akan merasakan kesakitan. Lakukan pencegahan untuk membantu mengatasi infeksi dan mengurangi risiko terjadinya penularan serta juga bisa komplikasi yang terjadi.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Penyakit Herpes Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Bagaimana Ciri Herpes Akan Sembuh?

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta