Bagaimana Penyebab dan Cara Mencegah Kutil Kelamin

Bagaimana Penyebab dan Cara Mencegah Kutil Kelamin

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Sudah tidak asing dengan penyebab kutil kelamin yakni Human papillomavirus (HPV).

Baca Juga : Kutil Kelamin pada Wanita: Penyebab sampai Cara Mencegah!

Virus ini akan menyebar ke area yang lembab seperti pada area genital hingga dubur. Seseorang akan berisiko tertular bila melakukan aktivitas intim secara tidak aman, seperti sering mengganti pasangan.

Ukuran dari kutil kelamin ini tidak bisa terlihat oleh kasat mata. Dan penyakit ini akan muncul secara berkelompok dan menyebar ke daerah lainnya.

Meskipun tidak terasa menyakitkan, namun penyakit ini bisa di sertai rasa gatal, sensasi terbakar, serta nyeri dan juga alami pendarahan saat berhubungan.

Penyebab terjadinya Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus (HPV). HPV adalah kelompok virus yang umum dan dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi.

Baca Juga:  Lakukan Pemeriksaan Penyakit Herpes di Klinik

Beberapa faktor yang berhubungan dengan penularan HPV dan perkembangan kutil kelamin meliputi:

1. Kontak Seksual

Penularan HPV terutama terjadi melalui kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Ini mencakup hubungan seksual vaginal, anal, atau oral.

Bahkan kontak kulit dengan kulit yang terinfeksi dapat menyebabkan penularan.

2. Jenis HPV

Ada lebih dari 100 jenis HPV, dan beberapa jenis HPV lebih umum menyebabkan kutil kelamin. Dua jenis HPV yang paling sering terkait dengan kutil kelamin adalah tipe 6 dan 11.

Namun, jenis HPV lain, seperti tipe 16 dan 18, berhubungan dengan risiko kanker serviks.

3. Aktivitas Seksual

Risiko terkena HPV dan kutil kelamin meningkat dengan memiliki banyak pasangan seksual atau dengan pasangan seksual yang memiliki riwayat infeksi HPV.

4. Praktik Seksual yang Tidak Aman

Tidak menggunakan kondom selama hubungan seksual atau tidak menggunakan pengaman lain seperti dental dam dapat meningkatkan risiko penularan HPV.

5. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Sistem kekebalan tubuh yang melemah, seperti pada individu dengan HIV/AIDS atau mereka yang menjalani transplantasi organ.

Baca Juga:  Ada Dokter Spesialis ISK di Klinik Sentosa Kelapa Gading

Sehingga dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi HPV dan perkembangan kutil kelamin.

Cara Mencegah Kutil Kelamin

Berikut ada beberapa langkah mencegah yang dapat di ambil untuk mengurangi risiko infeksi HPV dan kutil kelamin pada wanita:

  • Segera lakukan vaksin HPV
  • Melakukan juga aktivitas seksual secara aman
  • Usahakan wajib melakukan hubungan intim dengan cara monogami
  • Rutin melakukan pemeriksaan dan juga tes pap smear
  • Dengarkanlah edukasi yang dokter berikan dengan baik
  • Tingkatkan kesadaran upaya mencegah terjadinya hal yang tidak di inginkan
Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus (HPV). HPV adalah kelompok virus yang umum dan dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Kutil Kelamin Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Faktor Risiko dan Komplikasi Kutil Kelamin yang Terjadi

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |
Meuthia Lathifa menggemari dunia media sosial, telah berkecimpung dalam bidang penulisan dalam beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar kesehatan sebagai Content Writer di Klinik Sentosa. Kepoin IG Meuthia di @yxmthifa
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta