Mitos atau Fakta Apakah Herpes bisa Sembuh Total?

Mitos atau Fakta Apakah Herpes bisa Sembuh Total?

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Herpes adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus herpes simplex (HSV), namun apakah penyakit ini bisa sembuh? Cari tahu jawabannya di sini.

Baca Juga : 3 Fase Penyakit Herpes Kelamin, Kenali Gejalanya

Virus penyakit ini tidak hanya bisa memengaruhi pada area genital saja loh, namun permukaan mukosa dan kulit di bagian tubuh lain juga bisa terinfeksi.

Penyakit ini akan menular dari orang ke orang lain lewat kontakan kulit atau bisa juga melalui aktivitas intim. Terdapat 2 jenis dari virus ini yakni HSV-1 dan HSV-2 keduanya bisa menyebabkan penyakit herpes.

HSV-1 biasanya menyebabkan herpes oral yang memiliki tanda luka pada area mulut dan juga bibir, namun tipe ini bisa juga memicu herpes di area genital. Tetapi sebagian besar kasus biasanya di sebabkan oleh HSV-2.

Pengobatan Herpes agar bisa Sembuh

Faktanya penyakit ini tidak bisa sembuh, melainkan mengurangi gejala serta penyebarannya juga. Tidak ada obat yang bisa benar-benar buat herpes sembuh secara total.

Perawatan penyakit ini hanya memiliki tujuan untuk menghilangkan luka dan juga mencegah terjadinya penyebaran. Namun, luka dari herpes sebenarnya bisa hilang dengan sendiri tanpa adanya perawatan.

Akan tetapi, dokter akan meresepkan beberapa obat antivirus guna mencegah terjadinya penyebaran ke orang lain dan juga mengurangi parahnya gejala penyakit ini.

Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan yang umum digunakan:

1. Obat antivirus oral

Dokter dapat meresepkan obat antivirus oral. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi durasi, keparahan, dan frekuensi flare-up herpes. Mereka bekerja dengan menghambat replikasi virus herpes dalam tubuh.

2. Terapi supresif

Jika flare-up herpes sering terjadi, dokter dapat meresepkan pengobatan supresif jangka panjang dengan obat antivirus oral.

Pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi frekuensi dan keparahan flare-up serta menekan aktivitas virus herpes dalam tubuh.

Ini bisa sangat berguna bagi mereka yang mengalami flare-up yang sering atau memiliki risiko penularan tinggi.

3. Krim antivirus topikal

Krim antivirus dapat di gunakan untuk mengurangi gejala herpes dan mempercepat penyembuhan saat di aplikasikan langsung pada area yang terinfeksi.

4. Perawatan rumah

Selain pengobatan medis, beberapa perawatan rumah dapat membantu meredakan gejala herpes.

Seperti mengompres area yang terinfeksi dengan kain bersih dan lembap, menghindari gesekan atau tekanan berlebih pada luka. Dan menghindari faktor pemicu seperti stres dan paparan sinar matahari berlebihan.

5. Terapi penghilang rasa sakit

Dokter juga dapat meresepkan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan flare-up herpes.

Gejala Penyakit Herpes

Gejala herpes dapat bervariasi tergantung pada jenis herpes yang terinfeksi, apakah itu herpes oral (HSV-1) atau herpes genital (HSV-2). Berikut adalah gejala umum yang terkait dengan keduanya:

Gejala Herpes Oral (Herpes Bibir)

  • Munculnya lepuh atau luka kecil pada bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan.
  • Sensasi gatal, terbakar, atau rasa tidak nyaman pada area yang terinfeksi sebelum munculnya lepuh.
  • Lepuh yang pecah dan membentuk kerak, kemudian sembuh dalam waktu sekitar 1-2 minggu.
  • Kadang-kadang, disertai gejala seperti demam, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, atau nyeri saat menelan.

Gejala Herpes Genital

  • Munculnya lepuh atau luka pada area genital, termasuk penis, vulva, vagina, atau anus.
  • Rasa gatal, terbakar, atau nyeri pada area yang terinfeksi sebelum munculnya lepuh.
  • Kesemutan, sensasi mati rasa, atau sensasi yang tidak nyaman pada area genital.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha.
  • Gejala umum seperti demam, nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, atau penurunan nafsu makan.
Penyakit ini akan menular dari orang ke orang lain lewat kontakan kulit atau bisa juga melalui aktivitas intim. Terdapat 2 jenis dari virus ini yakni HSV-1 dan HSV-2 keduanya bisa menyebabkan penyakit herpes.

HSV-1 biasanya menyebabkan herpes oral yang memiliki tanda luka pada area mulut dan juga bibir, namun tipe ini bisa juga memicu herpes di area genital. Tetapi sebagian besar kasus biasanya di sebabkan oleh HSV-2.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Penyakit Herpes Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Melindungi Diri dari Herpes Genital: Panduan Pencegahan

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta