Bagaimana Tanda Jika Gonore Sudah Sembuh

Bagaimana Tanda Jika Gonore Sudah Sembuh

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Tanda gonore yang sudah sembuh di tandai dengan gejala yang mereda dan hilang sama sekali. Gonore pada pria sering di tandai dengan gejala nyeri saat buang air kecil, peningkatan frekuensi buang air kecil, buang air kecil seperti nanah dan pembengkakan pada penis.

Jika Anda sabar dalam menjalani pengobatan dan mengikuti setiap anjuran dokter spesialis kelamin, berapa lama waktu yang di butuhkan agar gonore sembuh total? Apa ciri-ciri penyakit kencing nanah yang sembuh?

Apa itu Penyakit Gonore?

Gonore, juga dikenal sebagai kencing nanah adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Infeksi ini umumnya menyerang saluran reproduksi, termasuk uretra pada pria dan uretra leher rahim, dan saluran reproduksi bagian atas pada wanita. Namun, bakteri ini juga dapat menginfeksi tenggorokan, anus, dan mata.

Gonore dapat menyebar melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi, baik melalui hubungan seks vaginal, anal, maupun oral. Selain itu, ibu yang terinfeksi juga dapat menularkan gonore kepada bayinya saat proses persalinan.

Seperti apa Gejala Gonore?

Gejala gonore pada pria meliputi nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil, peningkatan frekuensi buang air kecil, keluarnya nanah atau cairan dari penis, dan nyeri pada testis. Wanita yang terinfeksi gonore mungkin tidak mengalami gejala, tetapi beberapa gejala yang dapat muncul meliputi nyeri saat buang air kecil, keluarnya nanah atau cairan dari vagina, perdarahan di antara periode menstruasi, dan nyeri saat berhubungan seksual.

Jika tidak diobati, gonore dapat menyebabkan komplikasi serius pada kedua jenis kelamin. Pada wanita, infeksi yang tidak diobati dapat menyebabkan radang panggul, yang dapat merusak tuba falopi dan menyebabkan infertilitas atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim). Pada pria, gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan epididimitis (radang pada epididimis) atau prostatitis (radang pada prostat).

Apakah Gonore dapat Sembuh Total?

Ya, gonore bisa sembuh total. Asalkan Anda benar-benar telaten minum obat dan mematuhi setiap petunjuk dan pantangan yang di arahkan oleh dokter spesialis kelamin.

Obat yang paling umum di resepkan oleh dokter spesialis kelamin untuk mengobati gonore adalah antibiotik untuk membunuh bakteri. Gonore dapat di sembuhkan dengan antibiotik suntik atau antibiotik di minum.

Jika Anda di beri resep antibiotik, seluruh dosis obat harus di minum persis seperti yang di arahkan bahkan jika Anda merasa lebih baik atau tidak lagi memiliki gejala gonore.

Selama terapi, Anda juga biasanya akan di peringatkan untuk berhenti berhubungan seks terlebih dahulu untuk mencegah penularan atau infeksi ulang.

Karena gonore adalah penyakit menular, dokter spesialis kelamin mungkin juga meminta pasangan Anda untuk menjalani tes penyakit kelamin untuk memastikan infeksi tidak menyebar.

Berapa Lama Gonore Sembuh Setelah Pengobatan?

Lamanya waktu yang di butuhkan gonore untuk sembuh total akan tergantung pada banyak hal. Misalnya, sudah berapa lama Anda menderita gonore sebelum di diagnosis dan tingkat keparahan penyakitnya (dalam hal gejala dan risiko komplikasi).

Kedua faktor ini juga akan membantu dokter untuk menentukan jenis, dosis, dan lama pemberian obat untuk Anda.

Jika terdeteksi pada tahap awal (misalnya, hanya saluran kemih yang terinfeksi), gejalanya akan mulai mereda dalam waktu 24 jam dan gonore dapat sembuh dalam dua hari pengobatan meskipun, sekali lagi, Anda harus terus minum obat sampai tuntas, lamanya waktu, oleh dokter spesialis kelamin.

Jika terlambat terdeteksi, durasi pengobatan hingga pemulihan tentu akan memakan waktu lebih lama. Pasalnya, infeksi mungkin sudah menyebar luas di dalam tubuh dan meningkatkan risiko komplikasi.

Apalagi jika antibiotiknya tidak habis. Sebaliknya, tubuh Anda akan mengembangkan kekebalan terhadap bakteri penyakit, suatu kondisi yang di kenal sebagai resistensi antibiotik.

Kondisi ini selanjutnya akan menyebabkan bakteri penyebab gonore berkembang biak dan membuat penyakit Anda semakin parah. Ketika tubuh sudah mengalami resistensi antibiotik, maka akan ada pengobatan lanjutan yang perlu Anda jalani.

Hal ini membuat durasi pengobatan gonore lebih lama dan lebih sulit di sembuhkan.

Gonore pada pria sering ditandai dengan gejala nyeri saat buang air kecil, peningkatan frekuensi buang air kecil, buang air kecil seperti nanah dan pembengkakan pada penis.
Gonore akan sembuh jika menangani dengan tepat

Apa Tanda jika Gonore (Kencing Nanah) Sudah Sembuh?

Gonore yang sudah sembuh di tandai dengan gejala yang mereda dan hilang sama sekali. Gonore pada pria sering di tandai dengan gejala nyeri saat buang air kecil. Peningkatan frekuensi buang air kecil, buang air kecil seperti nanah dan pembengkakan pada penis.

Sedangkan pada wanita gejalanya adalah keputihan, nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seks. Saat penyakit kencing nanah sudah sembuh, gejala tersebut sudah tidak terasa lagi.

Umumnya, dokter spesialis kelamin akan meminta Anda untuk memeriksakan kembali kesehatan Anda dalam waktu 1-2 minggu setelah terapi antibiotik Anda selesai.

Dokter spesialis kelamin akan kembali melakukan pemeriksaan laboratorium dengan tes darah, tes cairan kelamin, atau tes urine. Hal ini untuk mengetahui apakah bakteri tersebut masih berada di dalam tubuh.

Gonore dikatakan sembuh total ketika sampel cairan tubuh tidak lagi menunjukkan adanya bakteri penyebab gonore.

Perlu diingat, bahkan jika antibiotik menghentikan infeksi, obat untuk gonore tidak akan memperbaiki kerusakan permanen yang disebabkan penyakit tersebut.

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai Bagaimana Tanda Gonore Sudah Sembuh yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahanya penyakit menular seksual ini.

Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta, memiliki dokter spesialis dan tenaga ahli profesinal serta di dukung oleh fasilitas medis yang lengkap, canggih dan modern. ⇒ [WhatsApp]

Bila Anda mempunyai masalah seputar kelamin atau penyakit menular seksual lainnya, segera konsultasikan dengan tenaga medis profesional kami secara online gratis 24jam untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta